Table of Contents
Table of Contents

6 ERP Components yang Harus Ada dan Dipertimbangkan

erp components

Ketika perusahaan memutuskan untuk mulai mengimplementasikan software ERP (Enterprise Resource Planning) dalam bisnisnya, sangat penting untuk memerhatikan ketersediaan ERP components yang ditawarkan. 

Software ERP sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang dirancang sesuai kebutuhan perusahaan masa kini. Software ini sangat mengedepankan sistem terintegrasi dan terotomatisasi dalam pengoperasiannya.

Pada artikel kali ini, RedERP akan membantu Anda untuk mendalami lebih jauh terkait ERP components apa saja yang ada pada sebuah software ERP, baik yang bersifat penting (core) maupun tambahan (secondary). 

Yuk, simak penjelasan lanjutannya di sini!

 

6 ERP Components yang Penting

Keenam komponen penting yang wajib dimiliki oleh sebuah software ERP, di antaranya adalah Human Resource (HR), Customer Relationship Management (CRM), Business Intelligence, Supply Chain Management (SCM), Inventory Management System, dan Financial Management.

Keenam komponen tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda, berikut ulasannya.

 

1. Human Resource (HR)

Komponen Human Resource (HR) atau Sumber Daya Manusia memiliki fungsi penting terkait pengelolaan karyawan mulai dari onboarding hingga offboarding serta administrasi tunjangan sampai ketepatan waktu.

Mengingat pengelolaan sumber daya manusia termasuk salah satu aspek krusial yang harus dikelola, maka komponen human resource dilahirkan untuk menunjang pengorganisasian hal tersebut. 

Sementara itu, perusahan komponen human resource banyak membutuhkan fitur utama, yakni penggajian. Fitur ini mencakup otomatisasi pengiriman hingga aktivitas pengelolaan lainnya terkait penggajian. 

Fitur lainnya yang dimiliki komponen human resource yaitu absensi, perpajakan, pelatihan karyawan, dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga: Human Capital: Pengertian, Tugas, hingga Contohnya

 

2. Customer Relationship Management (CRM)

Berikutnya adalah komponen Customer Relationship Management (CRM) atau manajemen hubungan pelanggan. Komponen ini mampu menunjang pengelolaan pelanggan dan prospek bisnis suatu perusahaan supaya dapat bertahan atau bahkan berkembang.

Di samping itu, komponen ini memungkinkan perusahaan memperoleh wawasan bisnis yang terbilang akurat dan menjanjikan. 

Komponen CRM secara garis besar mencakup optimalisasi manajemen penjualan dan pemasaran suatu bisnis perusahaan.

 

Baca Juga: 7 Tanda Jika Perusahaan Perlu Bantuan Aplikasi CRM

 

3. Business Intelligence

Selanjutnya adalah business intelligence yakni komponen ERP penting yang dapat membantu perusahaan dalam merancang proses pengambilan keputusan berbasis data secara cepat. Ini meliputi pengumpulan, analisis data, hingga pelaporan yang terotomatisasi dan komprehensif.

Pada beberapa software ERP bahkan laporan yang ditampilkan mampu divisualisasikan dalam bentuk angka hingga visual seperti diagram batang dan sebagainya.

 

4. Supply Chain Management (SCM)

Supply Chain Management (SCM) ialah komponen ERP penting berikutnya yang mampu membantu perusahaan dalam mengelola rantai pasokan bisnisnya seefisien dan seoptimal mungkin.

Komponen ini memiliki kemampuan yang tidak kalah canggih dengan komponen penting sebelumnya, misalnya penyediaan data real time di mana dapat mengatasi, menemukan, hingga memperbaiki suatu permasalahan bisnis yang terjadi secara cepat. 

Komponen tersebut juga mampu meramalkan permintaan konsumen, sehingga Anda dapat membuat rencana produksi yang akurat.

 

5. Inventory Management System

Kemudian ada Inventory Management System atau sistem manajemen inventaris, salah satu komponen ERP yang berdiri paling kolaboratif. Artinya, ERP components ini memiliki keterkaitan dengan komponen lainnya seperti SCM dalam pengoperasiannya. Tujuan utama dari komponen ini ialah untuk mengelola pemenuhan pesanan dan menyimpan gudang.

Komponen manajemen inventaris terbaik hadir dengan fitur pelacakan yang menghilangkan kontrol inventaris manual. Fitur-fitur ini termasuk pelacakan nomor seri multi-level, pelacakan tingkat revisi, dan beberapa unit pengukuran per ID produk.

 

6. Financial Management 

Terakhir ialah Financial Management, komponen penting ERP yang terlibat dalam menunjang sekaligus memaksimalkan pengelolaan aspek keuangan bisnis suatu perusahaan. Komponen ERP penting ini memungkinkan kondisi finansial bisnis perusahaan Anda tetap sehat.

Selain itu, komponen ini juga mampu menjalankan tugas terkait lainnya seperti menyimpan dan menganalisis seluruh data keuangan bisnis perusahaan termasuk hutang, piutang, biaya, anggaran, dan perkiraan pengeluaran. 

Fitur tersebut dapat membantu Anda dalam memaksimalkan usaha sembari menekan pengeluaran biaya bisnis.

 

Komponen Tambahan dalam ERP 

ERP components tidak hanya terbatas pada enam komponen yang telah disebutkan sebelumnya. Adapun komponen tambahan yang tersedia dalam software ERP antara lain: 

 

1. Manajemen Risiko

Komponen ini dapat memprediksi dan mengurangi risiko bisnis secara rapi. Selain itu, manajemen risiko juga bisa memberikan saran terkait rencana kesinambungan bisnis untuk keadaan darurat dan situasi yang di luar rencana.

 

2. Marketing Resource Management

Marketing Resource Management (MRM) dapat menyelaraskan orang, proses, dan teknologi untuk mendukung dan meningkatkan upaya pemasaran bisnis perusahaan.

 

3. Manajemen Pesanan Penjualan

Manajemen pesanan penjualan membantu perusahaan Anda dalam mengelola pesanan penjualan melalui seluruh siklus hidup, mulai dari pembuatan pesanan penjualan hingga penagihan.

 

Baca Juga: 6 Cara Menentukan Target Penjualan dan Mencapainya

 

4. Sistem Perencanaan Lanjutan

ERP components ini memanfaatkan data untuk melacak biaya produksi barang-barang manufaktur.  Selain itu, sistem perencanaan lanjutan juga memungkinkan perusahaan Anda dalam mengoptimalkan alokasi bahan baku dan kapasitas untuk menyeimbangkan permintaan konsumen dengan ruang gudang yang tersedia.

 

5. Manajemen Acara

Manajemen acara merupakan komponen yang memungkinkan pengguna akhir untuk menjalankan acara dan program perhotelan dari proses awal hingga akhir.

 

Pilih ERP Components Terbaik untuk Bisnis Anda

 

Software ERP
Software ERP

 

Kehadiran software ERP di Indonesia kini terbilang sudah cukup lazim untuk ditemui.

Namun, tentunya setiap vendor ERP memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk dapat memilih vendor ERP yang mampu menyediakan software dengan ERP components terlengkap dan sesuai kebutuhan bisnis. 

Di antara seluruh vendor ERP yang ada, RedERP dapat menjadi pilihan teratas sekaligus terbaik bagi perusahaan Anda. Sebab, software ERP milik RedERP sudah didesain secara kompleks dan fungsional yang mampu memenuhi kebutuhan mayoritas perusahaan saat ini. 

Software ERP dari RedERP juga sudah dilengkapi oleh sistem terotomatisasi dan terintegrasi yang sangat baik. Tampilan pengoperasiannya juga tergolong user friendly, sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menjalankan sistem software ERP RedERP. 

Fitur-fitur yang disediakan juga sudah mencakup keseluruhan aspek-aspek penting operasional suatu bisnis mulai dari keuangan, inventori dan distribusi, manajemen pengadaan, manajemen aset, manajemen proyek, manufaktur serta produksi, POS & integrasi, hingga Customer Relationship Management (CRM).

Jadi, tunggu apalagi? Ayo, segera ajukan demonya secara gratis atau hubungi kontak layanan call center yang tertera pada laman utama website RedERP untuk dapat bergabung bersama kami mulai hari ini! 

Dengan software ERP RedERP, setiap aspek operasional bisnis perusahaan kini dapat dijalankan secara praktis, efisien, dan optimal! 

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami