Table of Contents
Table of Contents

Manajemen Inventory: Apa Itu, Fungsi dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Manajemen inventory

Salah satu jenis manajemen yang harus diperhatikan untuk kelancaran operasional bisnis adalah manajemen inventory. Apa itu Manajemen inventory?

Manajemen inventory adalah pengelolaan yang dapat memudahkan Anda menciptakan proses manajemen stok yang efisien dan efektif.

Apabila perusahaan dapat mengelola sistem persediaan barang dengan tepat, maka Anda pun akan memperoleh pemasukan lebih tinggi sekaligus menghemat biaya, tenaga, dan mempersingkat waktu kerja.

Di dalam artikel ini, RedERP akan membahas tuntas tentang apa itu manajemen inventory dan juga manfaat yang didapatkan dalam kegiatan bisnis. Langsung simak ulasannya berikut ini.

 

 

Apa itu Manajemen Inventory?

Manajemen inventory adalah proses pengelolaan dan pemantauan atas persediaan barang tersimpan dalam gudang untuk kemudian didistribusikan kepada konsumen. 

Manajemen inventaris ini sangat berkaitan dengan pencatatan serta administrasi pengelolaan stok barang.

Banyak perusahaan saat ini fokus dalam mengembangkan pengelolaan gudang secara digital serta diintegrasikan dengan sistem lainnya untuk kegiatan operasional perusahaan. Misalnya sistem keuangan dan sistem lain yang berkaitan dengan proses distribusi barang.

 

Baca Juga: 5 Tanda Perusahaan Membutuhkan Software Management Inventory

 

Fungsi dan Manfaat Manajemen Inventory

Fungsi dan Manfaat Manajemen Inventory
Fungsi manajemen inventory

 

Proses pengelolaan stok yang kompleks dapat disederhanakan dengan sistem manajemen inventory, seperti pengecekan inventaris, pemesanan dari supplier, pengambilan dan packing barang, pelacakan pengiriman barang, dan lain-lain.

Itulah yang membuat banyak perusahaan beralih menerapkan sistem otomatis karena manfaat yang langsung mereka rasakan. Berikut ini beberapa manfaat yang diberikan sistem manajemen persediaan.

 

1. Sentralisasi Data

Dengan sistem manajemen persediaan, Anda dapat mengetahui dengan pasti ketersediaan barang dan lokasi tempat menyimpannya dalam hitungan detik, sekalipun ada barang yang berada di gudang atau toko berbeda.

 

2. Kontrol Persediaan

Dengan menggunakan aplikasi stok barang memudahkan Anda melakukan pengawasan terhadap ketersediaan stok dan memastikan untuk selalu tersedia di batas yang ditetapkan.

Anda akan diberitahu melalui notifikasi ketika persediaan barang di gudang mulai menipis, sehingga Anda bisa dengan cepat memesan ulang.

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Overstock?

 

3. Lebih Efisien

Pengelolaan persediaan barang kini jauh lebih sederhana dan Anda pun dapat membuat laporan inventaris hanya dalam hitungan detik saja. Kegiatan bisnis Anda jadi lebih efisien.

 

4. Mengoptimalkan Produktivitas

Segala tugas-tugas yang berhubungan dengan kelola inventaris sudah diotomatiskan, sehingga karyawan Anda bisa lebih fokus pada pekerjaan yang lebih penting.

 

5. Lebih Hemat Biaya

Manajemen inventaris bisa menghindari perusahaan dari kerugian finansial akibat beberapa faktor, seperti human error, penyimpanan barang yang berlebih, pembelian yang tidak perlu, dan lain-lain.

Kini melalui satu sistem yang terpusat dan terintegrasi, Anda bisa menghemat anggaran dengan hanya membeli sistem tambahan untuk mengelola inventory di perusahaan Anda.

 

6. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Adanya manajemen inventaris dapat memastikan seluruh pesanan konsumen dapat terpenuhi dengan baik, bahkan informasi tersebut dapat dapat Anda ketahui secara real-time.

Sistemnya juga memungkinkan Anda untuk melacak pengiriman pemesanan barang hingga ke tangan konsumen. Sehingga membantu Anda dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

7. Perkiraan dan Perencanaan Lebih Akurat

Dengan menerapkan sistem manajemen inventory akan menghasilkan laporan inventaris yang lengkap dan akurat, serta mengetahui produk mana yang sepi peminat, dan berapa banyak barang yang harus Anda sediakan di kemudian hari.

Berbagai informasi penting lainnya bisa Anda dapatkan untuk meningkatkan produktivitas bisnis perusahaan Anda melalui sistem ini.

 

Baca Juga: Inventory Replenishment: Pengertian dan Pentingnya Untuk Bisnis

 

Ruang Lingkup Manajemen Inventory

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manajemen persediaan tidak hanya sebatas pada pengelolaan barang saja. Jika dilihat lebih detail, ruang lingkupnya sangat luas.

 

1. Manajemen Inventaris

Ini adalah proses mengelola persediaan barang perusahaan yang menjamin ketersediaan produk dan bahan baku di gudang atau toko.

 

2. Less Storage

Sistem inventory akan memberitahukan Anda perihal data stok produk secara digital. Namun, bagaimana caranya barang yang ada di gudang jumlahnya selalu sedikit, tidak kekurangan dan berlebih.

Inilah yang harus Anda pikirkan bagaimana stok barang tersebut bisa keluar dan sampai ke tangan konsumen dengan cepat dan aman.

 

3. Produktivitas

Tentu akan ada banyak karyawan yang terbantu pekerjaannya, terlebih jika data-datanya diolah menggunakan perangkat lunak.

Dengan begitu, karyawan dapat mengetahui lebih cepat berapa jumlah bahan baku yang dibutuhkan untuk diproduksi menjadi barang jadi.

 

4. Tingkatkan Profit

Manajemen persediaan punya peran penting dalam meningkatkan pendapatan perusahaan. Sebab, ada data-data dalam sistem manajemennya yang dapat memberikan Anda informasi tentang keuangan perusahaan.

Inilah kenapa penggunaan software persediaan penting bagi perusahaan karena terintegrasi satu sama lain.

 

Kesimpulan

Sederhananya, manajemen inventory dirancang untuk memudahkan dalam mengelola persediaan barang. Sistem ini tidak hanya dapat diterapkan oleh perusahaan berskala besar, tapi juga untuk usaha kecil dan menengah.

Software inventory management berbasis cloud bisa jadi pilihan tepat dan disukai banyak pelaku UKM. Selain harganya terjangkau, implementasinya pun mudah dan fleksibel.

 

Software ERP
Software ERP

 

RedERP menyediakan software manajemen inventory yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan Anda dan sistemnya yang terintegrasi. Softwarenya dapat membantu Anda dalam memantau level stok, melacak dan menilai inventaris secara real time.

Melalui software Inventory RedERP, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan inventaris fisik untuk menjaga tingkat akurasi persediaan produk, dan menyimpan seluruh informasi produk serta mengkategorikannya.

RedERP akan menyediakan konsultasi gratis bagi Anda yang ingin mengimplementasikan sistem manajemen persediaan di perusahaan Anda. Coba demonya sekarang juga!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami