Table of Contents
Table of Contents

Barang Ekonomi: Pengertian, Jenis, dan Perbedaannya dengan Barang Bebas

barang ekonomi

Barang ekonomi tidak pernah terlepas dari kehidupan sehari-hari manusia. Terlebih lagi, eksistensi barang ekonomi telah mencakup berbagai aspek kebutuhan hingga aktivitas manusia secara luas.

Bahkan, tanpa kita sadari, setiap benda maupun layanan jasa yang dilihat atau dimanfaatkan setiap hari di rumah maupun tempat umum lainnya ternyata tergolong sebagai barang ekonomi.

Lantas, apa itu barang ekonomi dan apa saja contohnya dalam kehidupan sehari-hari?

Simak ulasan lengkapnya pada artikel RedERP di bawah ini!

 

Apa itu Barang Ekonomi?

Barang ekonomi adalah segala bentuk benda berwujud dengan jumlah unit terbatas yang memiliki kemampuan dalam memenuhi maupun memuaskan kebutuhan manusia banyak.

Tingkatan pengorbanan demi memperoleh sebuah barang ekonomi tergantung pada jenis barang yang ingin dibeli sebelumnya. Adapun kalimat “pengorbanan” merujuk pada total nominal uang yang perlu dikeluarkan, bahan produksi, waktu produksi, tenaga produksi, dan lain sebagainya.

Umumnya barang ekonomi dijajakan di toko atau pasar umum tertentu dengan jumlah yang cukup terbatas dan tidak sebanding dengan kuantitas permintaan masyarakat. Barang ekonomi bisa berasal dari hasil produksi atau pengolahan manusia atau bersumber dari alam bebas. 

 

Perbedaan Barang Ekonomi dengan Barang Bebas 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, barang ekonomi adalah barang yang memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan banyak manusia.

Sementara itu, barang bebas adalah barang yang dapat diperoleh manusia secara percuma tanpa memerlukan pengorbanan tertentu. Barang bebas memilih kuantitas yang lebih banyak dibandingkan barang ekonomi dan mampu melebihi kebutuhan manusia.

Barang bebas hanya diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan manusia saja dan bisa diperoleh dari alam langsung secara bebas. Contoh dari barang bebas adalah oksigen, angin, pasir, sinar matahari, dan air laut.

 

Jenis-jenis Barang Ekonomi 

Secara umum barang ekonomi diklasifikasikan menjadi 2, yaitu barang konsumsi dan barang modal. Berikut penjelasan mengenai keduanya.

 

Barang Konsumsi

Barang konsumsi merupakan barang ekonomi yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan ataupun keinginan konsumen. Contoh dari barang konsumsi ialah susu, pulpen, roti, perabot, sepatu, alat dapur, barang elektronik, dan masih banyak lagi.

Adapun barang konsumsi digolongkan lagi menjadi 2 jenis, yakni barang konsumsi sekali pakai dan barang konsumsi tidak tahan lama.

Berikut adalah penjelasan kedua barang konsumsi tersebut:

 

  • Barang Konsumsi Sekali Pakai

Barang konsumsi jenis ini tidak bisa dipakai secara berulang dan hanya berlaku dalam satu tindakan konsumsi saja. Begitu pula dengan layanan jasa, ia hanya bisa dimanfaatkan satu kali per penyewaan saja.

Contoh barang konsumsi sekali pakai di antaranya bahan makanan, rokok, korek api, dan bahan bakar. Sedangkan contoh dari layanan jasa sekali pakai adalah pengacara, dokter, aktor, hingga pelayan.

 

  • Barang Konsumsi Tahan Lama

Jenis barang ini juga merupakan barang yang hanya berlaku dalam satu kali pemakaian saja, namun memiliki durasi penggunaan cukup lama. Misalnya pakaian, sikat gigi, perangkat TV, pulpen, dan lainnya.

 

Baca Juga: Barang Substitusi Adalah: Pengertian, Jenis, hingga Contohnya

 

Barang Modal

Barang modal atau produsen berperan sebagai barang yang membantu proses produksi barang lainnya guna memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung.

Contoh benda yang termasuk sebagai barang modal antara lain mesin, tanaman, bahan baku pertanian atau perindustrian, gedung, pabrik, kendaraan, dan masih banyak lagi. 

Barang modal dikategorikan menjadi barang modal sekali pakai dan barang modal tahan lama. Berikut uraian penjelasan mengenai keduanya.

 

  • Barang Modal Sekali Pakai

Sesuai namanya, barang modal kategori ini hanya bisa dimanfaatkan satu kali penggunaan saja. Umumnya barang ini akan kehilangan wujud aslinya setelah digunakan untuk bahan produksi barang tertentu.

Contoh barang modal sekali pakai yaitu kapas mentah, batu bara, kertas, dan lain-lain.

 

  • Barang Modal Tahan Lama

Barang modal kategori tahan lama bisa dimanfaatkan berulang kali dalam periode penggunaan yang cukup lama. Benda-benda yang termasuk dalam kategori barang modal tahan lama di antaranya mesin, pabrik, perkakas, hingga traktor.

 

Baca Juga: Biaya Overhead Pabrik: Pengertian, Cara, dan Tahapan Menghitungnya

 

Contoh Barang Ekonomi 

Barang ekonomi secara tidak sadar sering ditemui dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Adapun contoh barang ekonomi di antaranya:

  • Rumah
  • Mobil
  • Handphone
  • Makanan & Minuman 
  • Pakaian
  • Televisi
  • Kulkas
  • Perabot
  • Emas
  • Jasa Dokter
  • Jasa Pengacara
  • Jasa Aktor

 

Baca Juga: Ketahui Alur Pengiriman Barang dari Produsen Hingga ke Tangan

 

Kesimpulan 

Dapat disimpulkan bahwa barang ekonomi adalah segala macam benda dengan jumlah terbatas yang berperan untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan orang banyak. Adapun jumlah barang ekonomi tidak sebanding dengan permintaan konsumen.

Barang ekonomi diperoleh melalui pengorbanan tertentu, tergantung dari jenis barang yang diinginkan atau dibutuhkan oleh konsumen.

Contoh dari barang ekonomi adalah makanan dan minuman, pakaian, tempat tinggal, layanan jasa kesehatan, hingga perabot rumah tangga.

Barang ekonomi dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu barang konsumsi dan barang modal. Di mana masing-masing jenisnya digolongkan kembali menjadi 2 kategori yang sama berdasarkan lama penggunaan atau pemanfaatannya, yakni sekali pakai dan tahan lama.

 

Sekian penjelasan tentang barang ekonomi beserta jenis-jenisnya. Semoga memperluas wawasan Anda terhadap dunia ekonomi!

 

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami