Table of Contents
Table of Contents

Barang Produksi: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

barang produksi

Barang produksi adalah benda atau produk yang dihasilkan oleh perusahaan atau produsen dengan tujuan untuk dijual atau dipergunakan sebagai bahan baku dalam proses produksi lainnya. 

Barang jenis ini sering juga disebut sebagai barang manufaktur dan merupakan barang yang tidak diperuntukkan bagi konsumen akhir, melainkan digunakan oleh produsen atau bisnis lain dalam proses sistem produksi mereka.

Dalam artikel RedERP ini, kita akan membahas secara rinci mengenai pengertian barang produksi, jenis-jenisnya, dan contohnya.

 

Pengertian Barang Produksi

Barang produksi adalah barang yang telah diproses dan dipergunakan sebagai bahan baku atau alat produksi. Bentuk dari barang ini bisa berupa bahan setengah jadi atau juga bahan jadi. 

Contoh barangnya antara lain mesin produksi, lahan, peralatan produksi, dan lain sebagainya. 

Jadi dapat kita simpulkan bahwa barang produksi adalah semua barang yang dipergunakan untuk memproduksi suatu barang untuk kemudian dijual kepada konsumen.

 

Ciri-Ciri Barang Produksi

Barang produksi ditandai dengan memiliki nilai guna yang dapat dikelompokkan ke dalam enam jenis, yaitu:

 

1. Element Utility

Ini merujuk pada manfaat dasar dari suatu barang, seperti contohnya kapas yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan kain.

 

2. Form Utility

Manfaat suatu barang dapat ditingkatkan dengan mengubah bentuknya. Contohnya, tepung gandum yang diolah menjadi roti akan memberikan manfaat yang lebih besar daripada ketela mentah.

 

3. Place Utility

Manfaat suatu barang dapat lebih terasa jika digunakan di tempat yang tepat. Misalnya, jaket lebih berguna saat digunakan di daerah yang dingin.

 

4. Ownership Utility

Barang akan lebih bermanfaat setelah dimiliki oleh orang yang membutuhkannya, seperti contohnya seorang gitaris yang membeli gitar.

 

5. Time Utility

Waktu dapat memengaruhi kegunaan suatu barang. Sebagai contohnya, payung lebih bermanfaat saat digunakan ketika hujan turun.

 

6. Service Utility

Jasa pelayanan juga dapat memengaruhi kegunaan suatu barang. Contohnya, program acara televisi akan memengaruhi kegunaan dari televisi itu sendiri.

 

Baca Juga: Apa Saja Tahapan dalam Produksi Massal?

 

Contoh Barang Produksi

Ada banyak sekali contoh barang produksi di sekitar kita, seperti berikut ini:

 

1. Blender

Blender adalah barang yang berguna untuk menghaluskan berbagai bahan makanan dan minuman, terutama pada pengusaha minuman yang menjual jus dan minuman lain yang memerlukan campuran es.

 

2. Mixer

Mixer adalah barang yang sangat dibutuhkan oleh produsen kue dan roti untuk mencampurkan semua bahan menjadi satu adonan yang bertekstur, sehingga dapat dibentuk sesuai dengan permintaan dan kreasi produsen.

 

3. Oven

Oven adalah barang manufaktur yang penting dalam dunia kuliner, terutama pada produsen kue dan roti serta restoran yang menyajikan menu western yang lebih banyak menggunakan teknik panggang daripada teknik goreng.

 

4. Mesin Tekstil

Mesin tekstil adalah barang manufaktur yang digunakan untuk membuat barang yang belum jadi menjadi barang yang berguna dan dapat dimanfaatkan oleh konsumen.

Serta digunakan untuk menjahit atau mengubah bahan tekstil menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan meningkatkan nilai ekonomi.

 

5. Alat Pemintal Kain

Alat pemintal kain digunakan untuk memintal kain, yang merupakan proses yang sangat penting dalam produksi kain.

 

6. Mesin Penghalus Beras

Mesin penghalus beras adalah barang  yang digunakan untuk memudahkan proses pemisahan antara bagian yang digunakan dan yang harus dibuang pada beras.

 

7. Kain

Kain adalah bahan baku penting dalam produksi pakaian dan memiliki peran penting dalam industri tekstil.

 

Buat Barang Produksi dengan Software Manufaktur RedERP

 

Software ERP
Software ERP

 

Barang produksi sangat menentukan seperti apa kualitas barang jadi yang akan diproduksi.

Maka dari itu, mengelolanya sebaik mungkin menjadi suatu keharusan. Pengelolaan di sini haruslah dilakukan dari hulu kehiliring dengan proses yang ramping.

Salah satu melakukannya dengan baik adalah memanfaatkan software manufacture. Dengan bantuan perangkat lunak ini, visibilitas dan operasional produksi dapat dilakukan lebih ramping.

Software Manufaktur RedERP membantu Anda dalam mendukung proses produksi yang lebih ramping sehingga meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi.

Dalam Software Manufaktur RedERP, Anda dapat membuat daftar material yang diperlukan untuk memproduksi barang, serta melakukan perencanaan produksi dan pengendalian persediaan bahan baku. 

Selain itu, Software Manufaktur RedERP juga dilengkapi dengan fitur manajemen kualitas yang dapat membantu Anda memastikan bahwa barang yang diproduksi memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

Dalam proses produksi, Software Manufaktur RedERP  akan memberikan informasi real-time tentang status produksi, baik itu persediaan bahan baku, produksi barang, maupun pengiriman barang.

Hal ini memudahkan Anda untuk memantau seluruh proses produksi dan membuat keputusan yang tepat.

Setelah barang selesai diproduksi, Software Manufaktur RedERP juga dapat membantu Anda mengelola proses pengiriman dan faktur.

Dengan menggunakan Software Manufaktur RedERP, Anda dapat mengoptimalkan proses produksi, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi biaya produksi.

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami