Table of Contents
Table of Contents

5 Daftar Software Distribusi dan Manfaatnya Untuk Aktivitas Bisnis

software distribusi

Aktivitas penjualan dalam bisnis berkaitan erat dengan proses distribusi. Oleh karena itu, penting bagi para pelaku usaha untuk memanfaatkan software distribusi agar penjualan berjalan efisien. 

Salah satu manfaat dari software distribusi adalah membantu penjual memantau proses pengiriman hingga melacak barang secara real-time. Dengan software ini, Anda tak perlu melakukan proses tersebut dengan cara manual.

Untuk mengetahui manfaat lain dari software distributor dan rekomendasi software yang bisa Anda pilih, RedERP telah merangkum seluruh informasinya dalam artikel di bawah ini. Yuk, kita simak artikelnya bersama!

 

 

Manfaat Software Distribusi

Software distribusi adalah perangkat lunak yang membantu para pelaku usaha untuk mengelola seluruh aktivitas penjualan. Mulai dari proses mengelola pesanan, memantau harga pasar, mengirim barang, hingga menagih pembayaran.

Software distribusi yang memiliki fungsionalitas tinggi biasanya memiliki fitur pemrosesan pesanan barang, pembelian, manajemen inventaris, hingga akuntansi keuangan. 

Ada beberapa alasan mengapa penting bagi perusahaan untuk memakai software distribusi. Mereka kerap kali menghadapi tantangan, utamanya dalam proses ini, seperti:

  • Banyaknya distributor berskala kecil yang tidak terorganisir.
  • Pengeluaran biaya ekstra akibat barang yang ditujukan ke daerah pelosok sehingga harus melewati beberapa level mata rantai distribusi. 
  • Data order barang sampai inventaris tidak tersedia secara real-time sehingga tidak dapat memantau kelebihan maupun kekurangan stok.

 

Tantangan di atas bisa diatasi dengan implementasi software distributor. Selain memaksimalkan dan melancarkan proses distribusi, software ini juga mampu meningkatkan pendapatan Anda.

Tiap divisi juga dapat dihubungkan secara real-time sehingga pengiriman berjalan efektif dan efisien. Pengaruh lainnya adalah meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan.

Ada banyak manfaat software distribusi yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Mencegah kesalahan atau human error
  • Dapat mengelola hingga menganalisis data secara real-time
  • Mampu meningkatkan kepuasan konsumen
  • Membantu memantau segala operasional bisnis
  • Meningkatkan hubungan antar karyawan menjadi lebih baik
  • Membantu mengelola tugas lebih efisien
  • Membantu manajemen proyek menjadi lebih rapi

 

Rekomendasi Software Distribusi untuk Bisnis

Saat ini, sudah banyak sekali software distribusi yang menawarkan berbagai  fitur dan keunggulannya. Berikut kami rangkum beberapa rekomendasi software distribusi yang bisa dipertimbangkan.

 

1. RedERP

 

RedERP adalah aplikasi ERP Indonesia yang cocok untuk segala bidang bisnis industri, mulai dari skala kecil, menengah, hingga besar karena setiap fiturnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, Anda hanya memerlukan satu aplikasi untuk seluruh lini bisnis, mulai dari pengadaan, produksi, distribusi, manajemen inventaris, hingga akuntansi. 

Dalam modul distribusi dan inventaris, Anda dapat mengelola dan memantau pengiriman barang secara real-time. Selain itu, barang yang keluar dan masuk bisa dicatat secara otomatis.

Manajemen gudang juga dikelola melalui sistem yang komprehensif dan bisa menggunakan barcode sehingga jumlah stok barang di gudang akurat serta dapat meminimalisir kerusakan.

Data dan laporan manajemen gudang dapat diterbitkan dengan cepat sehingga perusahaan mengetahui tren penjualan terkini. 

Seluruh lini bisnis terintegrasi agar pengadaan dapat dilakukan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan dalam inventaris, penjualan dapat dilacak secara otomatis, dan segala kegiatan bisnis dapat tercatat dalam akuntansi. 

 

2. Abas Distribution

Abas Distribution
Source: softwareadvice.com

 

Abas adalah software distribusi yang ditujukan bagi distributor kecil hingga menengah. Ada 3 aplikasi yang ditawarkan oleh Abas, yaitu Abas ERP, Abas Distribution, dan Abas eB.

Ketiga aplikasi tersebut menawarkan berbagai fitur yang membantu perusahaan untuk mengajukan pesanan dan memantau pengiriman barang dari vendor. Selain itu, perusahaan dapat merancang dan mengubah alur kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

 

Blue Link ERP
Source: softwareadvice.com

 

Blue Link adalah aplikasi ERP yang cocok untuk bisnis kecil hingga menengah. Fitur manajemen inventaris yang dimiliki Blue Link memungkinkan perusahaan untuk melacak kualitas barang sehingga tidak ada barang yang kadaluarsa.

Selain itu, ada juga fitur akuntansi yang dilengkapi untuk mencatat keuangan perusahaan. Terakhir, software ini mampu mencatat pembelian, membantu pengadaan, hingga manajemen inventaris.

 

4. Fishbowl Software

Fishbowl Software
Source: explorewms.com

 

Software Fishbowl memiliki fitur manajemen inventaris untuk bisnis kecil hingga menengah. Pengelolaan inventaris dengan software ini dapat menggunakan barcode. Selain itu, perusahaan dapat melakukan pengadaan serta memprediksi kebutuhan inventaris berdasarkan tren penjualan.

 

Kesimpulan

Distribusi adalah proses penting yang berkaitan dengan manajemen inventaris hingga proses penjualan. Proses distribusi dapat meningkatkan revenue dan kepuasan pelanggan bila dikelola dengan baik menggunakan software distribusi.

Software yang dipilih pun tidak boleh sembarangan. Diperlukan perangkat lunak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan memahami pasar di Indonesia.

Untuk itu, pastikan Anda memilih software distributor yang sesuai dengan keadaan bisnis Anda. Ini agar penggunaan software tersebut bisa tepat guna.

 

Software ERP

 

Salah satu software distribusi Indonesia yang bisa jadi pilihan adalah RedERP.

Sebagai software distribusi perusahaan RedERP tidak hanya bermanfaat mengelola proses distribusi menjadi lebih baik, tapi juga memahami kebutuhan bisnis dan dapat membantu Anda memetakan peluang sehingga dapat meraup keuntungan yang tinggi. Nikmati sekarang juga manfaat software  RedERP!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami