7 Fitur Penting Software Logistik Untuk Tingkatkan Produktivitas Bisnis

7 Fitur Penting Software Logistik Untuk Tingkatkan Produktivitas Bisnis

Penggunaan teknologi digital memberi pembeda secara nyata dalam seluruh kegiatan operasional perusahaan di era industri 4.0 sekarang ini. Adanya teknologi senantiasa membantu bisnis Anda untuk jadi yang terdepan dan untuk mendukung hal tersebut, Anda harus paham cara mengoperasikannya teknologinya.

Sejumlah perusahaan yang telah maju dan berkembang memanfaatkan teknologi melalui software logistik agar dapat menunjang operasional bisnis. Software ini dikhususkan bagi memudahkan pencatatan seluruh aktivitas bisnis perusahaan.

Mulai dari perencanaan, pengaturan sumber daya dan inventaris, hingga pemilihan armada untuk distribusi seluruhnya dapat didigitalisasikan. Sehingga mampu mempercepat dan meminimalisir terjadinya kesalahan data.

Perlu Anda ketahui, bahwa software logistik ini terdiri dari beberapa jenis fitur di dalamnya. 

Pada kesempatan kali ini, RedERP akan mengulas mengenai fitur software logistik terbaik yang mampu meningkatkan produktivitas bisnis. Langsung simak pembahasannya hingga tuntas.

 

Manfaat Penggunaan Software Logistik

Penggunaan software logistik tentunya memberikan berbagai macam manfaat bagi bisnis atau perusahaan, yaitu:

 

  1. Mencegah Human Errors. Pengelolaan data yang rumit bisa dilakukan lebih mudah, sehingga meminimalisir potensi kesalahan akibat human error.
  2. Pengiriman Lebih Cepat. Membantu mempercepat dalam pengaturan pengiriman barang, sehingga barang atau produk bisa terkirim dengan lebih cepat ke konsumen.
  3. Layanan Transportasi yang Ditingkatkan. Membantu perusahaan mengelola data yang berkaitan dengan transportasi pengiriman logistik serta kondisi dari kendaraan yang digunakan. Dengan begitu, perhitungan akan jauh lebih akurat dan pengambilan keputusan bisa menjadi lebih optimal.
  4. Fungsi Otomatis. Dapat menjalankan beberapa fungsi praktis secara otomatis, seperti menentukan jalur pengiriman, pembagian armada, dan hal-hal terkait lainnya.
  5. Potongan Biaya. Memudahkan perusahaan dalam melakukan pertimbangan dan pemilihan berbagai layanan pengiriman yang ada dengan cara menghitung biaya dan sumber daya yang tersedia. Tujuannya yaitu agar mendapatkan harga yang paling sesuai.

 

Baca juga: Alasan Mengapa Aplikasi Supply Chain Management Penting Bagi Perusahaan

 

Jenis Industri yang Membutuhkan Software Logistik

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, Anda juga perlu mengenal industri apa saja yang membutuhkan software logistik. Berikut beberapa bisnis industri yang memerlukannya. 

 

1. Industri Manufaktur dan Distribusi

Dalam industri manufaktur dan distribusi, produsen selalu berusaha keras untuk mencari solusi agar mereka dapat meningkatkan efisiensi di pabrik dan menghemat biaya operasional. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan memanfaatkan software logistik.

Dengan bantuan perangkat lunak ini, industri manufaktur dan distribusi dapat memantau proses pengiriman dan prosesnya dapat dilakukan dengan cepat sehingga pelanggan menjadi puas. Selain itu, implementasinya juga memungkinkan industri manufaktur dan distribusi untuk mengontrol keuangan dan membuat invoice secara instan.

 

2. Retail

Bisnis retail kini kian menjamur sehingga tantangan yang harus dihadapi juga tak mudah. Para pelaku usaha retail, utamanya yang memiliki toko fisik, harus berhadapan dengan proses operasional yang lebih lambat dan ketersediaan produk yang tak pasti.

Tantangan di atas tentu saja dapat diatasi apabila mereka memanfaatkan software logistik. Pengiriman barang dengan software ini bisa dikelola dengan akurat dan persediaan stok barang dapat terpenuhi sesuai dengan permintaan dari konsumen. 

 

3. Industri Grosir

Penggunaan software logistik bagi industri grosir sangat bermanfaat untuk memperlancar stok barang. Dengan bantuan fitur yang ada dalam perangkat lunak tersebut, Anda tidak lagi perlu cara manual untuk mengelola dan memantau stok barang yang ada.

Anda pun bisa memastikan perpindahan barang di gudang terdata dengan baik sehingga tidak ada barang tertumpuk di gudang dalam waktu yang lama. 

 

4. Industri E-Commerce

Industri e-commerce adalah salah satu industri yang sedang berkembang sangat pesat. Hampir seluruh masyarakat kini menggantungkan kebutuhan hidupnya pada industri ini. Oleh karena itu, para pelaku bisnis e-commerce harus mampu memanfaatkan peluang tersebut dengan menjaga efisiensi dalam proses pengiriman. 

Software logistik membantu bisnis e-commerce dalam mengatur serta mengontrol pengiriman barang pada pelanggan agar barang dapat diterima dengan baik dan tepat waktu. 

 

5. Industri Transportasi Trucking

Kini jasa pengiriman ekspedisi sangat dibutuhkan mengingat banyaknya barang yang harus dikirimkan dari satu kota ke kota lain.

Untuk menghindari risiko dalam proses pengiriman, industri transportasi trucking dapat menggunakan software logistik untuk melakukan perencanaan agar barang dapat dikirim dengan lancar dan aman.  

 

6. Industri Farmasi

Terakhir, software logistik akan sangat berguna bagi industri farmasi. Industri farmasi perlu memastikan bahwa obat-obatan yang tersedia dalam inventaris memiliki kualitas yang baik. 

 

Proses pengiriman sangat berpengaruh pada kualitas obat. Oleh karena itu, para pelaku industri farmasi perlu memantau agar kendaraan yang mengangkut obat-obatan mereka tidak kelebihan muatan dan berakibat pada rusaknya barang.

Software logistik mampu membantu industri farmasi dalam mengelola rencana pengiriman obat-obatan agar barang diterima dalam keadaan baik.

 

Jenis Fitur Esensial yang Ada pada Software Logistik

Lalu, apa saja fitur-fitur esensial yang ada pada sebuah software logistik? Berikut beberapa daftar fitur-fitur pentingnya:

 

1. Manajemen Inventory

Melalui fitur ini, perusahaan dapat mengelola dan memantau tugas-tugas penting, seperti pembelian dan level pasokan, melakukan pelacakan pada produk, manajemen kedaluwarsa, dan hal-hal penting lainnya. 

Fitur ini tidak hanya membantu perusahaan dalam meningkatkan visibilitas pada bisnis, tapi juga mendukung pemenuhan pesanan, kontrol gudang, dan pemasok.

 

2. Manajemen Transportasi

Fitur manajemen transportasi berguna untuk memudahkan perusahaan dalam mengidentifikasi metode shipping mana yang lebih terjangkau pada setiap pengiriman yang terjadi, melakukan tracking secara real-time, dan melakukan penjadwalan shipping dengan akurat.

 

3. Manajemen Pergudangan

Fitur manajemen pergudangan pada software logistik dapat memudahkan perusahaan dalam menjalankan operasional bisnisnya. 

Fitur ini akan membagi pesanan menjadi beberapa batch berdasarkan lokasi produk. Selain itu, fitur manajemen pergudangan dapat membantu staf gudang untuk memenuhi pesanan lebih cepat dan membuat keputusan lokasi penyimpanan yang lebih optimal.

 

4. Pelacakan atau Tracking

Melalui fitur pelacakan atau tracking, perusahaan dapat secara langsung memonitoring lokasi barang, baik sebelum dan sesudah barang dikirim dari/ke pemasok. 

Dengan mengandalkan barcode, GPS, dan perangkat identifikasi frekuensi radio, perusahaan dapat mengumpulkan informasi terkait barang-barang tersebut dan meningkatkan kualitas pengiriman barang, supaya menjadi lebih baik lagi.

 

5. Manajemen Risiko

Fitur yang kelima yaitu risk management atau manajemen risiko, yang memiliki fungsi untuk memudahkan pemrosesan kecelakaan, klaim asuransi, kehilangan saat pengiriman, ataupun insiden merugikan lainnya.

 

6. Integrated Accounting

Fitur integrated accounting berfungsi untuk menangani finansial bisnis perusahaan, mulai dari penawaran, pengeluaran, faktur, pajak, hingga tagihan.

Tak hanya itu saja, fitur ini juga dapat membantu perusahaan dalam memastikan seluruh informasi terkait keuangan bisnis berjalan dengan lancar dan up to date.

 

6. CRM atau Customer Relationship Management

Fitur CRM berguna untuk membantu perusahaan dalam mengelola komunikasi perusahaan dengan para pelanggan, ataupun calon pelanggan potensialnya.

Selain itu, CRM juga dapat membantu dan mendukung praktik penjualan dan juga pemasaran pada bisnis yang sedang berjalan.

 

7. Dukungan Eksport dan Import

Semakin besar skala bisnis yang Anda miliki, maka dukungan terhadap ekspor dan impor sangatlah diperlukan, terutama jika bisnis yang Anda jalankan berhubungan langsung dengan kargo internasional.

Dengan adanya fitur ini, mengelola pertukaran mata uang, bea cukai, pajak, peraturan perdagangan, dan hal lainnya, bisa dilakukan dengan mudah dan akurat.

 

Baca juga: Manfaat Penerapan Sistem ERP Finance Untuk Perusahaan

 

Sekarang Anda sudah mengetahui manfaat dan juga jenis fitur esensial yang ada di software logistik. Logistik, merupakan salah satu proses vital yang ada pada sebuah bisnis. 

 

Software Logistik Terintegrasi dari RedERP Bantu Jalankan Bisnis Lebih Mudah

 

Software ERP

Software ERP

 

Kini, Anda memahami bahwa distribusi merupakan proses penting yang perlu diperhatikan oleh setiap bidang industri tanpa kecuali. Distribusi menjadi bagian penting untuk menunjang kelancaran bisnis. Tanpa adanya logistik yang berjalan lancar maka akan sulit bagi perusahaan untuk menjalankan proses produksinya.

Oleh karena itu, penggunaan software logistik akan berguna dalam mengelola proses tersebut. 

Memilih software logistik pun tidak bisa sembarangan. Anda perlu memilih software yang mampu memenuhi segala kebutuhan bisnis, seperti software ERP Indonesia RedERP. RedERP adalah perangkat lunak ERP yang dapat membantu Anda dalam mengatur segala operasional bisnis, termasuk distribusi dan inventaris.

Dengan aplikasi RedERP, Anda bisa merencanakan dan memantau pengiriman barang yang keluar-masuk gudang. Anda juga bisa melacak perpindahan barang secara real-time.

Selain itu, modul yang terintegrasi tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengelola pengiriman, tapi juga penyimpanan serta pengontrolan stok barang. Laporan manajemen gudang bisa diterbitkan secara otomatis sesuai dengan yang Anda inginkan.

Nikmati pengelolaan logistik secara mudah, cepat, dan aman dengan software RedERP!

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or call me +62812 111 42575

× How can I help you?