7 Langkah Tepat dalam Memilih Sistem ERP

7 Langkah Tepat dalam Memilih Sistem ERP

Para pemimpin bisnis yang sukses hari ini tentunya mengakui arti pentingnya ERP (Enterprise Resource Planning) yang tepat. Sistem ERP dapat membantu mengatur, mengotomatisasi, dan mengubah cara Anda melakukan bisnis.

Semakin majunya perkembangan teknologi dewasa ini, sudah banyak sekali perusahaan / badan usaha yang menggunakan  (Enterprise Resource Planning) dalam menjalakan proses bisnisnya. Software ERP menawarkan kemudahan, serta data yang terintegrasi antara satu dengan lainnya, sehingga Anda tidak perlu lagi membuka halaman berkali-kali hanya untuk merubah data.

Selain dapat menekan resiko human error, Software ERP juga lebih praktis, lebih efisien dalam penggunaan SDM, serta dapat menunjang produktivitas perusahaan. Namun, dalam memilih Software ERP yang tepat dan sesuai dengan perusahaan Anda bukanlah perkara yang mudah.Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih Software ERP karena dapat mempengaruhi kinerja perusahaan.

Jadi langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk menemukan software ERP yang tepat untuk bisnis Anda?

 

7 Langkah Tepat dalam Memilih Sistem ERP 

Di bawah ini adalah 7 langkah tepat dalam memilih software ERP, antara lain:

 

1. Melakukan Tinjauan dan Analisis Proses

Karena pentingnya software ERP dalam pengelolaan sebuah bisnis, Anda harus terlebih dahulu melakukan tinjauan dan analisis dengan cara mendefinisikan dan mendokumentasikan proses bisnis Anda mulai dari poin-poin kekurangan, dan kekuatan dari bisnis yang sedang dijalankan.

Analisis tersebut juga harus disertai proses seperti apa yang akan terjadi pada bisnis Anda di masa depan dan persyaratan bisnis yang lain. Proses dan persyaratan ini akhirnya harus dapat digunakan oleh vendor perangkat lunak potensial untuk menunjukkan kemampuan produk mereka dalam konteks kebutuhan bisnis Anda.

 

2. Pilih Developer yang Berpengalaman

Pilihlah developer yang berpengalaman. Memang developer yang berpengalaman seperti ini akan memberikan harga produk yang cukup tinggi, tapi itu sepadan untuk keuntungan yang ditawarkan. Hal ini melalui website developer tersebut atau melihat testimoni pelanggan. Cobalah untuk mencari review sistemnya melalui internet. Biasanya akan ada banyak user yang sudah menggunakan sebelumnya dan menyampaikan kesan dan kritik.

 

3. Tanyakan Soal Fitur-Fitur yang Ada Pada Aplikasi ERP

Jangan sungkan bertanya, terutama untuk menyesuaikan dengan proses bisnis dalam perusahaan. Perlu diperhatikan, semakin sistem ERP itu sesuai dengan perusahaan, semakin sedikit waktu yang digunakan untuk proses trial and error. Tentunya hal ini dapat menghemat waktu dan sesegera mungkin dapat diterapkan pada bisnis Anda. Jangan salah pilih Sistem ERP, Cari yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

 

4. Pertimbangkan Anggaran (Total Biaya Kepemilikan)

Pastikan Anda memahami total biaya kepemilikan dan perhatikan semua biaya tersembunyi (biaya penerapan, peningkatan hardware, penimbunan kembali sumber daya tim proyek Anda, pemeliharaan software) sebelum mendapatkan perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan untuk organisasi Anda.

Bandingkan kisaran harga vendor ERP yang berbeda, dan pertimbangkan pengembalian investasi dari paket software yang berbeda.Walaupun tidak diragukan lagi bahwa software ERP yang tepat akan menjadi aset seumur hidup, pastikan untuk tetap mempertimbangkannya.

 

5. Pertimbangkan Reputasi Vendor dan ReviewKlien

Memilih software ERP merupakan kemitraan jangka panjang dan berkelanjutan. Sangat penting bagi bisnis Anda mendapatkan vendor yang handal, kredibel, dan sangat baik yang memahami kebutuhan bisnis Anda.

Pastikan melakukan tinjauan umpan balik dan pemeriksaan latar belakang pada vendor software ERP, dan menganalisis keberhasilan penawaran produk terbaru mereka di pasaran. Review klien yang baik dan umpan balik positif adalah tanda dari vendor yang berpengalaman ini meningkatkan kemungkinan transisi yang lancar dari integrasi perangkat lunak ERP dalam lingkungan kerja Anda.

 

6. Request Demo untuk Memastikan Kecocokan dengan Kebutuhan Perusahaan

Mintalah demo gratis pada developer sebelum memutuskan untuk membeli, khususnya untuk developer baru. Anda bisa mencoba software ERP untuk dipilih mana yang paling cocok dengan kegiatan bisnis. Kelebihan lainnya, Anda dapat melihat apakah sistem ERP yang ditawarkan dapat memberikan kemudahan dan kelebihan seperti yang ditawarkan.

 

7. Aksesibilitas dan Mobilitas Lengkap

Pastikan memilih software ERP yang mudah diakses dan ramah pengguna, sehingga seluruh populasi karyawan Anda dapat dengan mudah mengadaptasinya. Aplikasi ERP yang terbatas pada desktop bersifat sangat terbatas, dan saat ini banyak software perencanaan sumber daya Enterprise yang canggih dapat digunakan pada ponsel, tablet, dan laptop.

Hal ini memastikan staf Anda dapat mengakses data penting saat bepergian, dan meningkatkan tingkat fleksibilitas operasional. Aplikasi ERP yang mobile-friendly juga dapat diakses di seluruh wilayah Indonesia sehingga memastikan bahwa anggota staf Anda dapat berhubungan dengan tugas-tugas kerja bahkan jika mereka berada di luar kantor.

 

Dengan mengikuti tujuh langkah di atas, akan lebih memudahkan Anda menjadi salah satu pemilik bisnis yang sukses dengan memanfaatkan software ERP dalam setiap kegiatan bisnis Anda.

 

Apakah Anda masih bingung dalam memutuskan software ERP yang tepat?

RedERP Software, solusi tepat untuk sistem ERP Anda. Aplikasi RedERP memberikan kemudahan untuk mengelola kegiatan operasional bisnis secara otomatis, terintegrasi, mulai dari sales, marketing produksi, hingga finance dan accounting.

Sebagai salah satu Software ERP berbasis web di Indonesia, RedERP memiliki beberapa keunggulan yaitu cepat, mudah digunakan, fleksibel, akurat, hemat, dan terintegrasi.

Coba Software RedERP sekarang juga !

Add a Comment

Your email address will not be published.

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or call me +62812 111 42575

× How can I help you?