Table of Contents
Table of Contents

Apa Itu Resi? Berikut Fungsi hingga Cara Mengeceknya

resi

Resi adalah sebuah dokumen yang biasanya di dalamnya berisikan nomor unik. Dokumen ini sendiri biasanya menerangkan apa barang yang kita pesan, siapa penerimanya, serta kemana barang tersebut dikirimkan.

Nomor unik ini sangat umum ditemukan dalam transaksi online, biasanya setelah penjual menyerahkan barang yang dipesan kepada ekspedisi, maka jasa ekspedisi akan memberikan nomor resi. 

Nantinya, nomor ini menjadi informasi berharga bagi pebisnis dan pelanggan dalam melacak barang.

Untuk lebih jelasnya, mari simak artikel RedERP berikut ini!

 

Apa Itu Resi?

Dalam konteks yang paling umum, resi adalah sebuah bukti tertulis yang mencatat transaksi antara dua pihak.

Dalam hal ini, ia berfungsi sebagai tanda terima yang diberikan kepada konsumen oleh penjual atau penyedia layanan.

Selain itu, penggunaan resi juga ditemukan dalam transaksi bisnis ke bisnis atau bahkan dalam perdagangan saham.

Namun, dengan berkembangnya penjualan secara online, dokumen ini seringkali dihubungkan dengan tanda terima pengiriman barang dari jasa ekspedisi.

Dokumen satu ini sangat berguna untuk proses pengembalian barang, resi digunakan sebagai bukti transaksi tersebut.

Resi juga digunakan untuk mengkonfirmasi penerimaan barang di gudang atau dari pabrik.

Dalam jasa ekspedisi, nomor resi yang terdapat pada suatu barang akan dimasukkan ke dalam sistem pelacakan. Sehingga memungkinkan berbagai pihak untuk memantau posisi dan status pengiriman barang.

 

Fungsi Resi 

Resi adalah menjadi salah satu elemen krusial dalam pendistribusian barang baik untuk bisnis atau juga untuk pelanggan.

 

a. Bagi Bisnis

Terdapat beberapa fungsi resi untuk dalam bisnis, yaitu:

 

1. Bukti Transaksi

Resi merupakan bukti sah yang menunjukkan bahwa transaksi telah terjadi antara bisnis dan pelanggan.

Resi mencakup rincian pembelian, termasuk tanggal, waktu, item yang dibeli, jumlah, harga, dan metode pembayaran.

Ini membantu mencegah perselisihan atau kesalahpahaman di kemudian hari.

 

2. Pelacakan Inventaris

Dengan mencatat setiap item yang terjual dalam resi, bisnis dapat melacak persediaan dan memantau stok.

Informasi ini penting untuk memastikan ketersediaan produk dan menghindari kekurangan atau kelebihan stok.

 

3. Pelaporan Keuangan

Resi membantu dalam penyusunan laporan keuangan yang akurat. Informasi dari resi digunakan untuk menghitung pendapatan harian, penjualan kumulatif, dan analisis keuangan lainnya.

Hal ini penting untuk mengelola keuangan bisnis dengan efektif.

 

4. Pengembalian dan Penukaran

Resi biasanya diperlukan saat pelanggan ingin melakukan pengembalian barang atau menukar produk yang dibeli.

Resi membantu bisnis mengidentifikasi pembelian yang tepat, memverifikasi tanggal pembelian, dan memastikan bahwa proses pengembalian berjalan dengan lancar

 

5. Layanan Pelanggan

Resi dapat berfungsi sebagai referensi untuk layanan pelanggan. Jika pelanggan memiliki pertanyaan atau masalah terkait pembelian, bisnis dapat menggunakan informasi di resi untuk memberikan dukungan yang tepat dan mengatasi masalah dengan cepat.

 

b. Bagi Pelanggan

Selain berguna bagi bisnis, berikut ini fungsinya bagi pelanggan.

 

1. Melacak Pengiriman Barang

Nomor resi ini sangat penting karena digunakan oleh pelanggan untuk melacak dan mengetahui lokasi barang yang telah dibeli. Kerahasiaan nomor ini juga harus dijaga agar tidak disalahgunakan.

 

2. Sebagai Syarat Komplain

Dalam kasus kesalahan pengiriman barang yang terkadang terjadi, seperti kesalahan dari kurir jasa ekspedisi, resi dapat digunakan untuk mengajukan komplain.

Sebagai pembeli, Anda bisa mengajukan komplain dengan menunjukkan nomor dari dokumen tersebut kepada jasa ekspedisi.

 

3. Garansi

Jika produk yang dibeli memiliki masa garansi, resi adalah bukti pembelian yang diperlukan untuk klaim garansi.

Pelanggan dapat menunjukkan resi saat membutuhkan perbaikan, penggantian, atau dukungan lainnya yang tercakup dalam garansi.

 

4. Mengambil Barang di Kantor Ekspedisi

Nomor resi juga memungkinkan pelanggan untuk mengambil barang secara langsung di kantor jasa ekspedisi.

Beberapa pelanggan memilih untuk mengambil paket mereka sendiri di kantor jasa ekspedisi, seperti untuk mendapatkan barang lebih cepat daripada menunggu kurir mengantarkannya ke rumah. 

Pelanggan yang memahami cara kerja nomor resi akan melakukan pengecekan lokasi paket melalui website.

Jika mereka mengetahui bahwa paket sudah sampai di kota tempat tinggal mereka, mereka dapat langsung mengambilnya di kantor ekspedisi setempat.

 

Baca Juga: Apa Bedanya Perusahaan Logistik dan Jasa Ekspedisi?

 

Cara Melacak Nomor Resi

Setelah memahami definisi dan fungsi nomor resi, saatnya Anda untuk memahami cara melakukan pengecekan nomor resi guna melacak paket. Berikut adalah langkah-langkahnya:

 

1. Website Ekspedisi

Cara melacak nomor resi bisa Anda lakukan dengan mudah dengan mengunjungi website resmi ekspedisi yang Anda gunakan.

Pada umumnya, setiap jasa ekspedisi sudah melengkapi website mereka dengan menu untuk melacak resi.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah membuka website resmi ekspedisi, lalu masukkan nomor resi yang Anda miliki. Dengan cepat website akan menampilkan hasil dari posisi paket Anda.

 

2. Melalui Website Pihak Ketiga

Sekarang ada banyak pilihan untuk melakukan cek resi online, sudah banyak website yang memungkinkan Anda melacak resi.

Salah satunya adalah website cekresi.com, berikut ini langkah melakukannya:

  • Buka www.cekresi.com melalui browser Anda.
  • Pilih ekspedisi yang Anda gunakan.
  • Masukkanlah nomor resi yang Anda punya.
  • Tunggu beberapa saat, website akan menunjukkan posisi dari barang Anda.

 

3. Melalui Aplikasi Smartphone

Anda juga bisa melakukan pengecekan resi melalui smartphone dengan cara mengunduh aplikasi dari ekspedisi yang Anda gunakan.

Saat ini, sudah banyak sekali ekspedisi yang memiliki aplikasi khusus yang dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Cara cek resi melalui smartphone pun mudah, unduh dan install aplikasi ekspedisi yang Anda gunakan, lalu buat akun dengan email. Setelah selesai, Anda bisa menggunakan menu khusus di dalam aplikasi untuk mengecek resi.

Nantinya, Anda bisa melihat informasi mengenai barang yang Anda pesan.

Itulah beberapa informasi penting yang perlu diketahui mengenai resi pengiriman.

Semoga setelah membaca artikel ini, segala kebingungan Anda terkait dengan resi pengiriman telah teratasi, ya! Nantikan artikel lainnya.

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami