Table of Contents
Table of Contents

6 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Vendor ERP

vendor erp

Vendor ERP adalah penyedia layanan jasa software ERP (Enterprise Resource Planning) yang digunakan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan optimalisasi sejumlah operasi bisnis. 

Di Indonesia sendiri terdapat sejumlah vendor ERP yang sudah cukup terkenal di mata perusahaan saat ini. Contoh vendor ERP di Indonesia yaitu RedERP, Deskera ERP, ERP Zoho, Brightpearl ERP, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang masih kebingungan dalam mencari vendor ERP terpercaya dan berpengalaman, berikut ulasan mengenai pertimbangan dalam memilih vendor ERP secara tepat beserta uraian fitur-fitur yang harus tersedia dalam sebuah software ERP.

Simak dan pahami secara cermat penjelasan yang disampaikan pada artikel RedERP berikut ini, ya!

 

 

Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Vendor ERP 

Setelah mengetahui fitur-fitur yang perlu tersedia pada sebuah software ERP, selanjutnya Anda perlu memahami langkah-langkah dalam memilih vendor ERP Indonesia yang tepat dan berpengalaman. 

Hal ini agar perusahaan Anda mampu mendapatkan manfaat yang maksimal melalui penggunaan software ERP. Adapun langkah-langkah yang harus Anda perhatikan ketika memilih vendor ERP di antaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Pahami Kebutuhan Perusahaan Anda

Setiap bisnis pasti memiliki kebutuhan masing-masing, hal inilah yang wajib menjadi perhatian bagi Anda ketika tengah memilih vendor ERP. Jangan sampai perusahaan Anda justru memilih penyedia software ERP yang tidak tepat, sehingga hanya menambah pengeluaran anggaran  bisnis saja. 

Untuk mampu mengetahui kebutuhan bisnis perusahaan secara keseluruhan, Anda dapat berdiskusi dengan setiap divisi maupun pimpinan perusahaan.

Dengan begitu, pengimplementasian software ERP perusahaan Anda dapat selaras dengan target bisnis atau kebutuhan yang telah ditentukan sebelumnya.

Pastikan bahwa setiap tantangan atau hambatan yang ada dalam seluruh operasi bisnis perusahaan Anda, mampu diatasi secara tuntas oleh sebuah software ERP.

 

  1. Ketahui Anggaran Perusahaan Anda

Langkah selanjutnya adalah mengetahui anggaran yang dimiliki perusahaan sekaligus menyesuaikannya dengan biaya yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan sebuah software ERP ke dalam bisnis perusahaan Anda.

Lakukanlah penilaian, apakah jumlah biaya yang harus dikeluarkan sesuai dengan kualitas serta kelengkapan fitur yang dimiliki oleh suatu software ERP atau tidak?

 

  1. Cek Kelengkapan Fitur yang Tersedia pada Setiap Vendor

Langkah berikutnya adalah mengecek kelengkapan fitur yang ditawarkan oleh masing-masing vendor ERP. Vendor ERP yang menawarkan fitur lengkap tentunya lengkap menjanjikan bagi perusahaan.

Ini karena software ERP dengan fitur lengkap memiliki peran yang lebih kompleks dan tentunya cenderung menguntungkan bagi perusahaan.

Sebab, semakin banyak fitur yang disediakan, artinya semakin luas juga cakupan sebuah software ERP dalam menunjang operasi bisnis sebuah perusahaan.

 

  1. Pertimbangkan Reputasi dan Tingkat Pengalaman Setiap Vendor

Kredibilitas dan profesionalitas suatu vendor ERP adalah dua hal yang tidak boleh terlewatkan dari penilaian Anda. Alasannya karena kedua hal tersebut dapat memengaruhi kualitas software ERP yang akan Anda gunakan ke depannya.

Vendor ERP yang profesional, kredibel, dan berpengalaman tentu menyediakan software ERP termutakhir serta mampu diandalkan.

Anda bisa menilai dan membandingkan lebih dari dua vendor ERP secara bersamaan, sebelum memutuskan untuk mulai mengimplementasikan sebuah software ERP ke dalam bisnis perusahaan.

 

Baca Juga: 7 Langkah Tepat dalam Memilih Sistem ERP

 

  1. Mengajukan Demo Penggunaan

Langkah ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana kinerja ataupun efektivitas sebuah software ERP. Cara ini sangat direkomendasikan, terutama jika Anda merupakan pebisnis baru yang masih cukup awam dengan software ERP. 

Cara ini juga memudahkan Anda untuk mencocokkan software ERP mana saja yang sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

 

  1. Amati Review atau Feedback dari Pengguna Sebelumnya

Langkah terakhir, cobalah untuk mengamati review atau feedback yang dilayangkan oleh para pengguna vendor ERP sebelumnya. Dengan cara ini, Anda dapat menilai apakah suatu vendor ERP dapat dikatakan kredibel, profesional, dan berpengalaman.

 

Baca Juga: Vendor Managed Inventory (VMI): Pengertian hingga Tips Menerapkannya

 

Fitur yang Wajib Tersedia dalam Software ERP 

Sebelum memilih vendor ERP Indonesia, Anda perlu mengetahui dan memahami terlebih dahulu fitur-fitur penting yang pada dasarnya harus disediakan sebuah software ERP. 

Setidaknya terdapat 10 fitur penting yang wajib tersedia dalam software ERP Software ERP Terbaik. Berikut penjelasan mengenai kesepuluh fitur tersebut. 

 

  1. Integrasi 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat membagikan data atau informasi bisnis antaraplikasi guna menciptakan proses operasi bisnis yang lebih efisien dan efektif. 

Integrasi merupakan fitur signifikan yang wajib dimiliki oleh sebuah software ERP. Sebab, fitur ini tidak hanya memudahkan akses data dengan aplikasi ketiga saja. Namun, juga memungkinkan aktivitas transfer atau akses data antarsesama divisi dalam sebuah perusahaan.

 

  1. Analisis Data

Fitur ini memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas analisis data atas suatu operasi bisnis tertentu, misalnya laporan keuangan, penjualan atau pemasaran, dan lain sebagainya. 

Fitur ini juga mampu meningkatkan kualitas analisis bisnis yang dilakukan perusahaan. Alhasil, perencanaan maupun perencanaan bisnis perusahaan dapat jauh lebih terukur dan tepat sasaran.

Hal tersebut tentunya mampu meningkatkan peluang bertumbuhnya profitabilitas bisnis perusahaan pada periode tertentu.

 

  1. Pelaporan

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat menyusun laporan operasi bisnis tertentu secara komprehensif dan akurat. Dengan begitu, para pemangku kepentingan perusahaan mampu membuat keputusan bisnis secara tepat dan memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis perusahaan. 

Adapun visualisasi laporan yang ditampilkan oleh software ERP dapat bervariasi bisa berupa bagan, grafik, hingga dasbor.

Fitur ini sangat dibutuhkan bagi perusahaan terutama untuk menunjang pengelolaan aspek keuangan, persediaan barang di gudang, aset, dan penjualan atau pemasaran bisnis.

 

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Stok Barang dengan Mudah

 

  1. Pelacakan & Visibilitas

Sesuai dengan namanya, fitur ini memberikan kemampuan bagi perusahaan untuk melacak operasi bisnis yang tengah berlangsung secara real-time. Fitur ini mampu meningkatkan visibilitas operasi bisnis sebuah perusahaan.

Alhasil, pengguna dapat melakukan tindakan perbaikan sedini mungkin apabila terjadi kesalahan atau hal-hal merugikan lainnya di tengah berjalannya suatu operasi bisnis perusahaan. 

 

  1. Akuntansi & Manajemen Keuangan

Fitur ini membantu perusahaan dalam mengembangkan kualitas pengelolaan keuangan ataupun aktivitas harian bisnisnya secara berkelanjutan. Dengan begitu, kondisi kesehatan keuangan perusahaan mampu terjaga secara berkelanjutan.

 

  1. Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)

Fitur CRM atau Customers Relationship Management menggaet perusahaan untuk memperluas pandangan bisnisnya terhadap pelanggan. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk membangun kualitas hubungan dengan pelanggan, baik yang masih tergolong baru atau lama.

Fitur ini memiliki modul yang memudahkan perusahaan dalam membangun hubungannya dengan pelanggan seperti pengiriman e-mail promosi, penyederhanaan dukungan pelanggan, dan lainnya.

 

  1. Penjualan dan Pemasaran

Secara tidak langsung, fitur penjualan dan pemasaran yang ada dalam software ERP mampu memberikan keuntungan tersendiri bagi tim sales perusahaan. Sebab, fitur ini mampu meningkatkan peluang kesuksesan aktivitas penjualan atau pemasaran bisnis perusahaan.

Kemampuan tersebut mencakup bertumbuhnya lebih banyak prospek, pelaksanaan kampanye secara cepat dan tepat, hingga pelacakan aktivitas pelanggan melalui siklus penjualan.

Fitur ini juga bisa mempererat hubungan tim sales dengan pelanggan, sehingga mampu mendorong persentase kesuksesan marketing perusahaan.

 

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Fitur ini mencakup optimalisasi pengelolaan aspek manajemen sumber daya manusia sebuah perusahaan meliputi penggajian, absensi, pemotongan pajak dan tunjangan, rekrutmen, Learning Management System, dan masih banyak lagi.

 

  1. Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management)

Manajemen rantai pasokan merupakan hal krusial yang harus dijaga kesinambungannya. Dengan software ERP, perusahaan mampu menjaga stabilitas manajemen rantai pasokan bisnisnya secara maksimal dan praktis.

Alasannya karena software ERP menawarkan kemampuan bagi penggunanya untuk mengontrol, serta mengelola setiap aspek yang ada dalam rantai pasokan bisnisnya secara penuh. Di mana meliputi manajemen pengadaan barang, produksi, distribusi, hingga analisis bisnis perusahaan.

 

  1. Manufaktur

Fitur terakhir yang wajib tersedia dalam sebuah software ERP adalah manufacture feature. Lewat penggunaan fitur ini, perusahaan mampu menciptakan efisiensi dan optimalisasi dalam proses produksi produk atau layanan jasa bisnisnya. 

Adapun kemampuan yang dimiliki fitur ini adalah manajemen perakitan, bill of material, pelacakan produksi, penjadwalan produksi, manajemen kualitas produk, dan lainnya.

 

RedERP Vendor ERP Indonesia dengan Modul Lengkap dan Solutif

Software ERP
Software ERP

 

Berbicara tentang kelengkapan modul maupun fitur yang ditawarkan sederet vendor ERP Indonesia, RedERP bisa dibilang merupakan vendor ERP yang menyediakan fitur maupun modul terlengkap dan termutakhir sejauh ini. 

Perancangan software ERP dari RedERP sendiri berorientasi pada sistem terintegrasi, terotomatisasi, dan dengan tampilan interface yang bersifat user friendly. Sehingga, baik dari segi proses pengoperasian hingga output yang dihasilkan dapat menjadi lebih praktis dan optimal.

Terlepas dari aspek dasar menjanjikan di atas, software ERP rancangan RedERP juga sudah dilengkapi oleh 8 modul utama. Di mana kedelapan modul tersebut mampu menunjang, merampingkan, dan bahkan sekaligus memaksimalkan beragam operasi bisnis perusahaan.

Ini mencakup aktivitas pengadaan bahan baku, manajemen distribusi serta inventori, pengelolaan keuangan perusahaan, manufaktur, manajemen aset, manajemen proyek, POS (Point of Sale), hingga manajemen CRM (Customer Relationship Management).

Lebih detil, kedelapan modul tersebut di antaranya Finance and Accounting, Inventory and Distribution, Procurement Management, Manufacture & Production, Asset Management, Project Management, POS & Integration, dan Sales & Customer Management

Software ERP RedERP bisa Anda dapatkan dengan menghubungi layanan call center yang tertera pada laman utama website kami. Bekerja sama dengan kami mulai hari ini, untuk masa depan operasi bisnis perusahaan yang jauh lebih modern, efisien, dan efektif!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami