Table of Contents
Table of Contents

Macam-macam CRM Funnel yang Perlu Dipahami

CRM Funnel

Faktor penting dalam kesuksesan bisnis adalah hubungan pelanggan, salah satu cara untuk mengoptimalkannya adalah dengan mempelajari CRM funnel.

Hal ini karena CRM funnel memiliki peran penting dalam mengoptimalkan interaksi antara Anda sebagai pemilik bisnis dengan pelanggan yang sudah atau akan menggunakan bisnis Anda.

Maka dari itu, artikel RedERP kali ini akan mengulas lebih jauh mengenai apa itu CRM funnel serta manfaat penggunaannya.

 

Apa itu CRM Funnel

Alur CRM atau yang lebih dikenal dengan istilah CRM funnel adalah suatu konsep yang menggambarkan perjalanan pelanggan dari awalnya menyadari bisnis atau merek hingga menjadi pelanggan setia.

Konsep tersebut berupa informasi pelanggan yang didapatkan oleh pemilik bisnis, yaitu seperti interaksi atau aktivitas bisnis yang dilakukan oleh pelanggan.

Informasi yang berupa data pelanggan tersebut nantinya akan menjadi bahan evaluasi bagi pemilik bisnis untuk mengoptimalkan strategi kedepannya.

CRM funnel membantu bisnis memahami perjalanan pelanggan, mengidentifikasi kesempatan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, hingga mengoptimalkan proses transaksi penjualan.

Oleh karena itu, pemilik bisnis akan mengetahui seberapa besar kepuasan pelanggan terhadap bisnis yang ditawarkan serta mengetahui loyalitas pelanggan yang menggunakan layanan bisnis Anda.

 

Baca Juga: Faktor Ukuran Keberhasilan CRM

 

Mengapa CRM Funnel Penting

Mengelola bisnis tentu bukanlah hal yang mudah, sehingga perlu memperhatikan beberapa faktor pendukung keberhasilan, dan salah satunya adalah mengenai hubungan dengan pelanggan.

Di sinilah CRM funnel berperan, yaitu CRM funnel membantu Anda sebagai pemilik bisnis untuk memahami perilaku pelanggan melalui data yang diberikan oleh CRM.

Data yang diberikan bisa berupa riwayat interaksi, umpan balik atau ulasan, data identitas, dan riwayat pembelian pelanggan.

Penggunaan CRM funnel mengarahkan upaya pemasaran dan penjualan sesuai dengan setiap tahap perjalanan pelanggan, dan juga dapat mengoptimalkan peluang konversi dan retensi pelanggan.

Oleh karena itu, melalui penggunaan CRM funnel, Anda dapat merencanakan strategi yang lebih terfokus dan personal.

 

Komponen dalam CRM Funnel

Komponen dalam CRM funnel adalah tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang membentuk alur perjalanan pelanggan dari awalnya menyadari bisnis hingga menjadi pelanggan setia. 

 

1. Awareness 

Komponen awal dari CRM funnel ini adalah tahap kesadaran, yaitu dimana calon pelanggan menyadari akan bisnis, produk, atau layanan yang ditawarkan.

Misalnya, calon pelanggan mengetahui bisnis yang ditawarkan melalui iklan di media sosial.

 

2. Interest 

Komponen selanjutnya dari CRM funnel adalah tahap minat, yaitu calon pelanggan menunjukkan minat terhadap bisnis.

Misalnya dengan mengunjungi situs webnya, meminta informasi lebih lanjut, atau mendaftar untuk berlangganan newsletter. Lalu, calon pelanggan merasa tertarik setelah melihat kualifikasi produk yang ditampilkan di media sosial.

 

3. Consideration

Pada komponen CRM funnel ini, calon pelanggan mengevaluasi bisnis dan produk atau layanannya untuk menentukan apakah itu cocok untuk mereka.

Misalnya, calon pelanggan yang ingin membeli handphone ingin membandingkan penjualan handphone di toko yang berbeda.

 

4. Purchase 

Pada komponen CRM Funnel selanjutnya, pembelian merupakan komponen dimana calon pelanggan membuat keputusan untuk membeli produk atau layanan.

Misalnya, calon pelanggan akhirnya memutuskan untuk membeli produk yang diinginkan.

 

5. Retention 

Berikutnya, komponen CRM funnel ini adalah dimana pelanggan merasa terdorong untuk melakukan pembelian kembali.

Misalnya, pelanggan menjadi tertarik untuk berlangganan kembali mengenai produk bisnis yang ditawarkan.

 

6. Advocacy 

Pada komponen terakhir CRM funnel, pelanggan yang puas kini menjadi pendukung untuk bisnis atau produk tersebut sehingga mempromosikannya kepada orang lain dan membantu menghasilkan prospek baru.

Misalnya, pelanggan yang merasa puas akan berbagi atau mempromosikan produk bisnis yang ditawarkan.

 

Baca Juga: 10 Tools CRM yang Berguna untuk Semua Lini Bisnis

 

Keuntungan Menggunakan CRM Funnel

Penggunaan CRM funnel sendiri ternyata memiliki banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan dari penggunaan CRM funnel:

 

1. Memahami kebutuhan pelanggan

Sistem CRM funnel dapat membantu Anda untuk menyampaikan layanan Anda dengan pemahaman terhadap kebutuhan pembeli secara lebih baik. 

Hal Ini dapat membantu Anda mengetahui kekhawatiran pelanggan Anda, yaitu dengan meningkatkan interaksi antara Anda dan pelanggan.

 

2. Mendahulukan kepentingan pelanggan

Keuntungan selanjutnya adalah sistem CRM Funnel membantu Anda untuk mengidentifikasi perilaku pelanggan. 

Adanya keuntungan dari CRM Funnel ini membantu Anda untuk mengetahui mana pelanggan yang menguntungkan atau tidak sehingga strategi penjualan bisa dioptimalkan.

 

3. Meningkatkan pendapatan

Kemudian, CRM Funnel membantu meningkatkan penjualan Anda. Menggunakan strategi CRM Funnel ini dapat secara signifikan meningkatkan penjualan Anda, dengan informasi yang Anda miliki tentang pelanggan Anda.

 

Terapkan Tiap Tahap CRM dengan RedERP

banner rederp

Tahap CRM dalam kegiatan bisnis tentunya penting dan memiliki banyak manfaat untuk kemajuan proses bisnis Anda nantinya.

CRM funnel sendiri membantu bisnis merencanakan strategi yang sesuai untuk setiap tahap perjalanan pelanggan. Tujuannya, yaitu untuk memandu proses bisnis melalui alur yang terstruktur, membangun hubungan yang kuat, dan memaksimalkan nilai dari setiap pelanggan.

Penggunaan Software CRM RedERP bisa menjadi pilihan untuk bisnis Anda karena memiliki fitur-fitur CRM yang canggih dan tentunya dapat menyajikan data secara lengkap.

Fitur Customer and Opportunity Management dapat memetakan persebaran konsumen sehingga Anda dapat mengetahui peluang customer atau calon pelanggan yang akan menggunakan bisnis atau produk Anda.

Tak hanya itu saja, fitur Reporting and Analysis dapat memantau kegiatan CRM dengan baik karena dapat menghasilkan data aktivitas pelanggan secara real-time yang mencakup pembelian dan interaksi lainnya.

Dengan menggunakan fitur-fitur dari Software CRM RedERP tersebut, Anda pastinya bisa mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk Anda sehingga nantinya hal itu bisa menjadi evaluasi untuk strategi bisnis Anda kedepannya.

Ayo, segera ajukan demo secara gratis melalui laman website resmi kami, ya!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami