Sebelum mencapai kesepakatan, para pelaku bisnis dan pembeli biasanya menegosiasikan berbagai persyaratan, seperti harga jual, diskon, dan jadwal pengiriman. Setelah negosiasi selesai, maka penjual akan mengirimkan draf awal pada pembeli yang isinya adalah hasil negosiasi yang telah disepakati. Draf inilah yang disebut sebagai proforma invoice.
Proforma invoice adalah draf perjanjian yang sifatnya tentatif. Selanjutnya, proforma invoice akan ditindaklanjuti dan digantikan dengan dokumen resmi. Penjelasan lebih rinci mengenai pengertian hingga fungsi proforma invoice akan dijabarkan dalam artikel RedERP berikut ini. Yuk, kita simak bersama!
Apa yang Dimaksud Proforma Invoice?
Proforma Invoice adalah istilah yang berasal dari bahasa latin, yaitu “pro forma” yang berarti dokumen sementara. Proforma invoice merupakan faktur awal yang dikirim kepada pembeli untuk mengkonfirmasi penjualan yang telah disepakati. Biasanya, proforma invoice mencakup barang atau jasa yang dibeli, harga, informasi pengiriman, hingga jadwal pengiriman.
Pembeli akan mengkonfirmasi penjualan setelah meninjau proforma invoice dan apabila disetujui oleh pembeli, penjual akan mulai memproduksi barang atau menyediakan layanan sesuai dengan kesepakatan.
Banyak orang masih sulit membedakan antara proforma invoice dengan invoice biasa. Berikut adalah fungsi dan unsur yang ada dalam proforma invoice.
Baca juga: Kenali Apa Itu Faktur Penjualan Pengertian dan Cara Membuatnya
Fungsi Proforma Invoice
Proforma invoice memiliki berbagai fungsi, yaitu:
1. Untuk Menginformasikan Harga
Fungsi pertama dari proforma invoice adalah menginformasikan besaran harga atau biaya yang harus dibayar oleh pembeli.
2. Untuk Memperkirakan Jumlah Produk
Fungsi kedua dari proforma invoice adalah menginformasikan pada penjual terkait jumlah produk yang dipesan oleh pembeli.
3. Untuk Memverifikasi Produk yang Dipesan
Dengan menerbitkan proforma invoice, pembeli dapat memverifikasi kesesuaian harga dan jumlah produk yang dipesan.
4. Untuk Dokumen Pendukung
Proforma invoice nantinya bisa digunakan sebagai dokumen pendukung dan pengingat jumlah barang apabila barang ingin dijual kembali.
5. Untuk Jaminan
Apabila terjadi kesalahan dalam aktivitas perdagangan penjual maupun pembeli, proforma invoice dapat berfungsi sebagai jaminan atau bukti yang membantu mengidentifikasi rincian barang yang telah disepakati.
Berdasarkan fungsi yang telah disebutkan di atas, Anda dapat mengetahui bahwa proforma invoice berbeda dari invoice biasa atau sales invoice. Adapun perbedaan secara rinci yang dirangkum dalam tabel berikut ini.
Perbandingan | Proforma Invoice | Sales Invoice |
Fungsi | Menginformasikan pembeli terkait ekspektasi penjualan yang akan dinegosiasikan | Menagih pembayaran pada pembeli |
Penggunaan | Sebelum konfirmasi penjualan | Setelah mengirim barang maupun jasa |
Legalitas | Tidak ada tanggung jawab legal, hanya sebagai bentuk itikad baik | Setelah penjualan, dokumen bertindak sebagai catatan legal dari transaksi |
Akuntansi | Tidak dapat digunakan dalam proses akuntansi | Dapat digunakan dalam proses akuntansi |
Baca juga: Pahami Pengertian Sales Order dan Perbedaannya dengan Purchase Order
Kapan Proforma Invoice Digunakan?
Karena bentuknya yang berbeda dari invoice biasa, biasanya proforma invoice digunakan dalam situasi dan untuk syarat tertentu. Berikut adalah beberapa situasi yang menuntut penggunaan proforma invoice.
1. Ketika Ingin Menjamin Aktivitas Perdagangan
Ketika bentuk transaksinya adalah titipan dari pembeli dan penjual nantinya akan memproduksi barang ataupun layanan setelah kesepakatan tercapai, maka perlu diterbitkan proforma invoice yang dapat menjamin dan membuktikan aktivitas perdagangan.
2. Pembayaran Lebih Awal
Proforma invoice juga dapat diterbitkan apabila penjual meminta pembayaran lebih awal pada pembeli. Pada saat seperti itu, proforma invoice digunakan agar pembeli dapat memastikan bahwa mereka sedang berurusan dengan pembeli yang telah membayar.
Berdasarkan penggunaannya di atas, Anda kini memahami bahwa penerbitan proforma invoice bermanfaat untuk menghindari kecurangan yang dilakukan oleh penjual maupun pembeli. Dengan menunjukkan proforma invoice, Anda dapat membuktikan bahwa aktivitas perdagangan yang disepakati masih berlanjut.
Unsur-unsur yang Ada dalam Proforma Invoice
Dalam pembuatan proforma invoice, Anda perlu memerhatikan beberapa unsur yang perlu dicantumkan di dalamnya, yaitu:
- Identitas penjual
- Tanggal diterbitkannya faktur proforma
- Nama dan informasi produk atau layanan yang dibeli
- Harga produk atau layanan yang dibeli
- Tarif pajak
- Total harga pembelian beserta pajak
- Rincian pembayaran
- Tanggal pengiriman yang telah disepakati
- Informasi penjualan dan pemasaran
Dan masih banyak lagi informasi lain seputar transaksi yang bisa dicantumkan.
Setelah membaca penjelasan di atas, Anda kini memahami bahwa ada banyak dokumen yang mendukung proses penjualan perusahaan. Dengan cara manual, Anda akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membuat tiap dokumen. Sekarang, Anda bisa menggunakan teknologi RedERP yang dapat mengotomatisasi pembuatan dokumen terkait penjualan.
Dengan Modul Point of Sale (POS) dari aplikasi RedERP, Anda dapat mengatur manajemen penjualan agar dapat lebih efektif dan seluruh transaksi dapat dipantau secara real-time. Adapun beberapa fitur POS RedERP beserta fungsinya adalah sebagai berikut:
- Digital Billing System berguna untuk mencetak segala invoice maupun struk transaksi secara otomatis.
- System Integration yang bermanfaat agar data inventaris barang yang keluar serta transaksi yang masuk bisa terintegrasi, sistematis, dan komprehensif.
- Laporan & Analisa adalah fitur yang digunakan untuk membuat laporan finansial terkait transaksi dan penjualan secara otomatis.
Dengan fitur di atas, Anda bisa mengelola segala transaksi dengan cepat dan mudah. Penggunaan software RedERP juga dapat meminimalisir human error serta mencegah terjadinya fraud.
Selain itu, ada banyak fitur lain yang dapat Anda nikmati dalam aplikasi RedERP. Seluruh modul telah terintegrasi dan dapat bermanfaat untuk segala proses bisnis perusahaan Anda.
Gunakan RedERP sekarang demi kemudahan transaksi dan penjualan bisnis Anda!