Table of Contents
Table of Contents

5 Tanda Perusahaan Anda Membutuhkan Inventory Management Software

Warehouse worker checking inventory next to large racks of cardboard boxes holding product in a distribution warehouse.

Bagi sebagian perusahaan, gudang menjadi tempat pusat distribusi yang memiliki pengaruh besar bagi keberhasilan bisnis. Tak jarang mengelola gudang dan inventaris bisa menjadi proses yang menyulitkan, terutama jika ada kekurangan satu barang atau kelebihan barang lain.

Manajemen gudang yang lambat dapat berdampak buruk pada keuntungan perusahaan.

Itulah sebabnya inventory management software hadir untuk menjaga proses sistem inventaris berjalan dengan lancar.

 

Apa itu Inventory Management Software?

Inventory management software adalah alat untuk mengotomatisasi manajemen inventaris yang dapat mengidentifikasi dan melacak produk secara akurat dan cepat.

 

Baca Juga: Pengelolaan Inventory Berbasis Web, Apa Kelebihannya?

 

Tanda Jika Perusahaan Anda Butuh Inventory Management

Stres mengurus stok barang? Bingung dengan banyaknya stok yang harus Anda tangani? Jika Anda menjawab ya untuk semua pertanyaan tersebut, ini merupakan tanda bahwa perusahaan Anda memerlukan inventory management yang lebih baik!

Untuk memastikan lebih lanjut, lihat 5 tanda lainnya di bawah ini!

 

1. Stok Sering Habis

Bagaimana tingkat stok Anda? Apakah anda sering kehabisan stok? Apakah ada alasan logis untuk item tertentu yang kehabisan stok? Jika Anda terus-menerus kehabisan stok untuk barang-barang akan menjadi masalah, karena Anda akan mulai kehilangan peluang untuk menjualnya ke pelanggan Anda.

Ini merupakan salah satu tanda bahwa perusahaan Anda membutuhkan inventory management software untuk mengatasinya. Dengan sistem yang otomatis, inventory management software RedERP dapat secara akurat melacak tingkat inventaris Anda.

Banyaknya barang yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain mengharuskan Anda untuk dapat memperkirakan jumlah yang tepat.

 

Software ERP RedERP dilengkapi dengan salah satu fitur canggihnya Inventory Movement mampu menghindari segala kerumitan Anda dalam memperkirakan stok barang dan mengelola saluran penjualan Anda.

 

2. Kesulitan dalam Mengelola Data

Jika Anda selalu kesulitan dalam hal pengelolaan data inventaris, ini merupakan tanda bahwa perusahaan Anda memerlukan inventory management software. Data telah menjadi faktor kunci dalam pertumbuhan bisnis.

Bisnis yang memiliki akses ke data yang lebih baik dapat membuat keputusan yang lebih baik. Sebaliknya, jika Anda tidak memiliki pegangan yang kuat pada data, proses pengambilan keputusan pun akan terhambat.

Aplikasi inventory RedERP dapat membantu Anda mengatasi masalah ini dengan merampingkan seluruh data perusahaan Anda dan menempatkannya di satu tempat yang dapat diakses secara mudah dan aman.

Lewat fitur Reporting and Analysis, seluruh pelaporan pun dapat berjalan  lebih akurat, sehingga menciptakan lingkungan kerja berbasis pada data.

 

3. Banyaknya Penghitungan Manual

Sesekali, penghitungan manual dapat menjadi latihan yang berguna untuk dilakukan. Anda dapat memeriksa keakuratan inventaris Anda dan mengaudit kemungkinan perbedaan.

Tapi ini seharusnya tidak menjadi sesuatu hal yang sering dilakukan. Jika Anda hanya mengandalkan penghitungan manual untuk mengetahui tentang stok apa yang Anda miliki dan tidak, itu bisa menjadi tugas yang sangat melelahkan dan memakan waktu.

Belum lagi, human error pasti akan terjadi! Dengan sistem otomatis, RedERP dapat mengotomatiskan proses ini, sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui berapa banyak stok yang Anda miliki saat ini dan kemana arahnya secara real time dan akurat.

 

4. Operasional Gudang yang Tidak Teratur

Pada dasarnya, karyawan perlu mengetahui di mana semua produk berada. Ruang yang kacau dapat menghambat alur kerja. Selain itu, Anda juga beresiko tinggi merusak atau salah menempatkan stok.

Ini tidak bisa dianggap remeh karena juga dapat membahayakan keselamatan karyawan. RedERP merupakan solusi yang tepat untuk membantu Anda mengatur stok dengan cara yang paling sesuai untuk produktivitas dan keamanan.

 

Baca Juga: Project Management Software: Solusi Manajemen Proyek Lebih Efektif

 

5. Karyawan yang Kewalahan

Manajemen gudang yang buruk menciptakan suasana kerja yang tidak efisien. Beban kerja yang diterima karyawan menjadi lebih berat, sehingga mereka tertekan dan merasa bahwa terlalu banyak yang harus dilakukan dalam sehari.

Dampaknya, mereka mungkin menjadi tidak bahagia di tempat kerja, atau bahkan lebih parahnya lagi meninggalkan perusahaan. Dari sini dapat kita ketahui bahwa manajemen inventaris secara manual dapat memberikan efek buruk pada kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Inventory management software  RedERP dengan berbagai fitur canggihnya dapat meningkatkan efisiensi alur kerja. Karyawan Anda bisa lebih percaya diri dalam menjalankan pekerjaannya sehingga terciptalah suasana kerja yang lebih produktif.

Aplikasi inventory RedERP adalah pilihan terbaik untuk mewujudkan manajemen inventaris bisnis Anda yang lebih mudah dan efektif. Inilah saat yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan bisnis Anda bersama RedERP.

Segera ajukan demo sistem inventory RedERP sekarang juga dengan mengklik tautan di bawah ini. Gratis!!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami