Table of Contents
Table of Contents

Ketahui Apa Itu CRM Cloud, Cara Memilih dan Pentingnya untuk Bisnis

crm cloud

Dalam era bisnis yang semakin kompetitif, manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management atau CRM) telah menjadi kunci keberhasilan bagi banyak perusahaan. 

Memperkuat interaksi, pemahaman lebih mendalam terhadap pelanggan, dan kemampuan merespons kebutuhan mereka dengan cepat adalah faktor penting dalam membangun dan mempertahankan basis pelanggan yang kuat. 

Dalam konteks ini, teknologi telah memainkan peran utama dalam menghadirkan solusi yang efisien dan inovatif, salah satunya adalah Cloud CRM.

Lantas, apa itu cloud CRM? Yuk pelajari bersama dengan menyimak artikel RedERP berikut ini!

 

Apa Itu Cloud CRM?

Cloud CRM merupakan sistem yang dijalankan di cloud yang berfungsi sebagai strategi manajemen hubungan antara perusahaan dan pelanggan. 

CRM sendiri merupakan singkatan dari Customer Relationship Management, yakni pendekatan strategis dan teknologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan meningkatkan interaksi serta hubungan dengan pelanggan. 

Cloud hosting pada dasarnya adalah penyediaan layanan sistem sesuai permintaan. Dengan adanya teknologi ini, pengguna dapat mengakses CRM dari berbagai perangkat, kapan saja dan di mana saja berada.

 

Perbedaan CRM Cloud dan CRM On Premise

Terdapat perbedaan antara CRM berbasis cloud dengan sistem CRM on premise. Di dalam sistem CRM on-premise, perusahaan sendiri yang akan mengelola host dan mengoperasikan server serta jaringan yang menyimpan database pelanggan. 

Penggunaan sistem on premise juga mengharuskan perusahaan untuk menyediakan infrastruktur yang mumpuni, serta pe harus membayar dan mengelola semua sumber daya yang diperlukan untuk menjalankan CRM.

Dalam skenario ini, perusahaan memerlukan staf TI untuk merawat sistem dan menghadapi biaya awal yang signifikan untuk menciptakan dan mengelola platform CRM.

Di sisi lain, dengan cloud CRM yang di-host oleh penyedia layanan, semua infrastruktur untuk menjalankan sistem diatur oleh penyedia tersebut. Perusahaan akan mengakses CRM melalui aplikasi berbasis web atau dasbor melalui koneksi internet. 

Dalam pengaturan ini, perusahaan tidak perlu menghadapi biaya awal untuk membuat dan meng-host seluruh sistem serta tidak bertanggung jawab atas pembaruan, manajemen keamanan, dan pemeliharaan.

 

Untuk Apa Saja CRM Cloud Digunakan?

Efektivitas suatu sistem CRM tergantung pada fitur-fiturnya. Saat menilai efektivitas suatu sistem dalam mengelola interaksi dengan pelanggan, terdapat beberapa fitur penting yang akan mendukung hasil bisnis yang lebih baik.

 

1. Informasi Pelanggan

Sebagai hal utama,  CRM harus diisi dengan semua informasi pelanggan yang relevan untuk memahami dan terhubung dengan customer.

 

2. Integrasi dalam Platform

CRM akan lebih bermanfaat jika memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan sumber data eksternal dan terhubung dengan alat bisnis seperti email dan sistem hosting situs web. 

Fleksibilitas dan penyesuaian berperan penting dalam memastikan kita dapat memanfaatkan sebaik mungkin tools CRM.

 

3. Dasbor

Dasbor mirip dengan kursi pengemudi di mana setiap karyawan dapat dengan cepat dan mudah melihat wawasan pelanggan melalui berbagai metrik dan data. 

Semakin mudah digunakan, semakin efektif sistem tersebut karena wawasan yang relevan dapat ditemukan dan diambil tindakan oleh siapa pun yang melihat data tersebut.

 

4. Otomatisasi

Sistem CRM yang cerdas harus mampu mengotomatisasi tindakan yang lebih repetitif untuk meningkatkan produktivitas dan keterlibatan pelanggan.

 

5. Manajemen Sales Funnel

CRM memungkinkan kita untuk melacak dan mengukur suatu campaign, menilai suatu prospek melalui pipeline, mengelola konversi, dan menganalisis perkiraan.

 

6. Manajemen Data

Dengan sistem ini, Anda dapat menyimpan data pelanggan yang berharga, sehingga harus memiliki perlindungan data yang kuat.

 

Baca Juga: Daftar Rekomendasi CRM Enterprise Software

 

Manfaat Penerapan CRM Cloud dalam Bisnis

CRM berbasis cloud memiliki banyak manfaat mulai dari meningkatkan efektivitas dan produktivitas dalam interaksi dengan pelanggan hingga kemudahan dalam peningkatan dan skalabilitas. 

Hal yang paling penting, ini memungkinkan perusahaan untuk memperbaiki penawaran layanan pelanggan sambil meningkatkan efisiensi proses internal.

 

1. Mudah untuk Dipasang

Tidak perlu menyediakan perangkat keras, server, dan keamanan memungkinkan perusahaan untuk dengan cepat menyesuaikan strategi pelanggan tanpa biaya awal dan beban pengembangan in-house.

 

2. Mudah untuk Dioperasikan

Perusahaan tidak perlu menanggung biaya perangkat keras dan pemeliharaan karena hal ini dikelola oleh penyedia CRM. 

Ini mengurangi beban infrastruktur pada perusahaan dan memungkinkan bisnis beradaptasi dengan baik di saat situasi dan kebutuhan seklu berubah seiring waktu.

 

3. Mendukung Kerja Sama Tim

Setiap anggota perusahaan dapat mengakses informasi pelanggan yang relevan saat mereka membutuhkannya, baik di dalam perusahaan atau saat bekerja dari jarak jauh, sehingga memastikan tidak ada yang tertinggal. 

Dengan operasi online, lebih mudah untuk memiliki tenaga kerja yang terhubung dan terbaru, yang memungkinkan perusahaan menjadi lebih responsif terhadap perubahan kebutuhan dan perilaku pelanggan saat timbul.

 

4. Fleksibel

Sistem ini menawarkan opsi yang fleksibel yang menjamin ada skalabilitas dan ruang untuk berkembang seiring perubahan dan perkembangan bisnis.

CRM berbasis cloud menawarkan alat dan fitur yang tersedia saat diperlukan untuk beradaptasi dengan perubahan kebutuhan dan perilaku pelanggan.

 

5. Sistem Keamanan yang Baik

Keamanan tidak boleh diabaikan di bagian mana pun dalam perusahaan, termasuk CRM. Dengan platform yang dijalankan di cloud, penanganan cadangan, bug, dan insiden apapun dapat dilakukan dengan cepat dan mulus.

 

Cara Tepat Memilih CRM Cloud

Proses pemilihan CRM berbasis cloud harus melibatkan beberapa langkah penting untuk memastikan Anda memanfaatkan platform ini dengan baik. 

Berikut beberapa tips dalam memilih CRM cloud yang tepat

 

1. Identifikasi Kebutuhan

Apa saja kebutuhan dan tujuan perusahaan? Hal ini perlu ditetapkan dengan jelas agar dapat digunakan sebagai kriteria saat membandingkan berbagai pilihan sistem CRM yang Ada.

 

2. Tetapkan Anggaran

Tidak ada yang memiliki dana tak terbatas, jadi menetapkan anggaran akan membantu menentukan daftar fitur yang Anda perlukan sambil mempertimbangkan biaya saat membandingkan berbagai penawaran CRM.

 

3. Pahami Fitur dan Manfaatnya

Fitur-fitur canggih memang menarik, tetapi penting untuk jelas tentang apa yang ditawarkan oleh CRM dan bagaimana fitur tersebut akan membantu perusahaan mencapai tujuan dan objektifnya.

 

4. Pilih Mitra yang Tepat

Sangat penting untuk memilih mitra yang tepat untuk solusi CRM berbasis cloud Anda. Pastikan mitra yang Anda pilih dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan perusahaan baik saat ini maupun di masa depan seiring perubahan yang terjadi seiring waktu.

 

Sistem Cloud CRM Terbaik Ada di RedERP

banner rederp

Saat membahas tentang solusi Customer Relationship Management (CRM) berbasis cloud, tidak dapat diabaikan bahwa ada berbagai platform yang menawarkan layanan tersebut.

Salah satu dari platform tersebut adalah RedERP. RedERP telah dikenal sebagai salah satu penyedia solusi Cloud CRM yang menawarkan sejumlah fitur dan manfaat bagi bisnis dalam mengelola interaksi dengan pelanggan.

Salah satu keunggulan utama dari software CRM RedERP adalah integrasi yang kuat antara fungsi ERP dan CRM, memungkinkan perusahaan untuk mengelola proses bisnis secara menyeluruh, termasuk interaksi dengan pelanggan.

Dengan fitur-fitur yang kuat dan integrasi yang menyeluruh, RedERP menawarkan kesempatan bagi bisnis untuk mengoptimalkan strategi pelayanan pelanggan mereka dan meraih keuntungan kompetitif dalam lingkungan bisnis yang terus berubah

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami