Table of Contents
Table of Contents

Budgetary Slack Adalah Kesenjangan Anggaran, Ini Cara Mencegahnya

budgetary slack adalah

Budgetary slack adalah kondisi penganggaran yang timpang, hal ini bisa memberikan kerugian cukup signifikan bagi perusahaan.

Kondisi ini bisa memengaruhi kualitas penganggaran atau bahkan hingga kinerja bisnis perusahaan di masa mendatang. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mengetahui dan memahami cara yang tepat dalam mengatasi kondisi budgetary slack.

Pada artikel kali ini RedERP akan membahas lebih jauh terkait budgetary slack pada ulasan di bawah ini!

 

Pengertian Budgetary Slack

Kesenjangan anggaran atau budgetary slack adalah kondisi di mana perusahaan mengalami ketidakjelasan atau ketidakpastian atas jumlah keuangan yang dihasilkan. Dengan kata lain, terjadi selisih antara jumlah sumber daya yang diperlukan secara efisien dan jumlah sumber daya yang lebih besar untuk menyelesaikan tugas.

Dengan kata lain, budgetary slack adalah hjumlah total finansial atau anggaran perusahaan yang ada dari tingginya perkiraan biaya atau rendahnya perkiraan revenue bisnis.

Hal ini sendiri cenderung menimbulkan dampak negatif bagi perusahaan. Walaupun begitu, situasi  kesenjangan anggaran tidak jarang juga mampu memberikan efek positif bagi perusahaan.

Sebagai contoh, jika seorang manajer profesional keuangan tidak yakin tentang masa depan ekonomi perusahaan, mereka mungkin akan melakukan perkiraan anggaran dengan lebih konservatif. Mengapa demikian? Ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya pengeluaran anggaran yang tidak mampu mencukupi bea pengeluaran bisnis.

 

Penyebab Budgetary Slack

Adapun penyebab terjadinya budgetary slack di suatu perusahaan antara lain:

  • Ketidakpastian hasil yang diharapkan: Berkaitan dengan hasil bisnis yang tidak dapat diprediksi, sehingga membuat perusahaan bersikap konservatif ketika menyusun anggaran tahunan bisnis mereka.
  • Asimetri informasi: Faktor ini memungkinkan internal perusahaan yang tidak bertanggung jawab untuk dapat menetapkan target pendapatan bersifat mudah dicapai, sehingga upaya mereka terlihat maksimal oleh manajemen.
  • Penurunan kualitas target anggaran: Faktor ketiga ini merupakan upaya kecurangan yang dilakukan oleh internal perusahaan, di mana mereka akan melakukan pelonggaran target bisnis sehingga mudah dicapai.

 

Dampak Budgetary Slack

Adanya kesenjangn anggaran mampu menimbulkan dampak yang cukup signifikan bagi perusahaan, seperti berikut ini:

  • Kerugian finansial bagi perusahaan.
  • Pengalokasian dana bisnis perusahaan menjadi tidak efektif.
  • Anggaran dana yang disusun tidak sesuai dengan yang dibutuhkan di lapangan secara riil.
  • Mampu memengaruhi kualitas penyusunan anggaran di tahun-tahun mendatang.
  • Fungsi penilaian kerja perusahaan menjadi tidak berfungsi.
  • Prospek keuntungan perusahaan menjadi kurang maksimal.

 

Indikator Budgetary Slack

Kesenjangan anggaran dalam tubuh perusahaan dapat diindikasi atau diketahui melalui pengamatan atas 3 faktor utama yaitu perbedaan jumlah anggaran dengan estimasi terbaik, target anggaran, dan kondisi lingkungan.

 

1. Perbedaan Jumlah Anggaran dengan Estimasi Terbaik

Adapun maksud dari faktor pertama ini adalah anggaran faktual dan sesuai dengan kemampuan terbaik suatu perusahaan dalam kondisi budgetary slack.

Pada praktiknya beberapa oknum internal perusahaan cenderung melakukan pengajuan anggaran dengan cara merendahkan pendapatan dan meninggikan biaya agar target mudah tercapai, dibandingkan melalui cara penentuan estimasi terbaik.

 

2. Target Anggaran

Suatu perusahaan yang umumnya mengalami kesenjangan anggaran apabila penilaian prestasi manajer ditentukan atas dasar pencapaian anggaran, dengan target anggaran rendah serta biaya anggaran tinggi. Indikator kedua ini merupakan hasil kecurangan pihak-pihak internal perusahaan yang hanya mementingkan kepentingan pribadi.

 

3. Kondisi Lingkungan

Indikasi terakhir yang bisa menjadi dasar penilaian ialah adanya ketidakseimbangan antara target pencapaian anggaran perusahaan dengan prestasi karyawan.

Maksudnya adalah, terdapat banyak karyawan yang memeroleh promosi hingga kenaikan gaji. Akan tetapi standar kinerja perusahaan justru stagnan atau bahkan cenderung mengalami penurunan.

 

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Kualitas Informasi Akuntansi?

 

Cara Mencegah Budgetary Slack

Perusahaan dapat melakukan upaya pencegahan agar kesenjangan anggaran dapat terhindarkan. Setidaknya terdapat enam cara yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut.

 

1. Buat Anggaran dengan Memilih Kelompok Kecil

Menyerahkan keputusan dalam pembuatan anggaran kepada kelompok kecil senior yang berpengalaman adalah salah satu cara mencegah budget slack. Dengan melakukan hal ini, perusahaan dapat memastikan bahwa pembuatan anggara ditangani oleh orang-orang kompeten yang mampu membuat keputusan terbaik untuk perusahaan.

Selain itu, cara ini juga dapat memastikan bahwa pengaruh atau perspektif tidak terlalu banyak sehingga pertimbangan data dan tujuan dapat lebih diperhitungkan.

 

2. Memberikan Penghargaan yang Tidak Berkaitan dengan Anggaran

Apabila perusahaan Anda ingin memberikan apresiasi terhadap karyawan yang berprestasi. Usahakan untuk tidak memberikan apresiasi atau kompensasi kepada karyawan berupa hal-hal yang berkaitan dengan finansial perusahaan.

Anda dapat menggantikannya dengan penyematan plakat penghargaan atau pemberian pelatihan gratis, misalnya.

 

3. Meningkatkan Kualitas Komunikasi

Kebanyakan kasus budgetary slack terjadi akibat kurangnya aktivitas pelaporan data antara departemen dan manajemen tingkat atas. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk menjaga kualitas komunikasi antar departemen atau struktural agar mampu mengatasi hal-hal merugikan.

Sebagai upaya perbaikan atau peningkatan kualitas komunikasi, Anda dapat mengembangkan kebijakan yang konsisten terkait komunikasi dan pelaporan antara departemen dan manajemen senior.

 

4. Menyediakan Sumber Daya yang Cukup

Dengan menyediakan pihak manajer sumber daya memadai, seperti alat pendukung hingga SDM atau pelatihan tambahan dapat membuat mereka berkomitmen penuh dalam mengembangkan anggaran yang realistis. Sehingga tingkat peluang terjadinya budgetary slack dapat ditekan seminimal mungkin.

 

5. Melakukan Perbandingan Anggaran dengan Perusahaan Lainnya

Kesenjangan anggaran berpeluang terjadi apabila manajer tidak memiliki informasi memadai dalam membuat estimasi akurat terkait pengeluaran atau pendapatan perusahaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat melakukan perbandingan data yang dirilis oleh perusahaan sejenis lainnya. Meskipun tidak serupa, namun data tersebut bisa menjadi acuan dalam memperkirakan anggaran perusahaan.

 

Baca Juga: Cara Memahami Laporan Keuangan Perusahaan dengan Benar

 

6. Mengumpulkan Data secara Akurat dan Komprehensif

Semakin akurat dan komprehensif yang diberikan kepada pihak manajer, maka peluang munculnya budgetary slack di tubuh perusahaan akan semakin mengecil.

Perusahaan Anda bisa memanfaatkan kehadiran analis profesional dalam menghimpun data terkait yang dibutuhkan secara optimal. Perusahaan dapat bekerja dengan berbagai analis untuk membuat model, prakiraan tren, peringkat kinerja, dan ukuran statistik lainnya.

Sebab analis profesional mampu mengumpulkan data kinerja masa lalu dan analitik industri relevan dalam jumlah besar untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan anggaran perusahaan nantinya.

 

Hindari Budgetary Slack dengan Software Akuntansi RedERP 

Software ERP
Software ERP

 

Modernisasi zaman menawarkan solusi efektif bagi perusahaan dalam menyelesaikan sederet permasalahan bisnis mereka, salah satunya budgetary slack

Bentuk dari modernisasi zaman nyata yang mampu menyelesaikan permasalahan finansial tersebut adalah software akuntansi. Software akuntansi dinilai mampu karena memiliki beragam sistem maupun modul yang mampu menuntaskan setiap permasalahan keuangan ataupun akuntansi bisnis perusahaan.

Software akuntansi online berbasis web dari RedERP merupakan salah satu yang terbaik dan unggul sejauh ini. Di mana sudah terbukti kompetensi dan kualitasnya dalam membantu banyak perusahaan mulai dari mikro hingga makro.

Perihal antisipasi budgetary slack, Software Akuntansi Online RedERP menyediakan modul Budget Management. Adapun fitur ini mampu mengelola anggaran bisnis perusahaan Anda secara efesien dan optimal.

Sehingga operasi pengaturan anggaran perusahaan Anda akan jauh lebih aman dari potensi terjadinya fraud maupun human error. Modul Budget Management memungkinkan Anda untuk mengelola anggaran dalam Accounting System RedERP. 

Selain manajemen budgetary slack, Software Akuntansi RedERP juga mampu menjalankan operasi akuntansi dan keuangan perusahaan lainnya seperti otomatisasi jurnal dan buku besar, penghitungan pajak, pengelolaan arus kas, penyusunan laporan & analisis, hingga pengorganisasian aktivitas akuntansi harian perusahaan. 

Dengan mengimplementasikan Software Akuntansi RedERP mulai hari ini, upaya harmonisasi dan optimalisasi operasi akuntansi maupun finansial perusahaan Anda akan dapat tercapai secepat mungkin! 

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami