Table of Contents
Table of Contents

Mengenal Cloud Procurement: Pengertian, Jenis dan Keuntungannya

Cloud Procurement

Transformasi digital telah mengubah cara bisnis beroperasi, tak terkecuali dalam aktivitas procurement atau pengadaan. Kini, alih-alih melakukan pengadaan melalui cara manual, banyak bisnis sudah beralih kepada cloud procurement.

Menurut data, 67% infrastruktur perusahaan sudah berbasis cloud, dan 81% perusahaan global sudah memiliki strategi multi-cloud. Termasuk juga dalam hal pengadaan yang memakan banyak waktu.

Software procurement berbasis cloud saat ini menjadi pilihan banyak bisnis untuk merampingkan proses pengadaan yang panjang dan rumit. Hasilnya menjadi lebih sederhana.

Untuk membantu Anda mengetahui lebih jauh mengenai cloud based procurement systems, mari simak artikel RedERP berikut!

 

Apa Itu Cloud Procurement

Cloud procurement adalah layanan perangkat lunak berbasis cloud yang digunakan untuk mengelola aktivitas pengadaan di perusahaan.

Cloud procurement software ini, bisa mengotomatisasikan proses pengadaan, melacak setiap pembelian, dan membuat laporan terkait pengadaan.

Melalui cloud procurement, perusahaan tidak perlu mengembangkan aplikasinya sendiri. Perusahaan bisa memilih layanan procurement berbasis cloud dari banyak penyedia.

Dengan menggunakan sistem procurement berbasis cloud, Anda dapat mengakses berbagai data terkait dengan pengadaan melalui internet kapan pun di mana pun. Tentu ini lebih praktis daripada menyimpan data secara offline.

Layanan yang umunya tersedia dalam cloud based procurement meliputi:

  • Software
  • Analitik
  • Network
  • Penyimpanan data
  • Server

Semua fungsi ini dapat membantu perusahaan menghemat biaya, meminimalisir risiko, serta merampingkan siklus pengadaan.

 

Baca Juga: Manfaat Digital Procurement dan 6 Hal yang Diperlukannya

 

Keuntungan Menggunakan Cloud Procurement 

Menggunakan cloud procurement akan memberikan keuntungan bagi bisnis, terutama dalam mengefisiensikan prosess pengadaan. Lebih lengkapnya, berikut ini adalah keuntungan menggunakan cloud procurement software.

 

1. Menghemat Pengeluaran

Keuntungan pertama dari penggunaan aplikasi procurement berbasis cloud adalah dapat menghemat pengeluaran. Hal ini bisa terjadi jika perusahaan memilih aplikasi procurement dalam bentuk SaaS.

Mengapa demikian? Sebab, aplikasi procurement SaaS tidak membebankan perusahaan dengan biaya maintenance ataupun biaya implementasi software yang mahal.

Bahkan, beberapa penyedia SaaS juga membebaskan perusahaan untuk memilih sendiri modul yang sesuai dengan kebutuhannya.

 

2. Terintegrasi dengan Aktivitas Bisnis Lain

Cloud procurement juga sering menjadi pilihan perusahaan karena kemampuannya untuk bisa terintegrasi dengan pengelolaan aktivitas bisnis lain. Contohnya dengan software akuntansi ataupun aplikasi penjualan.

Hal ini menyebabkan perusahaan bisa lebih efektif dan efisien dalam menjalankan bisnisnya.

 

3. Pengaplikasiannya Cukup Mudah

Software procurement berbasis cloud mudah digunakan oleh karyawan. Software ini pada umumnya cepat diimplementasikan serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan.

Sehingga, karyawan akan dimudahkan dalam menggunakan cloud procurement untuk mengelola aktivitas pengadaan.

 

4. Memudahkan Kolaborasi

Adanya platform digital untuk mengelola procurement dapat menunjang kolaborasi di perusahaan. Hal ini disebabkan karena aplikasi procurement bisa digunakan oleh siapa saja yang terlibat dalam prosesnya, tanpa melihat lokasi maupun departemen

Alhasil, penggunaan software ini bisa mempercepat proses pengambilan keputusan dan mengefektifkan siklus pengadaan.

 

5. Meningkatkan Visibilitas

Dengan menggunakan cloud procurement software, perusahaan bisa meningkatkan visibilitas dalam proses pengadaan. Perusahaan dapat melakukan tracking setiap pembelian dan membuat laporan untuk pembuatan keputusan strategis.

 

Baca Juga: E-Procurement Apakah Itu dan Kelebihannya

 

3 Jenis Cloud Procurement

Cloud procurement terdapat pada berbagai jenis perangkat lunak bisnis, seperti berikut ini.

 

1. Software-as-a-Service

Software-as-a-Service (SaaS) adalah pilihan perangkat lunak yang mudah diaplikasikan dalam perusahaan. Ini karena SaaS tidak memaksa perusahaan untuk mengunduh dan me-maintenance software. Jika memilih SaaS, perusahaan bisa langsung menggunakan aplikasinya.

Perusahaan hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk mengakses aplikasi. Semua hal yang berkaitan dengan pemasangan aplikasi, enkripsi data, backup, dan update telah diatur oleh penyedia SaaS.

 

2. Platform-as-a-Service

Platform-as-a-Service (PaaS) memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan platform yang bisa dikembangkan, dijalankan, dan dikelola tanpa perlu mengatur sistem cloud. Model ini bisa dikustomisasi sendiri oleh software developer sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Sementara itu, aspek-aspek lainnya seperti server, penyimpanan cloud, dan jaringan dikelola oleh penyedia PaaS.

 

3. Infrastructure-as-a-Service

Jenis yang terakhir adalah Infrastructure-as-a-Service (IaaS). Layanan cloud computing ini digunakan oleh perusahaan yang ingin menyewa server untuk penyimpanan cloud serta mengembangkan dan menjalankan sendiri aplikasinya.

Sehingga, perusahaan yang memilih sistem ini mendapatkan fleksibilitas penuh terhadap penggunaan aplikasi procurement

 

Cloud Procurement Fitur Lengkap Ada di RedERP

Software ERP
Software ERP

 

Menggunakan cloud procurement software di perusahaan akan membawa banyak manfaat bagi bisnis Anda. Beberapa manfaatnya ialah mampu mengotomatisasi dan mengefisiensikan segala aktivitas procurement.

Oleh karena itu, jika Anda ingin bisnis yang semakin berkembang, Anda perlu menggunakan software cloud procurement.

Cloud procurement terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Software Procurement RedERP. Dengan software yang berbasis cloud ini, Anda dapat mengelola aktivitas pengadaan barang dengan lebih terkontrol dan terpusat.

Tak hanya itu, Software Procurement RedERP juga membuat aktivitas pengadaan menjadi lebih ringkas dan aman.

Hal ini bisa terjadi karena fitur-fitur penting dalam Software Procurement RedERP seperti Purchase Order, Request for Quotation, Automatic Procurement, Manajemen Faktur, Tanda Terima, serta Laporan dan Analisa.

Menggunakan cloud procurement software akan memudahkan Anda dalam mengelola aktivitas pengadaan dengan lebih maksimal. Oleh karena itu, ayo ajukan trial untuk demo aplikasi procurement RedERP sekarang juga!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami