Table of Contents
Table of Contents

Seperti Apa Itu Ciri Lingkungan Bisnis yang Sehat?

lingkungan bisnis

Setiap perusahaan memiliki lingkungan bisnis yang bervariasi yang dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Adapun lingkungan bisnis menjadi salah satu komponen yang dapat memengaruhi kinerja ataupun produktivitas bisnis suatu perusahaan. Maka dari itu, penting bagi pimpinan perusahaan untuk dapat menciptakan lingkungan bisnis yang sehat.

Lantas apa itu lingkungan bisnis? Lalu, ciri-ciri apa saja yang dimiliki oleh suatu lingkungan bisnis yang sehat? Temukan jawabannya pada artikel RedERP berikut ini!

 

Apa Itu Lingkungan Bisnis?

Lingkungan bisnis atau business environment merupakan istilah yang merujuk pada kombinasi faktor terkait kekuatan internal dan eksternal, di mana keduanya mampu memengaruhi operasional bisnis secara signifikan baik langsung maupun tidak langsung. 

Adapun lingkungan internal mencakup setiap faktor yang berada dalam kendali perusahaan. Umumnya, faktor ini bisa diprediksi serta dapat dikendalikan oleh perusahaan guna menghilangkan kekuatan negatif dalam menjalankan bisnis. 

Sementara itu, lingkungan eksternal meliputi faktor-faktor di luar kendali perusahaan. Berbeda dengan internal, faktor eksternal justru tidak dapat diprediksi dan dikendalikan.  Sehingga, setiap perubahan negatif yang berada di dalamnya tidak mungkin untuk dihilangkan.

Akibat dari hal tersebut, perusahaan berpotensi mengalami hambatan atau bahkan menurunkan fungsi maupun kinerja bisnis perusahaan secara tiba-tiba.

 

Klasifikasi Lingkungan Bisnis 

Secara garis besar, lingkungan bisnis diklasifikasikan menjadi 8 jenis. Berikut penjelasan mengenai kedelapan jenis lingkungan bisnis.

 

  • Economic

Jenis lingkungan bisnis yang dipengaruhi oleh ekonomi global dan lokal.

Kedua faktor utama tersebut dapat mencakup situasi ekonomi, pendapatan per kapita target pasar, sistem ekonomi, dan sejenisnya.

Dalam mengelola atau mengevaluasi lingkungan bisnis jenis economic, Anda biasanya akan cenderung melakukan pengamatan terhadap tren pola pengeluaran, tingkat inflasi, dan tingkat pertumbuhan.

Setiap aspek di atas akan membantu Anda dalam memutuskan bagaimana strategi untuk memasarkan serta menjual produk atau layanan jasa perusahaan.

 

Baca Juga: Strategi Lakukan Upselling dalam Bisnis

 

  • Sociocultural

Lingkungan bisnis sociocultural atau sosial budaya melibatkan dan dipengaruhi oleh demografi serta peran masyarakat dalam suatu wilayah tertentu. 

Untuk dapat mempelajari lingkungan bisnis jenis ini, Anda perlu mempertimbangkan sejumlah aspek antara lain kepercayaan pelanggan, bahasa, literasi, dan tingkat harapan hidup audiens atau target bisnis. Adapun aspek-aspek di atas turut memengaruhi kinerja pemasaran ataupun penjualan bisnis perusahaan Anda.

 

  • Technological

Sesuai namanya, lingkungan bisnis jenis ini dipengaruhi dan melibatkan aspek teknologi. Aspek teknologi dapat memengaruhi lingkungan internal dan eksternal.

Dari internal, aspek teknologi mampu memengaruhi hal-hal dari dalam perusahaan seperti harga produksi hingga kemampuan otomatisasi tugas tertentu. 

Sementara secara eksternal, aspek teknologi mampu memengaruhi cara atau gaya komunikasi konsumen antara satu sama lain serta daya atau kemampuan mereka dalam beradaptasi di lapangan.

 

  • Suppliers

Lingkungan bisnis suppliers atau pemasok memengaruhi dan melibatkan pemasok, di mana unsur tersebut mampu memengaruhi kinerja bisnis perusahaan dan bahkan pemasok itu sendiri. 

Lingkungan pemasok melibatkan beberapa faktor, mulai dari biaya produksi barang, ketersediaan sumber daya, dan ketergantungan karyawan.

Dengan memahami lingkungan bisnis jenis ini, Anda dapat menentukan jumlah waktu yang dibutuhkan bisnis perusahaan untuk fokus pada aspek produksi dan beradaptasi dengan perubahan yang ada misalnya perubahan biaya dan ketersediaan. 

 

  • Competitive

Lingkungan bisnis competitive dipengaruhi oleh seberapa intens dan kompleks tingkat kompetisi perusahaan dengan pesaing di pasaran.

Untuk memahami lingkungan bisnis ini, Anda perlu melakukan riset dan observasi mendalam terhadap kondisi pasar serta daya bisnis perusahaan.

 

  • Political

Lingkungan bisnis political melibatkan aktivitas pemerintahan atau badan hukum lainnya yang dapat memengaruhi cara bisnis dalam beroperasi. 

Faktor-faktor yang memengaruhi lingkungan bisnis jenis ini di antaranya stabilitas pemerintah dan kebijakan bisnis terbaru. 

Uniknya, lingkungan bisnis political mampu memengaruhi jenis lingkungan lainnya seperti lingkungan pemasok. Misalnya apabila terdapat perubahan peraturan impor dan ekspor atau kebijakan investasi yang baru.

 

  • Natural

Lingkungan bisnis natural atau alami dipengaruhi dan melibatkan hal-hal yang berkaitan dengan alam seperti geografi serta iklim.

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi hal tersebut di antaranya bencana alam, cuaca, ketersediaan sumber daya alam, dan konservasi.

Pada praktiknya, lingkungan alami dapat bersinggungan dengan jenis lingkungan bisnis lainnya, seperti lingkungan politik. Sebagai contoh, pemerintah menerapkan undang-undang perlindungan lingkungan baru yang membatasi jumlah barang mentah yang diterima perusahaan. 

 

  • Internal 

Terakhir adalah lingkungan bisnis internal yang mencakup faktor-faktor dalam perusahaan itu sendiri misalnya kebijakan atau regulasi, budaya kerja, hingga kinerja bisnis.

Jenis lingkungan bisnis ini dapat dikendalikan oleh masing-masing perusahaan dengan strategi atau regulasi tersendiri. Pengelolaan jenis lingkungan bisnis internal dapat berlandaskan kondisi karyawan dan sebagainya.

 

Ciri-Ciri Lingkungan Bisnis yang Sehat 

Adapun ciri-ciri lingkungan bisnis yang sehat antara lain sebagai berikut.

  • Perusahaan mampu mengelola manajemen bisnisnya secara efektif dan efisien.
  • Setiap divisi atau komponen bisnis perusahaan berjalan atau melakukan tugasnya dengan baik.
  • Pengambil keputusan bisnis dilakukan secara tepat dan terukur.
  • Suatu perusahaan melakukan inovasi bisnis secara konsisten.
  • Setiap divisi atau karyawan perusahaan mampu beradaptasi dengan baik.
  • Produktivitas dan kinerja bisnis perusahaan mengalami peningkatan secara signifikan dan berkelanjutan dari waktu ke waktu.
  • Tingkat kolaborasi dan kerja sama antarkaryawan perusahaan terjaga atau bahkan mengalami peningkatan.

 

Baca Juga: Apa Saja Jenis Faktor Produksi Asli dan Contohnya?

 

Manfaat Lingkungan Bisnis yang Sehat 

Lingkungan bisnis yang sehat tentu saja dapat memberikan manfaat menjanjikan bagi sebuah perusahaan. Berikut adalah manfaat lingkungan bisnis yang sehat bagi suatu perusahaan.

  • Peluang bisnis perusahaan terus berkembang.
  • Mampu meningkatkan performa atau kinerja bisnis perusahaan.
  • Daya saing bisnis perusahaan mengalami peningkatan, alhasil produk atau layanan jasa bisnis yang ada dapat bersaing dengan kompetitor di pasaran luas.
  • Perusahaan menjadi lebih sigap dalam mengatasi setiap tantangan atau hambatan bisnis yang menanti di masa mendatang.
  • Perencanaan bisnis yang dilakukan perusahaan dapat menjadi lebih mudah dan efektif.
  • Setiap operasi bisnis perusahaan dapat berjalan secara lancar, dan dapat menghasilkan output maupun income yang maksimal. 
  • Pemanfaatan sumber daya bisnis perusahaan bisa diserap atau dipergunakan secara tepat dan optimal.
  • Karyawan perusahaan cenderung mengalami kemajuan baik dari segi jasmani, rohani, hingga kompetensi kerja.

 

Ciptakan Lingkungan Bisnis yang Sehat dengan Software RedERP

 

Software ERP
Software ERP

 

Perusahaan dapat melakukan sejumlah cara untuk mencapai lingkungan bisnis yang sehat, salah satunya adalah lewat pemanfaatan software ERP (Enterprise Resource Planning). 

Sebagai rekomendasi, Anda bisa mencapai lingkungan bisnis yang sehat dengan menggunakan software ERP dari RedERP. Software ERP RedERP dapat berperan sebagai penunjang operasi bisnis perusahaan, di mana mampu memudahkan hingga mengoptimalkan pengoperasian sampai outcome bisnis perusahaan Anda.

Software ERP dari RedERP mencakup berbagai operasi bisnis perusahaan mulai dari akuntansi serta finansial, inventori, pengadaan bahan baku, manufaktur, manajemen aset, manajemen proyek, hingga CRM (Customer Relationship Management). Dengan menggunakan software ERP RedERP, operasi perusahaan Anda dapat menjadi lebih optimal.

Alhasil, perusahaan mampu menjaga dan bahkan meningkatkan performa bisnis mereka. Di mana hal tersebut dapat memengaruhi proses sampai hasil dari bisnis yang dijalankan, misalnya meningkatnya produktivitas sampai pengembangan daya saing bisnis perusahaan.

Segera bergabung bersama kami untuk menggunakan produk ERP terbaik kami mulai hari ini! Anda dapat mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai software RedERP dengan menghubungi kontak layanan.

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami