Table of Contents
Table of Contents

Adjust Inventory Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Mengelolanya

adjust inventory adalah

Adjust Inventory adalah suatu teknik atau metode yang digunakan di dalam dunia manufaktur untuk mengontrol stok barang di gudang.

Tujuannya adalah untuk menghitung perubahan kuantitas inventaris suatu usaha. Dengan menerapkan teknik ini, pengelolaan jumlah stok barang di gudang menjadi lebih teratur dan terstruktur.

Dalam artikel ini, RedERP akan mengulas lebih detail tentang pengertian, fungsi, cara kerja, serta bagaimana mengelola adjust inventory. Simak penjelasan berikut.

 

Pengertian Adjust Inventory Adalah

Adjust inventory adalah teknik mendata dan mengatur stok barang dalam gudang yang memudahkan pemilik bisnis dalam mengawasi stok produk.

Pada umumnya, teknik ini diterapkan dalam proses pengontrolan inventaris guna mengelola stok dalam gudang. 

Tidak hanya membantu dalam mengontrol inventaris, adjust inventory juga penting sebagai metode pengawasan keuangan perusahaan.

Penerapan metode ini akan memastikan pencatatan inventaris yang terkendali dan memberikan data informasi keuangan yang akurat.

 

Fungsi Adjust Inventory

Salah satu fungsi utama dari adjust inventory adalah mengendalikan dan mengatur stok barang di gudang. Selain itu, terdapat beberapa fungsi lain dari adjust inventory, yaitu:

 

1. Mengontrol Ketersediaan Barang

Adjust inventory digunakan untuk melakukan pengendalian terhadap inventaris sebuah bisnis dan membantu pemilik usaha mengontrol ketersediaan produk. 

Dengan demikian, pemilik usaha dapat menghindari overstock dan mengatur pembelian dan penjualan dengan lebih baik.

 

2. Mengatur Kuantitas Barang secara Efektif

Adjust inventory membantu pengaturan stok dan aktivitas pergudangan. Informasi kuantitas barang di gudang ini akan membantu proses distribusi dan pengaturan finansial. 

Para karyawan dapat dengan mudah mengontrol barang masuk dan keluar secara sistematis. Nantinya, jumlah barang akan terekam dalam sistem.

 

3. Menyesuaikan Stok Sesuai Kebutuhan

Adjust inventory membantu bisnis untuk menyesuaikan stok dengan kebutuhan distribusi pada setiap waktu. Tidak terlalu banyak atau juga terlalu sedikit, jumlah stok barang sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini membantu Anda untuk secara akurat untuk melakukan pembelian kebutuhan stok barang.

 

4. Mencatat Selisih Barang secara Sistematis

Pencatatan inventaris yang sistematis memberikan Anda informasi berharga mengenai kuantitas di gudang secara akurat.

Dengan cara ini Anda bisa mengantisipasi isu terkait selisih stok barang.

Adanya sistem ini, stok barang dapat terdata setiap waktu. Maka saat terdapat selisih dalam pengecekan manual, Anda dapat menggunakan data dari sistem.

 

Baca Juga: Bagaimana Menghitung Average Inventory di Bisnis?

 

Cara Kerja Adjust Inventory

Ada beberapa hal yang perlu diterapkan sebelum melakukan pengendalian inventaris yang akurat. Hal ini perlu dilakukan untuk melakukan kontrol inventaris dengan tepat.

Hal-hal tersebut ialah mengelompokkan produk sesuai karakteristiknya, mendata informasi produk secara akurat, dan memilih karyawan gudang yang kompeten untuk memeriksa inventaris.

Beberapa metode adjust inventory yang umum digunakan adalah sebagai berikut:

 

1. Metode Manual

Cara adjust inventory dengan metode manual ini menggunakan metode tradisional dengan pakai pena dan kertas.

Metode satu ini cocok untuk bisnis berskala kecil karena jumlah barang belum terlalu banyak, stok gudang pun belum terlalu besar.

 

2. Metode Kartu Stok

Memanfaatkan metode kartu stok barang dapat memperbaiki pengendalian inventaris dalam bisnis. Kartu stok membantu pengelolaan data dengan lebih teratur dan terstruktur.

Dengan kartu stok, perusahaan bisa meninjau data penjualan, pengembalian, dan informasi lainnya. Namun metode ini hanya dapat bekerja secara efektif apabila data diisi dengan konsisten.

 

3. Metode Spreadsheets

Jika kuantitas barang yang dikelola cukup besar, penggunaan spreadsheets bisa menjadi alternatif yang tepat. 

Metode pengisian data dengan spreadsheet lebih mudah dan efisien daripada metode manual atau kartu stok, karena perhitungannya dapat dilakukan secara otomatis ketika data di update.

 

4. Metode Software

Menerapkan adjust inventory dengan menggunakan aplikasi dianggap sebagai metode yang paling efektif. 

Hal ini disebabkan karena metode ini memiliki keunggulan dalam melakukan update stok secara otomatis dan real-time.

 

Bagaimana Mengelola Adjust Inventory

Berikut adalah beberapa cara untuk mengelola adjust inventory dengan efektif agar keuntungan meningkat dan manajemen kas dalam bisnis Anda semakin baik:

 

1. Mengubah Prioritas Inventaris Anda

Cobalah buat kelompok prioritas dalam inventaris Anda. Ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui barang mana yang perlu Anda pesan lebih sering dan mana yang penting bagi bisnis Anda.

 

2. Lakukan Audit Inventaris dengan Stock Opname

Ini dapat dilakukan setiap tahun, bulan, minggu, atau bahkan setiap hari khusus untuk barang-barang dengan permintaan yang tinggi.

Pastikan kelengkapan catatan atau menyesuaikan inventaris di gudang dan di sistem.

 

3. Lacak Semua Informasi Produk

Lacak semua informasi produk dengan SKU, data barcode, supplier, dan nomor lot.

Anda juga dapat menelusuri biaya setiap barang agar dapat mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi biaya, seperti kelangkaan dan musim penjualan.

 

4. Konsisten dalam Menerima Stok 

Pastikan semua staf yang menerima stok melakukan tugasnya sesuai dengan standar perusahaan, dan semua transaksi dipasang, diterima, dan dibongkar bersama, serta dihitung secara akurat dan diaudit kembali akurasinya.

 

5. Gunakan Teknologi yang Terintegrasi dengan Baik

Untuk dapat mengelola stok barang dengan baik, ada baiknya Anda tidak hanya mengandalkan software inventory management atau software akuntansi.

Beberapa teknologi lainnya yang juga bisa mendukung kelancaran pengelolaan dan pendataan inventaris Anda antara lain pemindai seluler serta sistem POS yang terintegrasi dengan pencatatan inventaris Anda

 

Atur Stok Barang Lebih Mudah dengan Software Inventory RedERP

Software ERP
Software ERP

 

Adjust inventory memastikan Anda dapat mengontrol dan mendata berapa banyak inventaris yang ada di gudang. Hal ini tentu sangat membantu Anda untuk mengendalikan barang masuk dan keluar.

Selain itu, keuangan perusahaan juga bisa lebih terkontrol karena kita bisa tahu kapan perlu membeli stok barang, berapa barang terjual, serta berapa barang yang masih akan mendatangkan profit di gudang.

Maka dari itu, Anda membutuhkan sebuah teknologi untuk memastikan seluruh data inventaris yang ada di gudang bisa terkontrol dan terdata dengan baik.

Software Inventory RedERP merupakan sebuah software yang dapat membantu perusahaan mengatur stok barang dengan lebih mudah dan efisien. 

Software ini menawarkan berbagai fitur yang berguna untuk pengelolaan inventaris. fitur Shipping and Receipt yang membantu Anda untuk memantau dan mengelola barang masuk dan keluar.

Fitur Inventory Movement yang berfungsi untuk mengawasi seluruh perpindahan barang dari lokasi gudang atau toko dengan otomatis.

Lalu, Anda juga bisa melakukan stock opname dengan menggunakan Software Inventory RedERP.

Dengan Software Inventory RedERP, perusahaan dapat dengan mudah memonitor stok barang secara real-time dan mengoptimalkan pengadaan stok yang tepat waktu. 

Selain itu, Software Inventory RedERP juga menyediakan laporan-laporan yang terintegrasi dengan baik sehingga perusahaan dapat mengevaluasi kinerjanya dengan lebih baik dan mengambil keputusan yang lebih tepat.

Software ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang dapat membatasi akses pengguna pada tingkat tertentu sehingga perusahaan dapat menjaga kerahasiaan dan keamanan data inventaris mereka.

Jadi, segera ajukan demo jika Anda ingin mengatur stok barang dengan lebih mudah dan efisien, karena Software Inventory RedERP bisa menjadi pilihan yang tepat untuk perusahaan Anda.

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami