Table of Contents
Table of Contents

Sistem Inventory: Pengertian, Manfaat dan Tips Pengelolaannya

Mengenal Inventory System dan Pentingnya Bagi Perusahaan

Dalam sebuah bisnis, pastinya terdapat barang-barang yang disimpan dalam gudang untuk nantinya digunakan dalam menjalankan bisnis tersebut.

Persediaan barang tersebut, umumnya disebut juga dengan inventaris. Inventaris atau persediaan nantinya akan digunakan oleh pelaku bisnis untuk berbagai macam keperluan seperti, dijual kembali, untuk produksi, bahkan digunakan oleh perusahaan.

Karena sifatnya yang begitu penting bagi sebuah bisnis, maka perlu dikelola secara tepat dan hati-hati. Salah satu terobosan yang saat ini sudah banyak digunakan perusahaan yaitu dengan menerapkan inventory system atau sistem inventory.

Khusus dalam pembahasan ini, RedERP akan menjabarkan poin-poin mengenai apa itu sistem inventory, manfaat dan tips pengelolaannya bagi perusahaan. Simak selengkapnya di sini!

 

Pengertian Sistem Inventory

Seperti yang sudah disinggung di atas, inventory sendiri merupakan sebuah persediaan yang dimiliki perusahaan.

Sistem inventory adalah sistem yang berguna untuk membantu mengatur persediaan atau stok barang yang berkaitan dengan logistik perusahaan. Persediaan atau stok barang tersebut bisa berupa bahan baku, barang setengah jadi, maupun barang jadi.

Secara sederhana, penerapan inventory system akan memudahkan Anda dalam melacak persediaan barang yang perusahaan miliki dari semua rantai pasokan barang yang ada, mulai dari pembelian, produksi, hingga penjualan akhir.

 

Baca juga: Bisnis Makin Lancar, Berikut 10 Rekomendasi Software Stok Barang Terbaik

 

Manfaat Sistem Inventory Gudang

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menerapkan inventory system dalam manajemen persediaan perusahaan. Berikut ini sejumlah manfaat yang bisa Anda rasakan dampaknya terhadap perusahaan:

 

1. Menjaga Stok barang untuk Tetap Ada

Tidak mampu memenuhi permintaan dikarenakan stok barang yang habis, akan memberikan kerugian yang besar bagi perusahaan. Sebab perusahaan harus menanggung biaya operasional dari pabriknya, meskipun tidak ada proses produksi yang berjalan.

Untuk menghindari hal tersebut, maka diperlukan sistem inventory gudang yang baik, agar semua persediaan bisa dimonitor dan dikontrol dengan baik.

 

2. Meningkatkan Keuntungan

Jika perusahaan memiliki persediaan barang yang cukup dan lengkap, serta mampu untuk memenuhi kebutuhan permintaan disegala kondisi, tentunya akan memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan tersebut.

Selain itu, kapabilitas perusahaan dalam memenuhi kebutuhan konsumen akan diperhitungkan, dan secara otomatis citra brand Anda di mata masyarakat akan baik.

Dengan begitu, masyarakat akan percaya kepada brand perusahaan Anda, sehingga mampu menarik lebih banyak lagi pelanggan.

 

3. Mengontrol Persediaan

Inventory system akan memudahkan perusahaan dalam memonitoring atau mengontrol stok barang atau persediaan yang ada di pasar.

Banyak atau sedikitnya stok barang yang ada di pasar, tentunya mempengaruhi besaran biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk menjaga stok tersebut tetap ada.

Dengan adanya sistem inventory barang, perusahaan dapat mengontrol stok barang sesuai dengan kebutuhannya saat itu.

 

4. Menjaga Hubungan Baik dengan Pihak Terkait

Kredibilitas perusahaan atau bisnis dapat dinilai, salah satunya dengan bagaimana mereka mampu untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

Perusahaan yang memiliki kredibilitas akan mampu mendapatkan kepercayaan dari pihak yang berhubungan dengannya, dalam hal ini bisa distributor dan juga pelanggan dari produk yang dikeluarkan perusahaan.

Mereka akan menilai bahwa Anda menjalankan bisnis secara profesional, sehingga mereka akan dengan senang hati untuk selalu bekerja sama dengan perusahaan Anda.

 

Tips Pengelolaan Inventory System

Berikut ini adalah beberapa tips pengelolaan sistem inventory:

 

1. Buat Daftar Inventaris yang Akurat

Buatlah daftar inventaris yang akurat dan terperinci untuk semua produk atau barang yang Anda miliki. Daftar ini akan membantu Anda melacak persediaan dan memastikan bahwa Anda memiliki barang yang tepat pada waktu yang tepat.

 

2. Tetapkan Batasan Persediaan Minimum

Tentukan batas persediaan minimum untuk setiap barang yang Anda miliki. Jika persediaan mencapai batas minimum, Anda harus memesan barang baru untuk mencegah kehabisan persediaan.

 

3. Manfaatkan Teknologi

Gunakan teknologi yang tepat untuk membantu Anda mengelola persediaan Anda. Anda dapat menggunakan program komputer atau aplikasi seluler untuk melacak persediaan Anda dengan lebih mudah dan akurat.

 

4. Evaluasi Secara Teratur

Evaluasi secara teratur persediaan Anda dan lihat apa yang perlu ditingkatkan atau ditingkatkan. Evaluasi juga dapat membantu Anda memprediksi permintaan masa depan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan.

 

Baca juga: Aplikasi Inventory, Solusi Tepat Kelola Stok Gudang

 

Cara Mudah Membuat Sistem Inventory Barang Menggunakan Software RedERP

Software ERP
Software ERP

 

Aplikasi Inventory RedERP hadir untuk membantu perusahaan Anda dalam melakukan pengelolaan atau manajemen stok barang yang Anda miliki.

RedERP mampu memudahkan sistem inventaris agar pengelolaan gudang bisa lebih efektif dan efisien.

Fitur Inventory Movement akan membantu perusahaan dalam melakukan pengawasan perpindahan barang dari gudang perusahaan menuju gudang toko secara real-time.

Selain itu, ada pula fitur Stock Opname yang berfungsi untuk memaksimalkan stok barang yang ada di gudang, agar tidak ada lagi barang yang terlalu lama disimpan di dalam gudang.

Demikian pembahasan khusus mengenai penerapan inventory system bagi perusahaan. Inventory system merupakan sebuah hal penting yang harus dimiliki perusahaan, terutama bagi perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur.

Sistem inventory gudang akan memudahkan perusahaan dalam melakukan manajemen atau pengelolaan stok barang, agar selalu tersedia di pasar dan mampu memenuhi permintaan konsumen.

Semoga bermanfaat!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami