Table of Contents
Table of Contents

Apa Itu Multi Currency dan Manfaatnya Bagi Bisnis

multi currency

Perusahaan yang bergerak secara internasional atau bertempat di luar negara asal pastinya sering berurusan dengan mata uang asing atau multi currency

Tentunya, akan sangat rumit jika harus selalu menukar mata uang sesuai dengan mata uang yang diperlukan ketika melakukan transaksi antarnegara.

Pengelolaan transaksi antarnegara tersebut merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan dengan baik oleh pebisnis. Hal ini karena transaksi internasional merupakan bagian dari manajemen keuangan perusahaan.

Maka dari itu, mempelajari multi currency akan sangat menguntungkan bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bisnis internasional.

Oleh karena itu, yuk simak dengan teliti penjelasan RedERP di bawah ini agar Anda dapat mengetahui seputar lebih lanjut tentang multi currency!

 

Apa Itu Multi Currency?

Multi currency adalah penggunaan lebih dari satu mata uang untuk kepentingan kegiatan tertentu. Dalam sebuah perusahaan, hal seperti ini sangat sering ditemukan, apalagi jika organisasi bisnis tersebut bergerak secara internasional. 

Untuk mengelola multi currency, perusahaan akan menggunakan multi currency account. Dengan adanya multi currency account, perusahaan akan semakin dimudahkan dalam bertransaksi kepada seluruh negara.

Multi currency account akan menyederhanakan transaksi dan membantu perusahaan dalam memantau cash flow transaksi internasional.

 

Baca Juga: Financial Management: Pengertian, Manfaat, dan Prinsip Utamanya

 

Apa Itu Multi Currency System?

Multi currency system merupakan perangkat lunak akuntansi untuk perdagangan global. Misalnya, perdagangan dalam berbagai mata uang yang memfasilitasi pembelian dan penjualan Internasional. 

Saat ini, perusahaan memang sering melakukan bisnis internasional menggunakan mata uang asing, contohnya mata uang euro yang sering digunakan sebagian perusahaan luar.

Adanya multi currency system dapat membantu perusahaan dalam manajemen keuangan dalam berbisnis. Tanpa perangkat lunak akuntansi yang tepat, transaksi multi-mata uang bisa sangat bermasalah dan menjadi sumber frustasi.

Multi currency system memfasilitasi pencatatan pendapatan dan pengeluaran yang dikonversi dari mata uang yang digunakan perusahaan dengan perusahaan asing.

Perubahan nilai tukar akan otomatis terlihat keuntungan atau kerugian yang sesuai.

Multi currency system memiliki 3 fasilitas akuntansi dan pelaporan keuangan, di antaranya sebagai berikut:

 

1. Transaksi Multi Mata Uang

Fitur ini meliputi kemampuan untuk bertransaksi dengan mata uang dan bank dari selain negara perusahaan. Selain itu, pada fitur ini, perusahaan juga bisa melihat kembali transaksi yang pernah dilakukan.

 

2. Pelaporan Multi Mata Uang

Dengan fitur ini, perusahaan bisa menulis transaksi internasional yang bertujuan untuk pelaporan anggaran.

 

3. Akuntansi Multi Mata Uang

Terakhir, ada fitur akuntansi multi mata uang yang digunakan untuk memperhitungkan transaksi paralel pada uang yang berbeda. 

 

Baca Juga: 10 Karakteristik Kualitas Informasi Akuntansi dan Jenis-jenisnya

 

Manfaat Multi Currency Bagi Bisnis

Multi currency memiliki berbagai manfaat bagi suatu perusahaan, antara lain:

  • Jika melakukan transaksi dengan mata uang yang berbeda, maka akan lebih banyak biaya operasional yang akan dikenakan. Maka dari itu, menggunakan multi currency system dapat mengurangi bebas biaya transaksi yang ditanggung oleh sebuah perusahaan. 
  • Membantu perusahaan mengelola valuta asing.
  • Memudahkan menangani pembayaran.
  • Mempercepat proses pembayaran bisnis.
  • Membuat pelanggan senang atas kemudahan proses pembayaran.
  • Hubungan antara penjual dan pembeli menjadi lebih dekat. 

 

Dari keenam manfaat yang disebutkan, dapat disimpulkan bahwa multi currency sangat diperlukan untuk sebuah perusahaan.

Selain memudahkan proses transaksi, multi currency juga berpotensi mampu membangun hubungan yang baik antara pelanggan dengan perusahaan antarnegara.

 

Software Akuntansi RedERP Sudah Lengkap dengan Multi Currency

Software ERP
Software ERP

 

Pengelolaan multi currency dalam berbisnis tentu saja memerlukan adanya dukungan dari komponen penunjang memadai agar proses maupun outcome yang dihasilkan dapat maksimal. 

Komponen penunjang memadai yang dapat mendukung proses operasi multi currency dalam bisnis adalah software akuntansi. Di Indonesia, salah satu software akuntansi terbaik yang sudah terbukti kualitas serta kompetensinya adalah RedERP.

Software akuntansi online berbasis web dari RedERP merupakan perangkat lunak berpengalaman yang mampu menunjang sekaligus memaksimalkan setiap operasi keuangan maupun akuntansi perusahaan, salah satunya adalah multi currency.

Proses transaksi maupun pengelolaan keuangan multi currency tentunya lebih praktis dan optimal melalui pengimplementasian software akuntansi online RedERP.

Selain itu, operasi multi currency perusahaan juga dapat jauh lebih aman, karena RedERP dapat menghindarkan potensi terjadinya human error ataupun fraud

Selain multi currency, software akuntansi online rancangan RedERP juga mampu menjalankan berbagai tugas lainnya secara maksimal mulai dari otomatisasi pembuatan jurnal serta buku besar, penghitungan pajak, pengelolaan arus kas, pengorganisasian anggaran, aktivitas perbankan, penyusunan laporan dan analisis, hingga aktivitas akuntansi harian perusahaan.

Software akuntansi online dari RedERP juga telah dibekali oleh sistem mumpuni seperti integration system dan real-time monitoring system.

Di mana kedua sistem tersebut dapat semakin menjamin kemudahan bagi pengguna dalam mengoperasikan software akuntansi RedERP secara langsung.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang produk software akuntansi online RedERP, Anda bisa mengunjungi laman website resmi RedERP dan menghubungi layanan kontak call center yang tertera pada situs kami.

Dengan software akuntansi online berbasis web RedERP, operasi keuangan ataupun akuntansi perusahaan akan jauh lebih praktis dan optimal!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami