Table of Contents
Table of Contents

After Sales Service: Macam Bentuk, Contoh dan Tips Menjalankannya

after sales service

After sales service adalah strategi bisnis yang dapat memberikan keuntungan besar dan berkelanjutan bagi suatu perusahaan apabila dapat dikelola atau dijalankan dengan terukur serta tepat sasaran.

Strategi after sales service sendiri bisa dibilang merupakan respon perusahaan atas ketatnya persaingan yang terjadi di pasaran. After sales service umumnya dijalankan oleh divisi penjualan atau pemasaran sebuah perusahaan.

Untuk mengetahui lebih mendalam terkait strategi bisnis after sales service. Simak dengan cermat penjelasan lengkapnya pada artikel RedERP berikut ini!

 

 

Apa Itu After Sales Service?

After sales service atau layanan purna jual adalah strategi bisnis yang mengacu pada pemberian maupun penawaran segala bentuk kegiatan pasca transaksi guna meningkatkan kepuasan pelanggan hingga bertumbuhnya loyalitas konsumen di masa mendatang.

Strategi bisnis after sales service juga bertujuan untuk membangun daya jual produk atau layanan jasa perusahaan serta meningkatkan peluang perusahaan dalam memenangkan persaingan agar mampu menguasai pangsa pasar tertentu.

Strategi after sales service lahir dari ketentuan atau kebijakan masing-masing perusahaan. Adapun strategi after sales service yang baik dan tepat ialah mampu memberikan keuntungan kepada setiap pihak baik perusahaan ataupun para pelanggan.

 

Baca Juga: 7 Tanda Jika Perusahaan Perlu Bantuan Aplikasi CRM

 

Pentingnya After Sales Service 

Pentingnya After Sales Service 

 

Pengimplementasian strategi bisnis after sales service dinilai penting untuk dilaksanakan oleh setiap perusahaan, berlandaskan 4 alasan utama berikut ini:

  • Berperan penting dalam membangun loyalitas pelanggan terhadap produk atau layanan jasa perusahaan.
  • Melahirkan alur promosi mulut ke mulut antar pelanggan, berkat pelayanan terbaik yang diberikan perusahaan secara konsisten.
  • Berfungsi untuk meningkatkan nilai branding dan image produk atau layanan jasa perusahaan.
  • Daya saing perusahaan menjadi lebih unggul dibandingkan pihak kompetitor lainnya di pasaran.

 

Manfaat After Sales Service 

Pada dasarnya, manfaat utama yang dapat perusahaan peroleh dari penerapan metode bisnis after sales service adalah pembangunan hubungan dan citra merek produk atau layanan jasa perusahaan di mata pelanggan.

Dari kedua kondisi tersebut, secara bertahap akan timbul sejumlah manfaat lainnya. Mulai dari meningkatnya pengalaman positif pelanggan terhadap pelayanan perusahaan, mendorong tingkat kepuasan pelanggan atau customer satisfaction, menumbuhkan rasio customer retention, meningkatkan profit, hingga menguasai pangsa pasar tertentu atas para kompetitornya.

 

Bentuk-bentuk After Sales Service 

Secara garis besar, terdapat setidaknya 6 bentuk umum penerapan metode bisnis after sales service. Keenam bentuk umum tersebut dapat diimplementasikan sesuai kebutuhan pelanggan maupun taktik bisnis masing-masing perusahaan.

Berikut uraian mengenai 6 bentuk umum dari metode bisnis after sales service.

 

  1. Jaminan (Warranty)

warranty card
Source: behance.net

 

Pemberian jaminan merupakan bentuk pertama dari metode bisnis after sales service. Cara ini memberikan hak bagi pelanggan untuk menukar atau mengembalikan produk perusahaan pasca pembelian apabila barang tersebut mengalami kerusakan produksi, tidak sesuai dengan pesanan, ataupun sudah kedaluwarsa.

Bahkan tidak jarang, bentuk implementasi after sales service ini juga memungkinkan pelanggan menerima pengembalian uang atau refund apabila terjadi hal-hal yang tidak sesuai pada produk yang mereka beli. 

 

  1. Pertanggungan (Insurance)

Implementasi bentuk ini umumnya diterapkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang layanan jasa, seperti agen wisata.

Misalnya, agen wisata memberikan layanan asuransi sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat proses wisata berlangsung. 

 

  1. Pelatihan (Training)

Bentuk berikutnya adalah pelatihan atau training, di mana pada praktiknya perusahaan akan memberikan layanan tutorial terkait penggunaan produknya kepada para pelanggan.

Supaya lebih kreatif, pelatihan atau training penggunaan produk perusahaan bisa dilaksanakan melalui video tutorial di media sosial, audio recorder, instruksi manual yang tertera pada bagian belakang atau depan kemasan produk, dan sebagainya.

 

  1. Dukungan 24/7 (24/7 Support)

call center support

 

Pernah mendengar layanan customer service melalui sambungan telepon atau website? Cara tersebut merupakan bentuk dari implementasi strategi bisnis after sales service.

Bentuk implementasi ini memberikan layanan berupa dukungan lanjutan guna mengumpulkan feedback, keluhan pelanggan terkait produk, hingga masukan ataupun saran sebagai acuan dasar pengembangan produk atau layanan jasa perusahaan di kemudian hari.

 

  1. Peningkatan Produk atau Layanan Jasa (Upgrading)

Bentuk implementasi strategi after sales service selanjutnya adalah pelaksanaan upgrading produk atau layanan jasa perusahaan.

Adapun kegiatan upgrading harus diiringi dengan pemberian aksesibilitas kepada pelanggan. Contohnya layanan after sales ini adalah tukar tambah.

Hal tersebut dilakukan agar pelanggan mampu mengakses produk atau layanan jasa terbaru perusahaan tanpa mengalami kesulitan sedikitpun.

Dengan begitu, pelanggan akan merasa dimudahkan dan merasa puas atas produk atau layanan perusahaan.

 

  1. Pemberian Manfaat Ekstra (Extra Benefit)

Perusahaan bisa meningkatkan potensi tumbuhnya loyalitas pelanggan dengan membagikan manfaat ekstra berupa pemberian fasilitas atau keuntungan tambahan meliputi akses gratis ke konten atau produk eksklusif perusahaan, voucher belanja gratis atas pembelian nominal tertentu, dan sebagainya.

 

Contoh After Sales Service 

Contoh After Sales Service 

 

Dalam praktiknya, perusahaan dapat menjalankan strategi bisnis after sales service dalam berbagai bentuk. Adapun contoh dari bentuk penerapan strategi after sales service antara lain:

  • Penyampaian panduan penggunaan produk atau layanan jasa perusahaan melalui berbagai media, seperti telepon, e-mail, hingga media sosial.
  • Memberikan garansi jangka pendek atau panjang kepada para pelanggan.
  • Menyediakan diskon besar-besaran untuk pelanggan langganan.
  • Melaksanakan survey untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan.
  • Menyosialisasikan kebijakan penukaran dan pengembalian produk yang tidak sesuai, rusak, dan lainnya.
  • Memberikan dukungan online kepada para pelanggan mencakup e-mail, forum online, obrolan web, hingga media sosial.

 

Baca Juga: Customer Experience Bantu Optimalkan Bisnis Anda, Ini Tipsnya

 

Tips Melakukan After Sales Service

Guna memaksimalkan hasil akhir dari penerapan strategi bisnis after sales service perusahaan, simak dengan cermat 5 tips efektif yang telah dirangkum pada penjelasan di bawah ini.

 

  1. Mengirim Ucapan Terima Kasih yang Dipersonalisasi

Langkah ini merupakan cara paling sederhana namun seringkali terlupakan oleh mayoritas perusahaan, yaitu berterima kasih secara personal kepada para pelanggan. 

Langkah ini dapat diimplementasikan lewat berbagai cara misalnya melalui catatan kaki, e-mail, sambungan telepon, ataupun saat mengakhiri kegiatan pelayanan dengan konsumen di toko.

Jangan lupa untuk melakukan langkah ini secara tulus agar pelanggan dapat merasakan vibes yang positif terhadap pelayanan perusahaan Anda.

 

  1. Melakukan Riset Sebelum Mengembangkan Produk atau Layanan Jasa

Sangat penting bagi perusahaan untuk melakukan riset sebelum mulai mengembangkan produk atau layanan jasanya. Hal ini agar pengembangan yang dilakukan bisa tepat sasaran dan mampu mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya.

Jika pengembangan produk atau layanan jasa dilakukan dengan tepat, kebutuhan konsumen akan terpenuhi. Hal ini merupakan bagian dari after sales service perusahaan.

 

  1. Tanggap dalam Memperbaiki Kesalahan

Semakin tanggap dan cepat perusahaan Anda dalam memperbaiki setiap masalah yang dikeluhkan oleh para pelanggan, maka tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan secara berkala akan mengalami pertumbuhan.

Demi mencapai kondisi menguntungkan tersebut, perusahaan harus mampu memberikan pelayanan yang responsif dan optimal setiap harinya secara konsisten.

 

  1. Membuat Program Loyalitas

Menciptakan program loyalitas kepada pelanggan adalah langkah efektif berikutnya agar strategi bisnis after sales service perusahaan Anda dapat mencapai target.

Adapun contoh program loyalitas yang bisa Anda tawarkan kepada para pelanggan perusahaan antara lain pemberian diskon, penyaluran produk gratis, pembuatan loyalty card, dan sebagainya.

 

  1. Jangan Malu Meminta Referensi dari Pelanggan 

Tidak ada salahnya perusahaan bertanya kepada para pelanggannya demi memperoleh referensi bisnis yang lebih terukur dan potensial.

Anda dapat menjalankan langkah ini melalui sejumlah cara, misalnya membagikan survei online, melakukan pendekatan Question & Answer di media sosial, maupun melakukan wawancara secara personal bersama pelanggan dengan pendekatan bersifat non-formal dan menyenangkan.

 

Software CRM RedERP Optimalkan Implementasi After Sales Service Bisnis Anda

 

Software ERP
Software ERP

 

Tujuan maupun target strategi after sales service bisnis perusahaan Anda dapat lebih mudah tercapai melalui pemanfaatan software CRM (Customer Relationship Management). Sebab, software CRM memiliki deretan modul dan fitur-fitur suportif yang mampu memaksimalkan after sales service perusahaan.

Sebagaimana software CRM Indonesia dari RedERP yang menyediakan serangkaian modul terintegrasi beserta beragam fitur multifungsi dan suportif di dalamnya.

Selain itu, software CRM Indonesia RedERP juga sudah menerapkan penyimpanan berbasis cloud dengan dilengkapi sistem keamanan terpercaya. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengakses fitur maupun data pelanggan terkait sesuai kebutuhan strategi perusahaan. 

Adapun fitur yang tersedia dalam software CRM Indonesia antara lain Customer And Opportunity Management, Marketing Campaign Promotion, Commision, Shipping Management, Sales Management, serta Reporting and Analysis

Masing-masing fitur tersebut mampu menjalankan fungsinya dengan optimal sehingga peluang tercapainya target strategi bisnis after sales service perusahaan Anda dapat meningkat drastis.

Serangkaian aktivitas perusahaan terkait pembangunan hubungan dan loyalitas pelanggan meliputi pengiriman e-mail promosi, pembuatan penawaran newsletter, hingga pelaksanaan dukungan konsumen dapat secara praktis Anda lakukan dan tentunya dengan hasil akhir yang optimal.

Software CRM Indonesia dari RedERP merupakan jawaban atas kebutuhan perusahaan selama ini terkait optimalisasi strategi penjualan maupun pemasaran bisnis. 

Hubungi layanan call center kami pada laman utama RedERP sekarang juga. Bersama RedERP, kegiatan penjualan dan pemasaran bisnis perusahaan menjadi lebih sederhana dan optimal! 

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami