Table of Contents
Table of Contents

Engineer to Order: Pengertian, Alur, dan Praktik Terbaiknya

Engineer to order

Di dalam industri manufaktur, terdapat beberapa metode yang umum digunakan dalam proses produksi, salah satunya adalah engineer to order atau ETO. Metode satu ini bisa dikatakan sedikit berbeda dari metode umumnya, di mana produksi baru akan dilakukan saat ada pesanan sehingga akan menciptakan barang yang begitu spesifik.

Karena spesifikasi yang coba untuk dibangun, tentu ada alur kerja yang berbeda dari cara biasanya. Mari simak artikel RedERP berikut ini untuk mengetahuinya lebih lengkap!

 

Apa Itu Engineer to Order

Engineer to order adalah jenis proses manufaktur di mana produk dirancang, dikembangkan, dan diselesaikan setelah pesanan diterima. Produk dikembangkan untuk memenuhi spesifikasi dari pesanan yang diterima.

Di dalam prosesnya, seorang customer representative akan terlibat dalam tim manufaktur guna memastikan setiap spesifikasi terpenuhi dengan baik.

Karena proses produksi akan dilakukan saat ada pesanan, maka dalam metode ini perusahaan tidak akan menyimpan bahan baku dari produk.

Proses engineer to order dimulai dari proses penawaran dari calon pembeli. Di dalam proses ini, calon pembeli akan menjelaskan secara rinci rancangan produksi yang mereka inginkan, mulai dari bahan yang digunakan, anggaran, sampai estimasi waktu pengerjaan.

Bila produsen menyetujui rancangan tersebut, barulah dilakukan proses produksi yang diawali dengan pemesanan bahan baku.

Metode ETO umumnya digunakan untuk produk yang sangat kompleks atau produk yang sangat khusus. Metode ini juga umum sekali diterapkan oleh produsen dengan target pasar B2B.

 

Perbedaan Engineer to Order dan Make to Order

Make to order dan engineer to order adalah dua metode produksi yang paling umum dan sering kali dianggap sama. Namun, kedua metode ini sebenarnya memiliki beberapa perbedaan, seperti:

 

1. Make to Order

1. Metode produksi MTO ini menawarkan berbagai produk yang dapat disesuaikan yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan unik pelanggan. Misalnya ukuran ekstra besar, tambahan dekoratif, atau bahan berkualitas tinggi.

2. Kustomisasi yang ditawarkan terbatas.

 

2. Engineer to Order

1. ETO memungkinkan kompleksitas yang lebih besar dalam proses produksi.

2. ETO memberikan kebebasan tak terhingga kepada pelanggan untuk melakukan kustomisasi.

3. ETO menawarkan pengalaman produk yang sepenuhnya dipersonalisasi dari kustomisasi setiap elemen hingga desain yang disesuaikan.

 

Ciri-ciri Engineer To Order

Engineer to order adalah metode yang umum sekali dilakukan oleh perusahaan atau industri skala besar. Ciri-ciri dari sistem produksi ETO sendiri antara lain:

1. Konsumen akan membuat spesifikasi yang sangat detail dan rinci terkait dengan produk yang akan diproduksi.

2. Produk yang dihasilkan unik dan berbeda dari umumnya.

3. Umumnya durasi produksi memakan waktu yang lama.

4. Harga produk lebih mahal.

 

Baca Juga: Seperti Apa Teknik Assemble to Order?

 

Alur Engineer to Order

Alur engineer to order dimulai dari tahap penawaran sampai dengan produksi, berikut ini penjelasannya lebih lengkap!

 

1. Sales Engineering

Alur pertama adalah penawaran. Di sini calon pembeli akan melakukan penawaran kepada produsen dengan menerangkan secara spesifik produk apa yang ingin mereka buat.

Calon pembeli akan menjelaskan bahan baku yang digunakan, anggaran yang diperlukan untuk menjalankan produksi, sampai dengan tenggat waktu penyelesaian produksi.

Setelah calon pembeli menjelaskan itu semua, maka selanjutnya produsen akan melihat kemampuan mereka, bila proyek dirasa memungkinkan maka proyek akan diambil.

 

2. Process Planning

Bila antara calon pembeli dan produsen setuju, maka masuk ke alur berikutnya yaitu perencanaan. Di sini produsen mulai membuat desain, melakukan pengadaan, serta menyusun timeline project.

 

3. Inventory Management

Inventory management adalah strategi penyimpanan dan pengelolaan persediaan, ketika sudah masuk alur ini maka proses produksi segera dimulai.

Manajemen inventaris ini akan sangat berguna untuk memastikan pemanfaatan bahan baku dilakukan dengan baik selama proses produksi, sehingga tidak ada hambatan yang berarti.

 

4. Manufacturing

Alur engineer to order berikutnya adalah proses produksi, di sini produk yang sudah dirancang akan dibuat dan disempurnakan menjadi satu kesatuan yang utuh.

Di sini, semua pihak harus memerhatikan proses produksi agar produk yang dibuat sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan calon pembeli.

 

Keuntungan Menerapkan Metode Engineer to Order

Engineer to order memungkinkan Anda untuk melakukan fleksibilitas dalam produksi, tentu hal ini bisa mendatangkan banyak keuntungan untuk bisnis yang Anda jalankan. Selain itu, berikut ini beberapa keuntungan lainnya yang bisa Anda rasakan:

 

1. Produk yang Dapat Dikustomisasi

Di dalam industri manufaktur, saat produk dapat dikustomisasi maka akan semakin menarik perhatian. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat produk yang khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Mulai dari fitur, dimensi, bahkan warna yang mungkin tidak disediakan oleh produk kompetitor.

Pelanggan mungkin membutuhkan ukuran atau bahkan bentuk unik untuk produk mereka yang tidak tersedia di produsen lain. Ini bisa jadi kesempatan Anda untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

 

2. Niche Market

Ketika Anda menerapkan metode ETO, Anda bisa masuk ke niche market, yang seringkali tidak mencukupi untuk menjustifikasi produksi barang dalam jumlah besar.

Ketika Anda masuk ke niche market, Anda bisa membuat produk dalam jumlah yang lebih kecil, dan memenuhi permintaan pelanggan yang lebih spesifik.

 

3. Kuantitas Produksi yang Lebih Kecil

Ketika Anda hanya memproduksi sesuai pesanan, maka produksi yang dilakukan akan lebih kecil. Hal ini akan membantu untuk mengurangi biaya inventaris dan menjaga proses lini produksi khusus tetap fleksibel.

 

Contoh Engineer to Order

Metode engineer to order termasuk metode yang menonjol dari metode manufaktur lainnya karena kompleksitas dan biayanya. Secara khusus metode ini digunakan ketika perusahaan menerima pesanan khusus yang kompleks dan biaya yang lebih besar.

Proses ini memungkinkan Statistical Process Control (SPC) untuk memantau tren produksi sehingga cacat dapat diketahui sejak dini.

Hal ini memastikan bahwa biaya tetap rendah dan kualitas tidak terganggu. Secara khusus, proses ETO banyak digunakan di industri pertahanan, kedirgantaraan, energi, dan lainnya.

 

Praktik Terbaik Metode Engineer to Order

Seringkali, karena metode ini dilakukan berdasarkan pesanan proses produksi terkadang tidak akurat. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengetahui praktik terbaik dari metode ini, seperti berikut ini:

1. Pelanggan harus memberikan spesifikasi yang jelas dan ringkas untuk produk yang mereka butuhkan.

2. Tim teknik harus membuat desain yang memenuhi spesifikasi tersebut.

3. Pelanggan harus menyetujui desain tersebut sebelum dikirim ke manufaktur.

4. Tim manufaktur harus menghasilkan produk jadi sesuai dengan desain yang disetujui.

5. Produk harus diperiksa dan dikirim ke pelanggan.

6. Pelanggan harus memberikan umpan balik tentang produk untuk membantu meningkatkan desain di masa depan.

7. Tim teknik harus memperbarui desain untuk memenuhi spesifikasi pelanggan.

 

Engineer to Order Lebih Mudah dengan Software Manufaktur RedERP

Metode engineer to order memungkinkan perusahaan untuk membuat produk berdasarkan pesanan yang datang ke mereka. Untuk melakukan hal ini dengan lancar tentu perencana produksi harus terkelola dan terencana dengan matang. Sehingga Anda selaku produsen mampu menghasilkan produk yang diharapkan pelanggan.

Anda juga perlu membuat proses produksi berjalan lebih ramping sehingga tidak memakan banyak biaya dan juga proses berulang yang memakan waktu. Untuk itu, Anda membutuhkan Software Manufaktur RedERP, yang bisa mengotomatisasi dan mengelola kegiatan produksi Anda dengan baik.

Di dalam Software Manufaktur RedERP Anda bisa menemukan berbagai fitur canggih yang bisa diandalkan untuk membuat proses produksi lebih ramping saat memproses pesanan.

 

sistem aset rederp

 

Misalnya saja fitur Manufacturing Execution yang akan membantu dalam mencatat berbagai proses yang perlu dilakukan untuk membuat produk.

Fitur Management Resource yang memungkinkan Anda untuk mendata setiap bahan baku dan mesin yang diperlukan dalam proses produksi. Lalu, terdapat juga fitur Production Scheduling yang dapat membantu Anda melakukan perencanaan timeline produksi dari mulai hingga selesai.

Untuk memastikan produk yang dibuat sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan, Software Manufaktur RedERP juga dilengkapi dengan fitur Quality Standard Management.

Karena segala proses produksi telah terkelola dengan baik dengan Software Manufaktur RedERP, Anda bisa menjalankan produksi lebih efektif dan efisien.

Ayo, ajukan demo gratis sekarang juga untuk dapat mengetahui keunggulan dan manfaat Software Manufaktur RedERP!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami