Table of Contents
Table of Contents

Enterprise Software: Pengertian, Jenis, dan Rekomendasinya

enterprise software

Sebuah industri yang telah menjadi besar, tentu saja membutuhkan teknologi yang kompleks.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa enterprise software hadir.

Software ini mampu menyediakan kemudahan bagi industri besar dengan fitur dan fungsi yang ditawarkannya.

Ditambah sistem yang sudah terintegrasi menjadikan perangkat lunak ini sangat diandalkan.

Untuk mengetahui selengkapnya. Simak penjelasannya lebih lanjut pada artikel RedERP berikut ini! 

 

 

Apa Itu Enterprise Software?

Enterprise software adalah kategori aplikasi komputer yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan organisasi atau bisnis besar.

Software ini juga dikenal dengan sebutan Enterprise Application Software (EAS).

Software enterprise biasanya merupakan perangkat lunak yang kompleks dan kaya akan fitur yang terintegrasi dengan berbagai fungsi dan proses di berbagai departemen atau fungsi di dalam organisasi.

Enterprise software ini bertujuan untuk mendukung dan mengotomatisasi proses bisnis, meningkatkan produktivitas, meningkatkan efisiensi, dan memfasilitasi komunikasi dan kolaborasi dalam organisasi.

Software enterprise sering kali mencakup berbagai macam aplikasi seperti software CRM, supply chain management, project management, ERP, business intelligence, dan banyak lainnya.

Aplikasi-aplikasi ini saling terintegrasi dan saling terhubung, sehingga memungkinkan data mengalir lancar di antara sistem yang berbeda dan memungkinkan proses pengambilan keputusan yang lebih efisien dan operasional yang lebih sederhana. 

 

Baca Juga: ERP Consultant: Pengertian, Jenis, Skill, dan Tugasnya

 

Mengapa Enterprise Software Penting?

Karena fitur dan fungsi yang dimilikinya, perangkat lunak enterprise ini menjadi pusat dari fungsi bisnis sehari-hari dan menunjang operasional organisasi.

Berikut ini beberapa contoh bagaimana enterprise software memberikan solusi pada bisnis.

 

1. Meningkatkan Efisiensi Perusahaan 

Software ini menghadirkan otomatisasi pada area seperti manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), pemasaran, dan penginputan data, memungkinkan para karyawan untuk berfokus pada tugas yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan. 

 

2. Meningkatkan Produktivitas Karyawan 

Enterprise software memanfaatkan teknologi dan peralatan seperti program manajemen proyek, kecerdasan buatan (AI), analisis data, serta pembelajaran mesin yang memudahkan kerjasama antar tim.

Dengan adanya hal tersebut dapat membantu karyawan dalam menyelesaikan tugas mereka secara efisien. 

 

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Enterprise software dalam mengelola hubungan pelanggan, dan otomasi pemasaran, memungkinkan perusahaan atau firma tertentu dapat mengembangkan pemahaman yang mendetail tentang klien dan kebutuhan mereka.

Dengan menyatukan dan memusatkan data pelanggan, perusahaan dapat memberikan pengalaman layanan yang dapat memenuhi permintaan pelanggan. 

 

Jenis Enterprise Software 

Terdapat beberapa jenis enterprise software yang tersedia. Software tersebut dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori dasar. Jenis-jenis tersebut terbagi:

 

1. Human Resource Planning

Aplikasi enterprise ini membantu perusahaan untuk melakukan manajemen SDM. Biasanya terdiri dari alat untuk melakukan pengawasan dan mengontrol fungsi SDM seperti:

  • Perekrutan dan pelatihan
  • Manajemen cuti tahunan
  • Penggajian
  • Retensi dan employee engagement

Dengan menyatukan semua fungsi yang harus diawasi oleh departemen HR, hasilnya HR dapat bekerja lebih efisien dan memberikan nilai yang lebih besar bagi perusahaan.

 

2. Supply Chain Management

Saat ini, rantai pasok menjadi semakin kompleks. Mulai dari produsen, supplier, logistik, dan peritel yang semuanya bekerja sama untuk mengirimkan barang dan jasa.

Dengan begini, tentunya semua industri membutuhkan infrastruktur digital yang efisien untuk mengoordinasikan dan mengelola tugas-tugas dalam rantai pasok, seperti:

  • Melacak barang
  • Pembaruan produksi
  • Pembuatan invoice supplier
  • Audit supplier

Supply chain tools yang efektif akan memberikan organisasi visibilitas penuh atas rantai pasok untuk meningkatkan prediksi, mengurangi biaya inventaris, dan meningkatkan pemanfaatan kapasitas.

 

3. Business Intelligence

Business intelligence adalah software enterprise yang menyatukan data yang disimpan di berbagai sumber, pusat data lokal, dan spreadsheet untuk keperluan analisis dan pelaporan.

Setiap orang dalam organisasi akan mendapatkan tampilan data yang konsisten melalui dasbor interaktif.

Perangkat lunak ini menyoroti pola dan tren sehingga Anda dapat memperoleh wawasan berharga tentang proses bisnis, membuat keputusan strategis, serta menghindari analisis manual yang memakan waktu.

 

4. Customer Relationship Management

Software CRM membantu perusahaan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan lebih baik, mengembangkan wawasan tentang kebutuhan pelanggan melalui data.

Perangkat lunak ini juga bisa memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan yang sudah dan membantu proses pengambilan keputusan yang tepat tentang prospek baru.

Dengan adanya informasi tentang klien yang ada dan calon klien di satu tempat, perusahaan dapat mempersonalisasi komunikasi mereka dan membangun hubungan yang lebih dalam.

Mereka juga dapat menyatukan data dari berbagai sumber dari berbagai departemen untuk membangun jalur penjualan dan membuat perkiraan keuangan.

 

5. Enterprise Resource Planning

Sistem ERP ini membantu perusahaan untuk mengelola berbagai proses bisnis, termasuk penjualan, SDM, rantai pasok, manajemen proyek, di dalam satu sistem terpusat.

Banyak perusahaan menggunakan software ERP untuk mengelola data organisasi secara terpusat, mengotomatisasi tugas dan menyederhanakan proses bisnis.

ERP juga memberikan efisiensi operasional dan meningkatkan profitabilitas.

 

Baca Juga: Apa Saja Jenis-jenis dari ERP Integration di Pasaran?

 

Rekomendasi Enterprise Software  

Saat ini, sudah ada banyak sekali software enterprise yang ada dipasaran.

Ketika Anda berniat untuk mengimplementasikan software ini pada bisnis Anda, pastikan Anda memilih perangkat yang memang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Berikut ini beberapa rekomendasi enterprise software yang bisa Anda pilih dan pertimbangkan.

 

1. SAP ERP

enterprise software sap
Sumber: SAP Official Website

 

SAP adalah penyedia terkemuka dalam solusi enterprise resource planning (ERP), dengan produk SAP ERP yang menyediakan fungsi terintegrasi untuk manajemen keuangan, pengadaan, produksi, distribusi, dan sumber daya manusia.

 

2. Zendesk Sell

Zendesk Sell adalah platform penjualan yang sangat lengkap. Platform ini dapat meningkatkan produktivitas, proses dan visibilitas pipeline.

Platform ini memiliki fungsi untuk melacak percakapan, menyederhanakan aktivitas penjualan harian, dan meningkatkan visibilitas pipeline dan kinerja.

Software Zendesk Sell menawarkan intelijen email penjualan melalui fitur seperti pelacakan email, pelaporan aktivitas, pemberitahuan.

Terdapat juga fitur pencatatan dan perekaman panggilan, pengiriman teks, serta analisis panggilan.

 

3. Salesforce

enterprise software salesforce
Sumber: Salesforce Official Website

 

Salesforce adalah platform CRM terkemuka yang juga menyediakan berbagai solusi enterprise lainnya, termasuk pemasaran, layanan pelanggan, analitik, dan aplikasi khusus industri.

Software ini memiliki fitur yang dapat memproses keluhan pelanggan secara otomatis. Terdapat juga fitur manajemen prospek, manajemen campaign, dan template email.

 

4. Datapine

Datapine adalah BI software yang terintegrasi yang membantu Anda dalam mengelola berbagai proses bisnis.

Software ini menawarkan solusi yang lengkap untuk mengelola berbagai fungsi seperti keuangan, penjualan, pemasaran, SDM, IT, service and support, dan layanan procurement.

 

5. ServiceNow

enterprise software servicenow
Sumber: ServiceNow Official Website

 

ServiceNow adalah platform yang fokus pada manajemen layanan dan operasi perusahaan.

Solusi ServiceNow mencakup IT Service Management (ITSM), IT Operations Management (ITOM), Customer Service Management (CSM), dan lain-lain.

 

Baca Juga: Contoh Software Engineering dan Manfaatnya

 

Gunakan Enterprise Software Terbaik dari RedERP

Software ERP
Software ERP

 

Enterprise software adalah salah satu perangkat menjanjikan yang membantu Anda dalam menyederhanakan berbagai operasional bisnis dalam satu sistem yang terintegrasi.

Sehingga hasilnya bisnis dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Kehadirannya mendukung industri untuk terus mampu menciptakan inovasi dan menjawab kebutuhan konsumen.

Maka tidak heran bila bisnis besar melihat software ini sebagai kebutuhan.

Salah satu enterprise software yang mampu mendukung Anda untuk dapat memaksimalkan operasional bisnis juga bisa Anda dapatkan dalam Software ERP RedERP.

Secara garis besar, Software ERP RedERP menyediakan sejumlah modul yang mengedepankan efisiensi dan efektivitas terhadap operasi bisnis perusahaan secara menyeluruh.

RedERP menyediakan rangkaian modul yang mencakup operasi akuntansi, manufaktur, manajemen proyek, manajemen aset, CRM, hingga POS (Point of Sale) & Integration.

Ditambah lagi dengan ketersediaan sistem terintegrasi, terotomatisasi, dan serba real-time. Sehingga tentu saja sangat akan memudahkan proses bisnis perusahaan Anda.

Untuk mendapat enterprise software RedERP, Anda bisa menghubungi layanan kontak call center yang tercantum pada laman utama website RedERP.

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami