Table of Contents
Table of Contents

10 Software Inventory untuk Pengelolaan Persediaan Lebih Efektif

instagram-03.jpg

Di dalam bisnis, terutama manufaktur, persediaan barang menjadi hal yang penting. Pengelolaannya akan menentukan keberlangsungan bisnis, baik dari barang yang bisa diproduksi sampai pada pengeluaran bisnis.

Saat ini, untuk membuat proses penyediaan lebih efektif dan efisien, perusahaan telah banyak menggunakan software inventory. Dengan bantuan perangkat lunak ini, perusahaan bisa mengelola segala keperluan inventori secara digital.

Lalu, apa itu software inventory dan apakah itu penting bagi perusahaan? Simak ulasan beserta rekomendasinya di artikel RedERP berikut ini!

 

 

Apa Itu Software Inventory

Pada dasarnya, software inventory merupakan suatu perangkat lunak yang digunakan oleh perusahaan untuk mempermudah dalam pengelolaan manajemen persediaan yang didalamnya terdapat aktivitas mengelola pengiriman barang, penjualan, pemesanan dan inventaris dari barang tersebut. 

Penggunaan perangkat lunak inventory app ini bagi perusahaan adalah untuk mengontrol stok gudang agar lebih terstruktur dan efektif. Nantinya perusahaan dapat menghitung produk yang tersedia secara akurat dan efektif.

Biasanya, perusahaan menggunakan software untuk memantau produk yang dibutuhkan sehingga produk yang nantinya akan dijual sudah sesuai dengan permintaan pelanggan.

Software inventory management adalah bagian yang sangat penting bagi perusahaan saat ini, karena penggunaan perangkat lunak tersebut bisa mengelola keluar masuknya barang secara otomatis dan mengoptimalkan operasi bisnis.

 

Baca Juga: Manfaat Penggunaan Software Produksi bagi Perusahaan Manufaktur

 

Mengapa Penting Menggunakan Software Inventory

Di saat semua unsur bisnis dituntut serba cepat, implementasi software inventory menjadi sebuah keharusan. Berikut adalah keuntungan utama dari penggunaan aplikasi inventory

 

1. Peningkatan Efisiensi

Software inventory management meningkatkan efisiensi bisnis secara menyeluruh dengan mempercepat penyelesaian berbagai tugas dalam produksi.

Contohnya, membantu dalam mengumpulkan data stok barang secara otomatis, dan membuat pencatatan laporan yang akurat.

 

2. Penghematan Biaya

Karena penyimpanan barang merupakan suatu instrumen kunci yang wajib dimiliki perusahaan, maka penyimpanan barang adalah salah satu investasi bagi perusahaan.

Menggunakan software inventory dapat membantu perusahaan menekan biaya operasional dengan meminimalisir barang yang tidak perlu dalam penyimpanan.

 

3. Data yang diperbaharui

Software inventory management ini memiliki fitur  data real-time dan up-to-date yang memungkinkan karyawan mengakses data melalui smartphone atau laptop. Data yang diakses akan diperbaharui secara konsisten dan dapat dipantau dari jarak jauh.

 

4. Keamanan Data

Software inventory memiliki fitur hak akses bagi setiap penggunanya. Cara ini memungkinkan para atasan atau manajer dapat memperoleh bantuan dari karyawan lain tanpa mengkhawatirkan kehilangan data penting.

 

5. Efisiensi Organisasi Gudang

Software inventory management menyediakan pengelompokan daftar produk populer yang dapat membantu distributor dan pedagang grosir menemukan barang yang dibutuhkan. Sehingga proses pengiriman dan pengelolaan barang akan lebih efisien.

 

Baca Juga: Pilihan Aplikasi Stok Barang untuk Perusahaan

 

Fitur yang Harus Ada dalam Software Inventory Management

Saat ini, sudah banyak sekali software inventory. Tentunya setiap software tersebut memiliki fitur yang berbeda-beda. Lalu, apa saja fitur yang harus ada dalam software inventory management.

 

1. Inventory Order Management

Fitur ini membantu perusahaan dalam melacak persediaan barang dengan memberikan notifikasi apabila stok barang berkurang.

 

2. Business Revenue

Fitur ini juga merupakan faktor utama untuk menghasilkan revenue dari penjualan. Selain itu, fitur ini dapat memberikan informasi mencakup rincian pendapatan keuntungan, meninjau pengeluaran dan pemasukan dan laporan inventaris.

 

3. Inventory Management

Fitur ini dapat membantu perusahaan dalam memaksimalkan keuntungan. Dalam fitur ini, perusahaan dapat mengelola ketersediaan barang, pembelian, penjualan, hingga pemeliharaan barang.

 

4. Price Management

Jika stok inventaris perusahaan dikelola dengan baik, maka perusahaan dapat menangani biaya yang dikeluarkan untuk sebuah produk.

Fitur ini akan membantu perusahaan dalam menentukan harga produk yang bisa bersaing di pasar. Selain itu, produk yang dijual dengan harga yang sesuai akan meningkatkan penjualan.

 

5. Turnover

Fitur ini dapat membantu perusahaan dalam mengelola perputaran barang. Nantinya, pelacakan barang dapat diketahui secara otomatis dan memungkinkan untuk menjaga stok barang lebih efektif untuk mendongkrak penjualan.

 

6. Trend Analysis

Salah satu fitur yang harus ada di software inventory adalah trend analysis. Karena fitur ini dapat memberikan informasi tentang tren produk dan informasi mengenai penjualan barang yang paling laris di tahun sebelumnya.

 

Baca Juga: Apa Itu Vendor Managed Inventory? Ini Penjelasannya!

 

Rekomendasi Software Inventory Terbaik

Berikut beberapa daftar rekomendasi software manajemen inventory terbaik.

 

  1. RedERP

 

RedERP adalah salah satu software inventory terbaik yang sudah berbasis cloud. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan berbagai fitur unggul yang mampu mengotomatisasi seluruh proses inventarisasi dan distribusi gudang Anda. Sehingga hasilnya lebih efektif dan efisien.

RedERP memiliki beberapa fitur yang dapat mempermudah bisnis, seperti:

  • Shipping and Receipt: Memantau dan mengelola sistem keluar dan masuknya barang di area pergudangan bisnis Anda.
  • Inventory Movement: Dengan fitur ini Anda bisa memantau perpindahan barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya secara otomatis serta real time.
  • Reporting and Analysis: Fitur ini dapat membantu Anda dalam menghasilkan beberapa laporan secara otomatis, serta membantu Anda dalam proses evaluasi manajemen pergudangan di setiap periode.
  • Warehouse and Locator Management: Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa gudang lokasi bisnis melalui sistem inventory yang komprehensif.
  • Physical Inventory Check/Stock Opname: Mengatur tata penyimpanan stock barang di gudang, dalam hal ini barang yang terlalu lama akan terdeteksi.

 

  1. Zoho

software inventory zoho
Source: zoho.com

 

Zoho Inventory adalah aplikasi inventaris yang dibangun dengan prinsip REST, prinsip yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi ini.

Aplikasi Zoho juga memungkinkan Anda untuk mengelola banyak bisnis dalam satu aplikasi. Di dalam aplikasi Zoho terdapat ID organisasi, mata uang dasar yang digunakan, zona waktu, bahasa, kontak, laporan, dan lainnya.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh Zoho, di antaranya:

  • Manajemen Barang: Fitur ini dapat mengelompokkan barang sesuai jenis dan tanggal.
  • Manajemen Multi Gudang: Fitur yang dapat membantu Anda dalam mengelola stock di beberapa lokasi gudang dan transfer barang antar gudang dengan mudah.
  • Pelanggan: Fitur mempermudah Anda dalam menerima pesanan dan mengirimkan produk ke pelanggan.
  • Vendor: Fitur ini akan mengelola transaksi dan tagihan vendor bisnis Anda dalam satu tempat. Anda tidak akan direpotkan dalam data atau hubungan vendor jika bukti transaksi hilang.

 

  1. QuickBooks

QuickBooks inventory
Source: quickbooks.intuit.com

 

QuickBooks Commerce merupakan sistem manajemen inventaris yang memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol yang mudah atas inventaris, pesanan, dan pelanggan dalam satu aplikasi.

Aplikasi inventaris ini cocok untuk bisnis kecil dan yang sedang berkembang. Dengan berbagai fiturnya, pemilik bisnis bisa lebih memfokuskan diri pada cara meningkatkan penjualan karena seluruh operasional bisnis telah berjalan secara otomatis.

 

  1. Fishbowl Inventory

Fishbowl Inventory
Source: crowdreviews.com

 

Aplikasi ini memberikan Anda visibilitas penuh dan data real-time terkait dengan stok barang secara akurat. Selain itu, Fishbowl Inventory juga memberikan Anda kemudahan dalam mengelola seluruh inventaris di beberapa lokasi sekaligus.

Dengan menggunakan software ini, Anda bisa melacak keadaan stok barang kapan dan dimanapun dengan akurat.

 

  1. inFlow Inventory

InFlow adalah software inventaris yang dapat membantu Anda untuk menghemat waktu dalam memeriksa keadaan inventaris.

Dengan menggunakan software ini, Anda dapat menghemat waktu karena InFlow akan menunjukkan kepada Anda SKU mana yang tersedia, yang dipesan, apa yang stoknya telah habis.

Terdapat juga fitur yang memungkinkan Anda untuk secara otomatis melakukan pemesanan produksi saat persediaan habis.

InFlow juga memberikan Anda akses tanpa batas, di mana Anda bisa mengakses software ini di komputer, laptop, dan tablet.

 

  1. Odoo

software inventory odoo
Source: odoo.com

 

Odoo adalah aplikasi bisnis open source yang dapat mendukung seluruh pengelolaan bisnis Anda, termasuk juga dalam pengelolaan inventaris.

Dengan menggunakan Odoo, Anda tidak lagi perlu takut mengalami kehabisan stok barang. Ini karena di dalam Odoo Anda bisa mendapatkan data real-time mengenai keadaan barang serta secara otomatis melakukan pemesanan sebelum barang habis.

 

  1. EZOfficeInventory

EzOfficeInventory adalah software end to end inventory tracking yang memungkinkan Anda untuk dapat melacak keadaan inventory dengan mudah.

Dilengkapi beberapa fitur seperti Purchase Order yang berguna untuk manajemen vendor dan biaya pemesanan.

Ada juga fitur Barcode, QR Code yang bisa memudahkan Anda dalam mengetahui keberadaan barang. Serta fitur Alert & Notifications yang dapat memberikan peringatan kepada Anda saat inventaris mulai menipis.

 

  1. Wasp

Wasp adalah software inventory berpengalaman. Software Wasp menyediakan berbagai fitur yang akan memudahkan Anda dalam manajemen inventaris.

Mulai dari manajemen gudang,  pelacakan bahan habis pakai, retail inventory, serta manajemen ruang penyimpanan.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek keadaan barang, apakah masih layak atau tidak dengan menggunakan barcode.

 

  1. Stockpile

Software inventory ini mendukung Anda untuk memiliki basis data mengenai keadaan stok barang dengan akurat.

Stockpile memungkinkan Anda untuk melakukan manajemen inventaris secara otomatis dengan berbagai dukungan fiturnya. Mulai dari pengelolaan supply chain secara vertikal, pengelolaan vendor, serta laporan keadaan stok barang.

Stockpile sangat cocok untuk Anda yang telah memiliki bisnis yang besar karena software ini dapat menyederhanakan operasional bisnis Anda.

 

  1. SkuVault

SkuVault merupakan aplikasi yang dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan mengenai aktivitas atau hal yang terjadi di gudang perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan hasil laporan sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi ini mampu mempermudah proses pembuatan, pemeliharaan berbagai operasional. Sehingga sebuah perusahaan dapat membuat keputusan pembelian dan perkiraan barang yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

 

Baca Juga: Physical Inventory System: Pengertian, Tujuan, Langkah Melakukannya

 

Software Inventory Terlengkap dari RedERP

Software ERP
Software ERP

 

Pengelolaan barang menjadi hal yang penting dalam bisnis. Karena pengelolaan barang memiliki dampak yang besar terhadap pendapatan bisnis.

Jika pengelolaan barang sudah terintegrasi dengan baik, maka keuntungan yang didapatkan akan meningkat, begitu pula sebaliknya.

Untuk itulah perusahaan perlu menggunakan software inventory management agar mampu mengelola segala persediaan yang ada.

Namun, jangan sampai Anda salah pilih software, pastikan segala fitur yang ada dalam inventory software mampu menjawab segala kebutuhan bisnis. Mulai dari pengelola shipping, mengawasi perpindahan stok, sampai mengelola stock opname.

Semua itu bisa Anda temukan dalam Software Inventory RedERP. Dengan software inventory dan distribusi RedERP, Anda bisa mendapatkan fitur-fitur canggih dan yang terintegrasi untuk membuat pengelolaan stok lebih efektif dan efisien.

Tidak hanya itu, RedERP juga menawarkan fitur yang dapat memonitor level stok, menilai inventaris dan melacak inventaris secara real-time. Hal tersebut memungkinkan pengelolaan barang menjadi semakin mudah dan praktis.

Tunggu apa lagi? Ajukan trial dan demo Software Inventory dari RedERP secara gratis sekarang!

Tags:
Share:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
×

Hello!

Konsultasikan Kebutuhan ERP Disini atau Telp kami di +62812 111 42575

× Hubungi Kami