Table of Contents
Table of Contents

9 Rekomendasi Aplikasi Penjualan Terbaik, Ketahui Ragam Manfaatnya 

aplikasi penjualan

Salah satu teknologi yang sudah harus Anda adopsi adalah aplikasi penjualan atau juga disebut dengan aplikasi Point of Sale (POS). Perangkat ini sangat membantu untuk bisnis retail dan F&B dalam hal mencatat transaksi yang terjadi.

Saat ini, bahkan pilihan aplikasi dalam bidang penjualan sudah semakin banyak bentuk dan fiturnya. Mulai dari yang sekadar mencatat transaksi sampai juga bisa terintegrasi dengan sistem lainnya.

Jika Anda tidak ingin bingung dalam memilih software penjualan, mari simak artikel RedERP di bawah ini yang akan memberikan rekomendasi lengkapnya untuk Anda!

 

 

Apa Itu Aplikasi Penjualan? 

Aplikasi penjualan adalah sebuah platform yang digunakan untuk mempermudah proses transaksi jual-beli sehingga prosesnya lebih cepat dan tepat. 

Dengan aplikasi penjualan, perusahaan mendapatkan banyak manfaat, seperti mengatur alur kerja dengan baik dan tentunya dapat membuat tim penjual melakukan pekerjaannya dengan fleksibel. Biasanya, aplikasi ini akan dikombinasikan dengan sistem ERP.

Aplikasi penjualan barang memungkinkan seluruh proses jual-beli dapat terekam secara otomatis dalam sebuah aplikasi.

Tim penjual akan dengan mudah memantau hasil dan juga stock barang melalui aplikasi. Maka dari itu, dengan menggunakan aplikasi ini sebuah perusahaan akan lebih mudah mencapai goals yang sudah ditentukan.

 

Manfaat Aplikasi Penjualan 

Implementasi aplikasi penjualan dalam bisnis tentu saja akan mendatangkan banyak manfaat. Manfaat tersebut mulai dari waktu maupun juga biaya yang mampu dihemat. 

Di bawah ini adalah beberapa manfaat penggunaan aplikasi penjualan barang yang tepat di tangan yang tepat. 

 

1. Membuat Komunikasi yang Lebih Baik

Software penjualan memungkinkan seluruh transaksi yang terjadi tercatat secara akurat. Hal ini tentu mendukung komunikasi yang lebih lancar antara tim yang ada di perusahaan.

Aplikasi ini akan membantu setiap anggota tim untuk terhubung dengan data yang sama secara real time, sehingga tidak ada lagi salah persepsi.

 

2. Menyederhanakan Alur Kerja

Penggunaan aplikasi penjualan akan membantu proses penjualan lebih sederhana. Hasilnya, proses penjualan lebih hemat waktu, menyederhanakan alur kerja harian, dan mampu mengakses data terbaru di mana pun saat dibutuhkan.

Dengan begitu, sisa waktu yang dimiliki dapat digunakan untuk fokus kepada strategi untuk meningkatkan penjualan.

 

3. Meminimalisir Kesalahan

Aplikasi untuk penjualan dirancang untuk dapat menyimpan dan mengatur data penting perusahaan. Bahkan beberapa aplikasi menyediakan bantuan untuk, penjadwalan, pembayaran, pembuatan faktur, dan beberapa tugas administratif lainnya.

Karena data tersimpan dengan aman dan dapat diakses dengan aman di mana pun, hal ini akan meminimalisir tim Anda untuk melakukan kesalahan yang merugikan dan membuang-buang waktu.

 

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Setiap bisnis, baik itu B2C atau B2B, perlu meningkatkan kepuasan pelanggan mereka.

Aplikasi POS memungkinkan hal ini karena aplikasi ini mampu mencatat seluruh transaksi yang dilakukan pelanggan.

Catatan transaksi ini menyediakan informasi yang berharga bagi tim marketing untuk mengembangkan strategi yang sesuai dengan preferensi pribadi pelanggan. 

 

Rekomendasi Aplikasi Penjualan 

Ada banyak sekali software penjualan yang memiliki keunggulannya masing-masing.

Berikut rekomendasi aplikasi penjualan online yang dapat digunakan untuk pebisnis awal, di antaranya:

 

1. ConnectPOS

aplikasi penjualan connectpos
Sumber: softwaresuggest.com

 

Aplikasi ConnectPOS adalah aplikasi penjualan enterprise yang mampu melayani kebutuhan bisnis retail global.

ConnectPOS memiliki harga yang terjangkau dengan fitur-fitur yang mampu diandalkan.

ConnectPOS memiliki fitur yang mampu mendukung penjualan omnichannel, sehingga memungkinkan pelanggan untuk bertransaksi secara online dan mengambil dari toko.

Sehingga, pengalaman berbelanja di berbagai saluran baik online dan offline pun bisa menjadi lancar.

 

2. Octopus Solution

octopus pos
Source: octopuspos.com

 

Berikutnya ada Octopus yang menawarkan fitur lengkap dan mudah. Aplikasi ini juga cocok untuk bisnis retail skala kecil dan menengah seperti toko elektronik, komputer, pakaian, obat, dan beberapa jenis toko ritel lainnya.

Dengan aplikasi ini, pembayaran transaksi bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.

Sistem ini juga mendukung pengelolaan inventaris, dan laporan akurat terkait penjualan Anda.

 

Baca Juga: Daftar Aplikasi Kasir Online untuk Semua Ukuran Bisnis

 

3. Vend

software penjualan vend
Sumber: Vendhq.com

 

Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda pengguna iPad dan dapat digunakan untuk mengelola persediaan, penjualan, dan pelanggan pada bisnis retail.

Vend juga sangat fleksibel dan dapat disesuaikan untuk memudahkan Anda dalam melakukan entry data.

Tidak hanya dapat digunakan saat online, Vend juga beroperasi secara offline.

 

4. Square Register

Aplikasi ini tersedia gratis dan dapat diterapkan dengan mudah. Dengan Square Register, Anda dapat melakukan pembayaran dengan perangkat Android atau iOS.

Sistem juga bisa melakukan pembayaran melalui kartu kredit maupun debit. Beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi ini adalah pengelolaan barang, penjualan, dan pelacakan stok barang secara real time.

Square Register juga dapat menghasilkan laporan penjualan, melakukan pengelolaan stok barang, dan menyimpan invoice secara digital.

 

5. True POS

aplikasi penjuaalan truepos
Sumber: Chrome Webstore

 

Software penjualan asal India ini memiliki tersedia dalam versi gratis yang cocok untuk UMK dan versi berbayar.

Untuk versi gratis, Anda hanya bisa terhubung dengan satu device dan hanya mampu untuk melakukan transaksi kurang dari 100 setiap bulannya.

Untuk versi berbayar, tentu lebih banyak fitur yang ditawarkan karena memang ditargetkan untuk ritel enterprise.

Ketika menggunakan TruePOS berbayar, Anda akan mendapatkan sebuah sistem yang sudah terintegrasi dan bisa digunakan di beberapa device baik PC, maupun mobile.

 

6. Omega POS

Aplikasi Omega POS ini memiliki keunggulan untuk membantu Anda dalam memanajemen stok toko.

Selain itu, Omega POS juga mampu menganalisis karakter konsumen berdasarkan pesanan yang dibelinya, aplikasi ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan dengan memaksimalkan penggunaan analisis data.

Di dalam aplikasi ini Anda akan dimanjakan dengan beberapa fitur seperti manajemen stok barang, manajemen pelanggan, sistem inventori, sistem multi toko, sampai dengan e-voucher.

 

7. EQUIP POS

software penjualan equip pos
Sumber: Equiperp.com

 

Aplikasi penjualan online ini adalah aplikasi yang populer di Singapura. EQUIP menawarkan aplikasi lengkap namun tetap praktis untuk mendukung berbagai ukuran bisnis baik kecil sampai level enterprise.

EQUIP juga sudah berbasis cloud sehingga Anda bisa mengaksesnya di mana saja selama terhubung dengan internet.

Interface aplikasi ini juga sangat modern dan user friendly sehingga mudah dioperasikan.

 

8. POS Ireap Lite

Ini adalah salah satu aplikasi penjualan gratis yang bisa Anda download di Play Store. Fitur yang ditawarkan POS Ireap Lite cukup beragam.

Fiturnya mulai dari fitur pengembalian barang jika terjadi retur, pengkategorian barang, sampai dengan pencatatan jumlah barang.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan manajemen stok barang masuk dan keluar.

 

9. RedERP

"<yoastmark

 

Rekomendasi software penjualan terakhir adalah Aplikasi POS RedERP. Sebagai aplikasi penjualan, RedERP didukung dengan berbagai fitur unggul dan sudah berbasis cloud.

Dengan aplikasi POS dari RedERP, Anda tidak lagi perlu pusing memikirkan billing, karena sudah ada fitur Digital Billing System yang mampu mencetak invoice atau struk secara otomatis sesuai dengan nominal transaksi.

Aplikasi ini juga didukung dengan sistem integrasi dengan CRM dan inventaris Anda. Sehingga setiap transaksi yang terjadi maka jumlah stok barang akan berkurung secara otomatis, lalu pelanggan pun bisa dijadikan basis data pelanggan.

Terdapat juga fitur laporan dan analisis yang bisa Anda gunakan sebagai insight berharga.

Aplikasi RedERP juga didukung dengan pelayanan after sale yang prima, di mana Anda akan mendapatkan pembaruan fitur dan fungsi secara berkala. Tim RedERP pun bisa diandalkan saat terjadi kendala.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang keunggulan aplikasi RedERP, Anda dapat mengajukan demo gratis.

Demikian ulasan mengenai topik kali ini. Semoga dapat memberikan manfaat dan kemudahan bagi Anda ke depannya!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami