Table of Contents
Table of Contents

Mengenal Cycle Counting dalam Pengelolaan Gudang

cycle counting

Cycle counting adalah salah satu cara yang mendukung para pelaku bisnis dalam manajemen gudang yang efektif dan efisien.

Penerapannya dapat mencegah kesalahan dalam proses perhitungan stok dalam sebuah gudang. Prosesnya bisa dilakukan dalam jangka waktu harian, mingguan, maupun tahunan.

Dari sini, perusahaan akan melihat akurasi jumlah stok barang yang ada di dalam gudang.

Agar mengetahui lebih jelas, simak penjelasan RedERP di bawah ini!

 

Apa Itu Cycle Counting?

Cycle counting adalah penghitungan seluruh persediaan barang selama periode tertentu. Hal ini berkaitan dengan mencari tahu apakah ada kesalahan perhitungan yang nantinya akan disesuaikan dengan catatan akuntansi persediaan.

Untuk menghitung jumlah persediaan ditentukan berdasarkan kriteria, misalnya barang yang paling sering digunakan atau barang yang bernilai tinggi. Perhitungan biasanya menggunakan metode memulai dari salah satu gudang.

Lalu maju ke arah lorong dan berakhir di tempat sampah, tujuannya agar semua barang dapat terhitung secara bergilir.

Cycle counting dapat membantu sebuah perusahaan mengembangkan bisnis dengan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. praktik ini sangat efektif jika digunakan pada gudang kecil menengah.

 

Keuntungan dan Kelemahan Cycle Counting

Terdapat enam keuntungan menggunakan cycle counting pada sebuah perusahaan di antaranya:

  • Lebih mudah merencanakan dan melaksanakan. Jika sudah menemukan klasifikasi inventaris dan lokasi toko makan proses implementasi dapat dilakukan dengan sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang panjang.
  • Tidak menghentikan fasilitas, karena dapat diatur secara teratur sebelum jam kerja dimulai.
  • Hitungan siklus dapat memberikan gambaran yang akurat terkait tingkat stok yang aktual dibandingkan dengan tampilan sistem.
  • Area dan ukuran sampel yang terdapat dalam metode cycle count bersiklus kecil, metode ini dapat dijalankan dengan sukses dan juga minim biaya.
  • Membuat karyawan manajemen inventaris perlu waspada dan juga berfungsi sebagai mekanisme yang baik untuk memeriksa produk secara konstan. 
  • Metode perhitungan siklus cepat menyoroti perbedaan apapun antara stok fisik dan catatan. Maka Dari itu, tingkat stok dan pemesanan dapat disesuaikan dengan mudah. 

Selain mempunyai beberapa keunggulan, cycle count juga masih mempunyai kelemahan.

Kelemahan pada cycle count dalam manajemen stok adalah jika sebuah perusahaan dan pihak manajemen tidak berkomitmen dan disiplin menggunakan waktu dan upaya melakukan audit stok cycle count secara teratur.

Maka tujuan dari penerapan cycle count gagal untuk tercapai.

 

Metode Cycle Counting

Metode cycle counting memiliki banyak variabel penting yang harus ditimbang ulang seperti:

 

1. Lingkup Perhitungan

Jumlah persediaan sebelum dihitung harus dianalisis terlebih dahulu. Lalu putuskan ada berapa yang harus dihitung selama setahun atau per minggu dan apakah ada pengaruh terhadap bisnis.

 

2. Frekuensi

Semakin tinggi nilainya semakin tinggi pula akurasi perhitungannya. Hal ini akan mempercepat mengidentifikasi sebuah kesalahan pada manajemen.

 

3. Lokasi Barang

Pertimbangkan lokasi warehouse. Pastikan barang yang sering dibeli dan dijual berada di area yang mudah dijangkau dan dekat dengan pintu masuk. Begitu juga untuk barang yang berukuran besar, pastikan tidak diletakkan terlalu dalam.

 

Cara Melakukan Cycle Counting

Berikut langkah-langkah yang biasanya digunakan untuk melakukan cycle counting pada sebuah perusahaan, antara lain: 

 

1. Masukkan Semua Jenis Transaksi

Semua transaksi inventaris harus dilengkapi agar basis data inventaris ter-upgrade.

 

2. Cetak Laporan Counting

Cetak seluruh laporan siklus counting, tugaskan ke staff gudang untuk menghitung lokasi barang.

 

3. Bandingkan Inventaris Aktual dengan Laporan

Pastikan Anda melakukan perbandingan lokasi, deskripsi dan jumlah yang tertera di laporan harus sesuai dengan jumlah yang ada di rak.

 

4. Selidiki Varians

Selidiki jika ada perbedaan yang ditemukan. Jangan lupa untuk diskusikan dengan manajer gudang jika terdapat perbedaan.

 

5. Perbaharui Proses

Jika memerlukan tindakan lebih jauh. Ubah semua prosedur, pelatihan, karyawan dan hal-hal yang terlibat yang perlu digantikan agar tidak terjadi kesalahan lagi.

 

6. Perbaharui Catatan Inventaris

Sesuaikan data catatan inventaris yang bertujuan untuk menghapus kesalahan yang ditemukan oleh cycle counting.

 

7. Audit Persentase Akurasi

Jika hasil audit sudah keluar dan tingkat akurasinya tinggi, berikan bonus kepada karyawan gudang. Hal ini karena dapat menyelaraskan kepentingan karyawan gudang dengan kepentingan suatu perusahaan.

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengelola Adjust Inventory yang Tepat? 

 

Lakukan Cycle Counting dengan Software Gudang RedERP

Software ERP
Software ERP

 

Sebagai upaya untuk menjaga kinerja dan kualitas operasi cycle counting dalam bisnis, Anda bisa memanfaatkan software inventory yang saat ini sudah cukup mudah ditemui.

Software inventory yang dapat menjadi rekomendasi teratas bagi perusahaan masa kini adalah Software Inventory RedERP.

Software Inventory RedERP sudah dilengkapi oleh sederet fitur dan sistem termutakhir, yang sudah terverifikasi kualitas maupun kinerja bagi operasi pergudangan perusahaan.

Dengan Software Inventory RedERP, Anda dapat melaksanakan pemantauan serta pengelolaan barang di area gudang secara praktis, mengotomatisasikan penyusunan laporan manajemen pergudangan perusahaan, manajemen beberapa lokasi gudang sekaligus, hingga memaksimalkan sistem penyimpanan stok barang perusahaan.

Software Inventory RedERP bisa Anda dapatkan mulai hari ini dengan menghubungi kontak layanan call center yang tertera pada laman utama website kami!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami