Table of Contents
Table of Contents

Distribution Management System: Mengapa Penting Menggunakannya?

distribution management system

Distribution management system merupakan sebuah sistem fungsional yang sangat memberikan dampak signifikan bagi perusahaan, dalam menjalankan operasi distribusinya masing-masing. 

Melalui distribution management system, perusahaan dapat mengedepankan proses yang jauh lebih sederhana, otomatis, dan optimal ketika menjalankan aktivitas distribusinya.

Berkat perkembangan teknologi, kini sistem tersebut dapat diimplementasikan dalam bentuk distribution management system software.

Guna mengenal lebih jauh terkait distribution management system. Simak penjelasan pada artikel RedERP di bawah ini! 

 

Apa Itu Distribution Management System?

Distribution management system adalah aplikasi yang dirancang untuk mengintegrasikan semua proses distribusi dalam satu sistem yang terhubung.

Mulai dari pemesanan produk, penerapan promosi penjualan, pembaruan inventaris, pembuatan faktur, pengiriman barang, dan pengelolaan logistik.

Distribution management system pada dasarnya adalah workforce management yang ditambah dengan fitur distribusi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

 

Baca Juga: Daftar Aplikasi Distribusi untuk Bisnis Manufaktur

 

Mengapa Perusahaan Butuh Distribution Management System?

sistem manajemen distribusi

 

Terdapat beberapa alasan mengapa setiap perusahaan masa kini membutuhkan peran distribution management system menjalankan operasi distribusi bisnis mereka.

Adapun sederet alasan tersebut diuraikan pada poin-poin di bawah ini. 

  • Menawarkan laporan data komprehensif dan real-time.
  • Mampu meningkatkan visibilitas operasi distribusi perusahaan.
  • Proses pengiriman maupun pembelian barang perusahaan menjadi lebih sederhana dan cepat.
  • Membantu perusahaan agar mampu mengelola persediaan atau pesanan secara akurat.
  • Membantu perusahaan dalam menggunakan sumber daya yang dimiliki secara tepat dan terukur.
  • Mampu berperan sebagai platform komunikasi umum, baik untuk para pengecer hingga konsumen.
  • Mampu menekan biaya operasi distribusi perusahaan seminimal mungkin. 

 

Manfaat Distribution Management System

Melalui pelaksanaan distribution management system sebuah perusahaan dapat mendapatkan sejumlah manfaat bagi bisnisnya di antaranya sebagai berikut.

 

  1. Memberikan Kenyamanan Bagi Pihak Pelanggan dan Pengecer

Kenyamanan yang dimaksud adalah kemudahan bagi pihak pelanggan maupun pengecer dalam menjalankan bisnis dengan perusahaan.

Dengan menggunakan distribution management system pengelola sistem distribusi antara pihak perusahaan dengan pengecer menjadi lebih ramping dan efektif. Di sisi lain, hal tersebut mampu menciptakan rasa nyaman dan tumbuhnya retensi pelanggan terhadap perusahaan.

Sebab, dengan manajemen distribusi yang baik antara pihak perusahaan dengan pengecer dapat menjamin ketersediaan persediaan barang.

Sehingga setiap permintaan yang diajukan oleh pelanggan atas barang atau produk tertentu, dapat terpenuhi secara konsisten. 

 

  1. Pengelolaan Dealer Menjadi Lebih Efektif dan Efisien

Distribution management system memungkinkan perusahaan dari berbagai sektor industri untuk memenuhi setiap kebutuhan distribusinya. Ini mencakup integrasi data distribusi hingga optimalisasi operasi penjualan perusahaan. 

Alhasil perusahaan mampu menekan anggaran operasional bisnis mereka meliputi pengurangan jumlah tenaga kerja, bea operasi aktivitas distribusi tertentu, dan bahkan menghemat estimasi waktu operasi.

 

  1. Tahapan Monitoring Persediaan Bisnis Lebih Mudah

Umumnya distribution management system sudah dilengkapi oleh sistem monitoring secara real-time. Sehingga visibilitas operasi distribusi perusahaan mengalami peningkatan signifikan. 

 

  1. Mendorong Efisiensi Estimasi Waktu Pemesanan dan Pengiriman 

Melalui distribution management system rentang waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan operasi pemesanan maupun pengiriman barang menjadi lebih cepat. Ini sangat berguna bagi perkembangan bisnis sebuah perusahaan.

 

  1. Mencegah Munculnya Biaya Ekstra

Distribution management system memastikan setiap alur proses distribusi menjadi efisien serta otomatis. Sehingga biaya yang harus dikeluarkan oleh pihak perusahaan menjadi berkurang signifikan. 

 

  1. Meningkatkan Akurasi Hasil Pelaporan Operasi Distribusi Perusahaan

Sesuai namanya, distribution management system akan membantu perusahaan dalam membuat laporan operasi distribusi yang komprehensif dan akurat.

Sebab sistem DMS dewasa ini sudah memiliki fitur penyusunan laporan termutakhir. 

 

Baca Juga: Beberapa Software Distribusi yang Bermanfaat untuk Bisnis

 

RedERP Sebagai Solusi Distribution Management System Indonesia 

 

Software ERP
Software ERP

 

Sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk beralih menuju sistem manajemen distribusi termutakhir, sebab keberadaan software distribusi di Indonesia sendiri sudah cukup mudah untuk ditemukan.

Salah satu vendor software distribusi terbaik di tanah air RedERP, bisa menjadi referensi teratas bagi perusahaan Anda saat ini. Dikarenakan Software Inventory RedERP sudah dilengkapi oleh sederet sistem dan fitur unggulan.

Di mana siap memajukan sistem distribusi bisnis perusahaan Anda menjadi lebih praktis, otomatis, efisien, serta optimal secara berkelanjutan.

Lebih detail, Software Inventory rancangan RedERP sudah dilengkapi oleh sistem terintegrasi serta terotomatisasi, real-time monitoring feature, Reporting and Analysis feature, dan masih banyak lagi. 

Baik sistem maupun fitur di atas mencakup setiap aspek pengelolaan distribusi antara lain pembelian, pelacakan, pergudangan, hingga pendistribusian kepada pelanggan. 

Implementasikan software inventory RedERP pada manajemen distribusi perusahaan Anda mulai hari ini. Guna meraih masa depan manajemen distribusi bisnis yang cermat dan unggul!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami