Table of Contents
Table of Contents

7 Tanda Jika Perusahaan Perlu Bantuan Aplikasi CRM

aplikasi crm

Customer Relationship Management atau CRM adalah suatu aspek yang sangat penting dalam perusahaan. Namun, banyak perusahaan yang justru menghadapi banyak kesulitan dalam mengelola CRM. 

Adapun masalah yang dapat timbul dalam aspek CRM adalah rendahnya tingkat retensi pelanggan, informasi data yang tidak teratur, pembuatan laporan analitik yang rumit, sulitnya mengakses data pelanggan, dan masih banyak lagi.

Dalam artikel berikut ini, RedERP telah merangkum beberapa tanda yang dapat mengindikasikan bahwa perusahaan membutuhkan aplikasi CRM untuk membantu mengelola manajemen pelanggan, pemasaran, maupun laporan analitik.

Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

 

Apa Itu Aplikasi CRM?

Aplikasi CRM adalah perangkat lunak manajemen yang dapat membantu mengelola hubungan antara perusahaan dan pelanggan agar perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggannya. 

Dengan aplikasi CRM, perusahaan dapat mengetahui peningkatan layanan yang dibutuhkan pelanggan agar profit bisnis juga meningkat.

Selain itu, aplikasi CRM juga dapat membantu Anda dalam mengelola aktivitas penjualan sekaligus mengidentifikasi prospek potensial dengan mudah, sehingga Anda akan memperoleh banyak leads yang berpotensi jadi pelanggan Anda.

Selain membantu dalam mengelola hubungan perusahaan dan pelanggan,  perangkat lunak CRM juga bisa membantu perusahaan memantau penjualan, kinerja sales, menentukan KPI, dan masih banyak lagi.

 

Baca juga: Kembangkan Bisnis Anda dengan 10 CRM Tools Terbaik Ini

 

Tanda Perusahaan Anda Butuh Aplikasi CRM

Aplikasi Customer Relationship Management penting digunakan oleh perusahaan agar dapat menyimpan dan mengelola seluruh informasi berkaitan dengan pelanggan secara terpadu dan teratur.

Berikut adalah tanda jika perusahaan Anda membutuhkan aplikasi CRM, yaitu:

 

1. Rendahnya Produktivitas

Dalam CRM, tim harus mengerjakan berbagai proses seperti entri data dengan excel, meminta persetujuan secara manual, maupun mengerjakan tugas yang berulang. Hal ini akan menguras banyak tenaga dan waktu sehingga diperlukan alat agar proses CRM dapat diselesaikan secara otomatis.

software CRM yang tepat akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi CRM sehingga produktivitas meningkat dan perusahaan mampu meningkatkan penjualan serta pendapatan.

 

2. Rendahnya Kolaborasi Antar Departemen

Diperlukan komunikasi sinergis antara departemen pemasaran dengan departemen penjualan agar kinerja kedua departemen efektif.

Namun, apabila komunikasi keduanya tersendat dan kolaborasi antar departemen rendah, maka departemen bersangkutan tidak dapat mencapai kinerja yang diharapkan. Bila hal tersebut terjadi, maka perusahaan perlu mulai mempertimbangkan penggunaan aplikasi CRM.

 

3. Akuntabilitas Antar Rekan Terbatas

Hubungan dengan pelanggan adalah hal penting dalam CRM. Apabila perusahaan mulai kehilangan pelanggan, Anda perlu mengetahui faktor yang menyebabkan hal tersebut. Tentu adanya data yang terpusat akan membantu perusahaan dalam mengelola data pelanggan.

Oleh karena itu, aplikasi CRM penting agar dapat memudahkan perusahaan mengatur data pelanggan serta menemukan celah untuk meningkatkan kinerja dan hubungan dengan pelanggan.

 

4. Buruknya Analisis Data

Masih terkait dengan pengelolaan data pelanggan, data dan laporan analitik yang akurat akan sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan perusahaan.

Apabila analisis data buruk, hal tersebut akan berpengaruh pada penjualan dan pendapatan perusahaan akibat strategi yang tidak tepat sasaran. Jika perusahaan Anda mengalami hal di atas, aplikasi CRM dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. 

 

5. Rendahnya Tingkat Kepuasan Pelanggan

Tingkat kepuasaan pelanggan yang rendah dapat disebabkan oleh sistem CRM serta strategi pemasaran yang kurang tepat. Akibatnya, Anda bisa kehilangan loyalitas pelanggan.

Oleh karena itu, memilih sistem CRM dan strategi pemasaran yang tepat akan sangat berpengaruh pada penjualan perusahaan. Aplikasi CRM dapat membantu perusahaan untuk menemukan strategi pemasaran yang tepat.

 

6. Kehilangan Peluang Penjualan

Kehilangan peluang penjualan dapat disebabkan oleh penindaklanjutan yang lambat akibat pelacakan penjualan yang dilakukan secara manual. Dengan cara manual, maka Anda tidak akan menemukan proses pemeliharaan penjualan yang jelas.

Namun dengan aplikasi CRM, Anda dapat menemukan informasi yang membantu dalam perencanaan langkah selanjutnya.

 

7. Bisnis Mulai Tumbuh Pesat

Jika Anda memiliki bisnis yang sedang berkembang dengan pesat, ada baiknya untuk mulai menggunakan aplikasi CRM yang tepat dengan mempertimbangkan jumlah karyawan dan banyaknya pelanggan yang harus dikelola oleh perusahaan.

 

Baca juga: Bagaimana Customer Experience Dapat Mengoptimalkan Bisnis, Ini Tipsnya

 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan perangkat lunak CRM sangatlah bermanfaat. Apalagi bagi perusahaan yang sedang berkembang pesat.

Selain itu, perusahaan dapat meningkatkan layanan serta melihat peluang penjualan dengan bantuan software CRM.

software CRM yang tepat haruslah bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Misalnya, software CRM RedERP yang dapat memenuhi apapun kebutuhan operasional bisnis perusahaan.

 

Software ERP
Software ERP

 

RedERP adalah aplikasi ERP yang dapat membantu perusahaan untuk mengimplementasikan segala strategi dalam operasional bisnis.

Keunggulan aplikasi RedERP ini adalah keakuratan tinggi yang dapat meminimalisir human error, fleksibilitas aplikasi karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, terintegrasi dengan tiap komponen operasional bisnis, serta pekerjaan dapat dilakukan lebih cepat, hemat, dan mudah.

RedERP memiliki berbagai modul yang dapat dimanfaatkan dalam seluruh operasioanl bisnis, mulai dari proses produksi hingga distribusi. RedERP juga memiliki modul yang dapat membantu Anda memelihara hubungan dengan pelanggan, yaitu Modul CRM.

Dengan software CRM dari RedERP, Anda dapat meningkatkan penjualan perusahaan. software CRM RedERP berfungsi menyederhanakan pengelolaan manajemen pelanggan, aktivitas penjualan, dan pemasaran.

Anda juga dapat otomatisasi pekerjaan berulang seperti mengirim newsletter, penawaran, dan promosi, mengelola sistem komisi dan mengevaluasi kinerja tim sales, membuat laporan dan analisis dengan Modul CRM RedERP.

Adapun fitur-fitur yang dimiliki Modul CRM RedERP berfungsi untuk:

  • Mengelola persebaran konsumen yang potensial dan menemukan peluang pemasaran.
  • Merancang strategi penjualan dari beberapa saluran sekaligus.
  • Mengatur komisi yang diberikan pada karyawan atau tim sales dalam penjualan.
  • Mengatur proses pengiriman barang dan menghindari stok menumpuk serta ketidak sesuaian data inventaris.
  • Membuat laporan penjualan secara real-time dan terperinci.
  • Dan masih banyak lagi.

 

Penasaran ingin menggunakan fitur-fitur dalam Modul CRM? Yuk, gunakan RedERP sekarang dan rasakan kemudahan dalam setiap operasional bisnis perusahaan Anda.

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami